Cara Mudah Perawatan Motor Injeksi

Cara Mudah Perawatan Motor Injeksi
Picture by : #
04 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Banyak orang yang memilih menggunakan motor matic karena memberikan kenyamanan ketika dipakai untuk berkendara di jalan raya. Bukan tanpa alasan kenapa banyak sekali orang-orang menyukai motor matic. Pertama, motor matic ini merupakan kendaraan yang digemari banyak orang dijalan raya karena tidak perlu mengoper gigi ketika berhenti ataupun ingin menambah / mengurangi kecepatan.

Cukup dengan bermain gas saja, anda bisa dengan mudah mengendarai motor satu ini dan kedua ada cukup ruang pada bagian dasboard depan yang berfungsi untuk menaruh barang bawan ataupun membuat kaki lebih rileks ketika berkendara. Tidak mengherankan kalau penjualan motor matic di Indonesia semakin populer dan banyak diminati oleh banyak orang. Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi kepada anda semua mengenai cara mudah untuk merawat motor Injeksi sehingga tetap memberikan perfoma yang baik ketika dipakai untuk berkendara. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini. 
Tips Perawatan Motor Injeksi Yang Benar

1. Memastikan Motor selalu dipanasi


1. Memastikan Motor selalu dipanasi

Motor Matic atau motor injeksi harus selalu rutin dipanasi setiap harinya, hal ini berhubungan dengan kondisi mesin motor yang berbeda tipe dengan non injeksi, maka dari itu memanasi mesin motor injeksi setiap pagi sangat penting sebelum anda menggunakannya untuk berkendara. Selain itu juga, ada banyak orang yang salah dalam memanasi mesin motor di pagi hari.

Hindari penggunaan starter electrik dan gunakan saja kick starter, hal ini bertujuan agar cairan dalam mesin bisa terbakar dengan mudah dan aman melumasi seluruh bagian dalam mesin motor anda. Meskipun hal ini sangat simple, namun berdampak baik untuk kesehatan mesin motor injeksi anda. 

2. Selalu isi Bensin ( Jangan sampai kehabisan )

2. Selalu isi Bensin ( Jangan sampai kehabisan )

Kelemahan utama pada motor tipe injeksi ini selalu rentan rusak ketika kehabisan bensin hingga kering kerontang. Biasanya gejala yang dimunculkan pada saat sudah diisi bensin tetap tidak mau menyala atau butuh usaha keras agar motor kembali bisa menyala. Hal semacam ini seharusnya sudah tidak perlu di ingatkan lagi, maka dari itu selalu isi bensin motor Injeksi anda meskipun tidak di pakai kemana-mana, hindari kondisi tangki yang kering karena bisa merusak motor. Beli bensin 20 ribu, kami rasa tidak mahal dibandingkan harus mengobati motor yang sudah sakit, bisa menghabiskan ratusan ribu dari kantong anda. 

3. Periksa Juga kondisi Busi dan Aki motor


3. Periksa Juga kondisi Busi dan Aki motor

Perawatan berikutnya yang tidak boleh anda lupakan adalah perawatan pada bagian busi dan aki. Kedua komponen ini layaknya jantung dan paru-paru pada motor anda. Jika salah satunya saja tidak berfungsi dengan baik, maka motor juga akan kehilangan fungsinya sendiri. Contoh saja kalau aki yang sudah soak, kelistrikan pada motor tidak bisa berjalan dengan normal, sedangkan kalau busi tidak mengeluarkan percikan api lagi, maka motor tidak bisa hidup sama sekali. Untuk itu, pastikan kedua bagian penting ini selalu di periksa dan lakukan perawatan bulanan jika diperlukan. 

4. Mengendarai motor Injeksi dengan baik

4. Mengendarai motor Injeksi dengan baik

Motor injeksi memang terkenal nyaman dan enak dipakai untuk berkendara, sehingga banyak orang yang lebih memilih kendaraan satu ini untuk menemani hari-hari mereka bekerja, beraktivitas dan lain sebagainya. Hanya saja, dalam penggunaanya sendiri juga harus ada aturannya, pertama tidak boleh digunakan dengan cara ugal-ugalan seperti ngegas—ngegas motor dengan keras ataupun kebut-kebutan yang bisa merusak kondisi mesin motor.

