Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi

Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Picture by : #
14 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Honda CBR menjadi salah satu tipe motor paling terkenal di Indonesia. Sudah ada banyak orang yang menggunakan Honda CBR, khususnya untuk cc 250. Honda CBR 250 menjadi daya tarik dengan kecepatannya yang tinggi. Motor ini sangat disukai oleh orang-orang yang senang dengan motor sport. Motor Honda CBR 250 merupakan motor silinder tunggal yang diproduksi oleh perusahaan Honda. Pasaran motor yang satu ini sudah menyebar ke seluruh dunia, khususnya di Negara-Negara besar seperti Amerika, India, dan Indonesia. Motor yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk membelinya.

Perkembangan terus dilakukan oleh perusahaan Honda untuk menciptakan motor Honda CBR 250 dari generasi ke generasi. 


1. Honda CBR 250RR Rilis Pertama 2011

1. Honda CBR 250RR Rilis Pertama 2011

PT AHM meluncurkan motor CBR 250 pertama kali di Indonesia pada tahun 2011. Motor yang satu ini dijadikan flagship d Indonesia yang menjawab permintaan konsumen terhadap produk motor sport premium. Untuk generasi yang pertama ini, awalnya melakukan import dari Thailand. Terbentuknya motor ini terinspirasi dari VFR1200F dan CBR1000RR.

Generasi yang pertama ini dibekali sistem pro link untuk suspensi bagian belakang. Sistem tersebut memberikan kenyamanan bagi pengendara yang menggunakan motor sport premium tersebut. Teknologi yang digunakan yaitu combined-ABS, dimana pengereman yang satu ini memadukan antara Combi Brake System dengan Antilock Braking System.

Tarikan dan performa dari Honda CBR generasi pertama ini cukup optimal. Selain itu, bahan bakar yang digunakan juga lebih hemat BBM. Hal ini dikarenakan menggunakan sistem suplai bahan bakar PGM-FI. 

Kapasitas Mesin 250 CC 1 Silinder DOHC
Percepatan 6 Speed
Pendinginan Cairan (Liquid Cooled)
Sistem Pembakaran PGM - FI
Tipe Rangka  Truss Frame
Panel Meter Combined Analog + Digital
Pengereman ABS dan STD

 


2. CBR 250 Generasi Kedua 2014

2. CBR 250 Generasi Kedua 2014

Perkembangan terjadi pada motor CBR 250 dengan menggunakan mesin satu silinder. Pada saat itu, persaingan motor sport semakin memanas di dunia otomotif. Sehingga perusahaan Honda terus berinovasi untuk mengembangkan Honda CBR 250 dari generasi sebelumnya yaitu menggunakan mesin satu silinder. 

Fitur dan pembaruan dikembangkan, pembuatannya pun terinspirasi dari motor Honda CBR1000RR. Untuk yang generasi kedua ini memiliki julukan tersendiri, yakni Dual Keen. Hal ini dikarenakan penggunaan headlamp ganda selayaknya Honda CBR1000RR diterapkan pada motor Honda CBR250. Akan tetapi, pada motor generasi yang kedua ini masih belum LED pada fitur headlamp yang digunakan.

Bukan itu saja, perubahan juga terjadi pada bagian bodi samping dan belakang yang menjadikan desain motor Honda CBR 250 generasi kedua ini terkesan lebih menarik. Desainnya lebih terkesan agresif dan sporty. Untuk knalpot baru juga didesain silinder sporty yang berlapiskan krom. 

Sistem pengeremannya pun dibuat lebih canggi dari generasi sebelumnya, yakni menggunakan pengereman ABS. Hal ini membuat pengendara akan nyaman bilamana melakukan pengereman secara mendadak. Bagian roda tidak akan terhenti secara mendadak ataupun membuat pengendara terpeleset.

Suspensi Pro Link pada Honda CBR 250 ini menjadikan pengendara lebih nyaman saat menggunakannya. Untuk generasi kedua ini masih menggunakan mesin satu silinder, 250cc, DOHC, 4 katup, 6 kecepatan, dan pendingin cairan.  Akan tetapi, untuk tenaga yang diberikan lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tenaga maksimal 28.16Hp/9.000rpm dan torsu puncak 23Nm/7500rpm. Emisi gas yang sudah 3 euro menjadikan gas buangnya ramah lingkungan.

Kapasitas Mesin 250 CC 1 Silinder DOHC
Percepatan 6 Speed
Pendinginan Cairan (Liquid Cooled)
Sistem Pembakaran PGM - FI
Tipe Rangka  Truss Frame
Panel Meter Combined Analog + Digital
Pengereman ABS dan STD

3. Honda CBR 250RR

3. Honda CBR 250RR

Persiangan yang semakin ketat di dunia otomotif, CBR menghadirkan perkembangan baru pada motor CBR 250, yakni menggunakan mesin dua silinder. Pada tahun 2016, AHM mmeluncurkan motor generasi terbarunya yakni CBR 250RR dengan mesin dua silinder. Untuk tampilan pastinya jauh lebih berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Berbagai macam keunggulan dibuat lebih. Motor semakin lebih agresif dengan adanya headlamp sipit dan juga sudah menggunakan LED. Motor terlihat lebih sporty dengan adanya tambahan dual exhaust system. Pastinya akan sengat keren jika anda menggunakan motor yang satu ini. 

Untuk fitur yang ada pada generasi yang satu ini dibuat lebih canggih, dimana panel instrument sudah full digital. Jenis analog kombinasi digital sudah digantikan dan dilengkapi dengan mode berkendara Comfort, Sport dan Sport+. Pengendara dapat mengatur dengan sendirinya karakter dari Honda CBR 250RR.

Konfigurasi dari generasi yang satu ini yaitu menggunakan mesin dua silinder, 8 katup, DOHC, 6 kecepatan, berpendinginan cairan dan kubikasi 250cc. Sementara tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar yakni mampu mancapai 38Hp/12.500rpm dan torsi puncak 23.3Nm/10.500rpm. Untuk mendapatkan motor Honda CBR 250 sudah tidak perlu melakukan impor kembali dari Negara Asing karena sudah dirakit sendiri di Indonesia. Terdapat beberapa perusahaan AHM yang sudah dibangun di wilayah Jabodetabek.

 

Kapasitas Mesin 250 CC 2 Silinder DOHC
Pendinginan Liquid Cooled With Auto Electric Fan
Sistem Pembakaran     PGM-FI, Throttle Sytem: Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
Tipe Rangka  Truss Frame
Transmisi Manual 6 Speed
Torsi 23,3 Nm (2,4 kgf.m) / 11.000 rpm
Tenaga 28,5 kW (38,7PS) / 12.500 rpm
Pengereman Depan/Bekang STD Type & ABS Type
Tangki 14.5 Ltr
Kapasitas Oli 1.9 Ltr

AHM juga akan terus merilis motor terbaru sebagai perkembangan dari Honda CBR 250. Bagi anda yang tertarik bisa membelinya di dealer resmi. Pastinya anda akan sangat puas dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. 



Artikel Terkait
Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 0 Komentar di "Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi"


Tinggalkan Komentar Disini