Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS
Picture by : #
14 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) merupakan sistem pengereman yang berfungsi agar tidak terjadi penguncian roda ketika melakukan pengereman. Teknologi yang satu ini diadopsi serupa dengan sistem pengereman yang ada pada mobil dan juga pesawat terbang. Apabila diterapkan di motor, pastinya akan memiliki fungsi yang sangat baik. Sehingga pengereman motor yang dilakukan akan lebih efektif. Akan tetapi, sistem ABS masih belum diterapkan di semu jenis motor. Hanya beberapa tipe saja yang sudah menggunakan sistem pengereman yang satu ini.

Adanya fitur ABS menjadikan keamanan lebih terjamin bagi pengendara. Pada saat melakukan pengereman, roda pada motor tidak akan terkunci saat hard brakling. Untuk motor standar juga dapat dipasangkan sistem pengereman ABS, namun membutuhkan proses yang rumit dan juga biaya yang mahal. Hal ini dikarenakan ada banyak komponen yang harus dipasangkan pada motor standar jika ingin menggunakan sistem pengereman yang satu ini. 

Hal itu dijelaskan langsung oleh Sales Training Homologation Manager Piaggio Indonesia Adi Tristianto.

“Bisa dipasang, tapi beli komponen banyak. Seperti ECU ABS nya, belum lagi ganti kabel bodi” ujar Adi.
“Tambah lagi harus ganti slang rem, karena slang dibagi dua. Itu yang bikin mahal dan untuk dudukannya nggak perlu rata-rata sudah ada” lanjut Adi.
“Karena part nya cukup banyak dan mahal, maka biaya pasang ABS nya pun cukup mahal. Kalau dilihat perbedaan harga motor ABS dan non ABS rata-rata sekitar Rp. 5 jutaan atau Rp. 4 jutaan.”

Keuntungan Menggunakan Sistem Pengereman ABS Pada Motor

Jika anda menggunakan sistem pengereman yang satu ini, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti berikut!

1. Keamanan Lebih Tinggi


1. Keamanan Lebih Tinggi

Keuntungan yang pertama adalah keamanan yang lebih terjamin dibandingkan dengan menggunakan sistem pengereman biasa. Hal ini dikarenakan sistem pengereman ABS ini tidak akan melakukan penguncian ketika direm secara mendadak. Anda bisa melewati medan apapun di perjalanan karena ketika melakukan pengereman akan tetap terjaga kondisinya.

Dengan begitu, pengendara tentu akan lebih aman. Seperti halnya anda berjalan menggunakan motor di medan yang licin, ketika direm roda ban tidak akan langsung mengunci. Sehingga anda tidak akan terpeleset. 

Berbeda dengan sistem pengereman non ABS, dimana anda akan tergelincir jika melakukan pengereman di kecepatan yang sama seperti ABS. Hal ini akan beresiko pada diri anda sendiri dan juga orang lain yang bisa saja terkena kendala motor anda. 

2. Lebih Stabil

Anda akan merasakan rasa berkendara yang lebih stabil di dalam perjalanan. Ketika rem ditekan, rasanya tidak begitu kasar. Hal ini dikarenakan sistem pengereman ABS tidak langsung mencekam roda sepeda motor secara langsung, namun dilakukan secara perlahan pada awalnya.

Bukan itu saja, rem ABS juga akan membuat supply rem hidrolik yang akan diarahkan ke piston rem bekerja dengan jeda waktu tertentu. Hal inilah yang menjadikan roda motor tidak langsung terkunci. Sehingga pengendara akan tetap merasakan kenyamanannya dengan laju yang stabil.

Cara Kerja Rem ABS Pada Motor


Cara Kerja Rem ABS Pada Motor

Rem ABS memiliki cara kerja yang berbeda bila dibandingkan dengan rem non ABS. Ketika sensor ABS tersebut mendeteksi ada roda dua yang mengunci, otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sebuah sinyal ke modulator. Nantinya akan berfungsi untuk memerintahkan piston rem untuk mengendorkan tekanan. Tekanan fluida ataupun minyak rem dari kaliper dikendorkan dalam kondisi tertentu.

Tekanan nantinya akan kembali naik dan normal apabila penguncian berkurang. Prosesnya snagat cepat kurang lebih 15 – 50 kali perdetik. Hal inilah yang membuat roda tidak akan terkunci bilamana dilakukan pengereman secara mendadak. Penerapan rem ABS pada motor menjadikan pengendara lebih aman saat melakukan pengereman secara mendadak. Meskipun di medan yang licin sekalipun, kondisinya akan tetap aman.

Itulah beberapa informasi mengenai sistem pengereman ABS. Anda bisa menerapkan pada motor supaya lebih efektif. Jika anda ingin membeli motor baru, anda juga bisa mencari motor yang sudah ada fitur pengereman ABS. 

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih telah berkunjung di artikel kami




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Fakta Menarik Tentang Yamaha NMAX Motor Matik Terbaik Dikelasnya

Ada 0 Komentar di "Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS"


Tinggalkan Komentar Disini