Turutama untuk pengguna motor matic yang pada dasarnya kondisi mesin pada jenis motor ini lebih rentan untuk rusak, skenario terburuknya mungkin suara mesin menjadi bising dan tidak enak di dengar. Lebih baik hindari menaik gas dengan mendadak dan melepaskannya secara berulang-ulang, sebenarnya hal semacam ini sudah tidak dianjurkan oleh pabrikan motor. Gunakan dengan sewajarnya saja, sehingga motor tetap awet dan memberikan peforma terbaiknya ketika dipakai untuk berkendara. 

5.Ganti oli Setiap 2-3 bulan sekali

5.Ganti oli Setiap 2-3 bulan sekali

Mengganti oli motor Injeksi setiap 2 – 3 bulan sekali merupakan hal wajib yang perlu anda lakukan. Hal ini berhubungan dengan perawatan mesin yang membutuhkan pelumas baru yang pada itinya tidak akan membuat mesin menjadi rusak. Minimal pergatian oli ini untuk motor dengan jarak tempuh 5000 km, terhitung bisa bulanan maupun mingguan, tergantung juga dari kegiatan anda sehari-hari. Mesin motor yang tidak rutin dilumasi dengan oli, biasanya akan terdengar bunyi bising ataupun tidak nyaman ketika di nyalakan. 

6. Bersihkan juga Vent Belt dan Roller motor

6. Bersihkan juga Vent Belt dan Roller motor

Jangan lupa untuk membersihkan dua komponen pada motor yang seringkali dilupakan oleh para pemilik motor injeksi. Kedua komponen ini penting sekali dibersihkan karena rentan kotor dan rusak. Anda harus mengecek kedua bagian ini ketika sedang service kendaraan di bengkel.

7. Cek kondisi Shockbreaker

7. Cek kondisi Shockbreaker

Hal terpenting yang memberikan kenyamanan berkendara adalah bagian Shockbreaker. Komponen satu ini selalu membuat pengendara merasa nyaman di jalan karena terasa lebih empuk ketika melewati jalanan yang kasar ataupun berlubang. Kondisi shockbreaker yang jarang di rawat bisa menyebabkan fungsinya yang mati, sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal.

Apa dampaknya ? Pada saat berkendara akan terasa lebih keras ketika melewati jalan tidak rata atau sedikit berlubang. padahal fungsi utama dari adanya Shockbreaker ini memberikan kenyamanan ketika kendaraan melintasi jalan dengan kontur yang tidak rata. Nah, silahkan periksakan apakah kondisi shockbreaker masih baik-baik saja atau sudah mati. 

8. Bawa ke Tempat Service resmi

8. Bawa ke Tempat Service resmi

Tips merawat motor injeksi yang paling penting adalah membawanya untuk servis setiap beberapa bulan sekali ke dealer resmi. Ada banyak dealer resmi yang melayani service gratis dan berbayar untuk semua merek kendaraan yang anda miliki. Motor injeksi biasanya banyak dikeluarkan oleh perusahaan Honda dan Yamaha, jadi tidak sulit untuk menemukan kedua tempat service tersebut.

Mengapa kami tidak menyarankan ke bengkel biasa ? Pertama, suku cadang yang diberikan tidak terlalu lengkap dan rentan rusak, kemudian yang kedua tidak memberikan garansi perbaikan layaknya dealer motor yang memberikan garansi service ringan beberapa bulan.

Nah itulah beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui mengenai cara mudah perawatan motor injeksi yang perlu dilakukan. Banyak dari mereka yang tidak tahu kalau motor injeksi ini memberikan kenyamanan ketika dipakai untuk berkendara. Jadi, tidak mengherankan kalau perawatan ini diperlukan demi menjaga perfoma motor agar tetap prima di jalan raya. Anda sendiri yang akan merasakan kenyamanannya ketika motor dirawat dengan baik, paling tidak menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti motor mogok, kerusakan komponen tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sedikit memberikan referensi untuk anda yang memiliki motor injeksi. Terimakasih. 




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 0 Komentar di "Cara Mudah Perawatan Motor Injeksi"


Tinggalkan Komentar Disini