Tips Perawatan Mobil Tua Yang Benar dan Tepat

Tips Perawatan Mobil Tua Yang Benar dan Tepat
Picture by : #
02 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Mobil Tua menjadi kendaraan paling antik yang disukai banyak orang, hanya saja diperlukan perawatan khusus agar kondisinya tetap terjaga dan berfungsi dengan baik. Banyak orang di luar sana yang memiliki mobil tua dengan kondisi yang masih baik, terutama kondisi mesin yang benar-benar terjaga.  Hanya saja, kalau tidak di barengi dengan perawatan yang optimal, maka kondisinya sendiri bisa berubah. Untuk karena itu, kami ingin membagikan informasi kepada kalian semua tentang perawatan mobil tua yang benar dan tepat, sehingga tetap tahan lama dan tentunya awet hingga beberapa tahun kedepan.

Mobil tua juga dikenal sebagai salah satu kendaraan antik, banyak orang yang menginginkannya karena tidak semua orang di Indonesia memilikinya, karena itu cobalah simak beberapa tips dari kami mengenai perawatan mobil tua yang benar dan tentunya aman untuk dilakukan. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini. 
Tips Perawatan Mobil Tua Yang Benar dan Tepat

1. Sering sering diganti Oli dengan yang Baru


1. Sering sering diganti Oli dengan yang Baru

Mobil tua seringkali mengalami masalah pada pelumas mesin atau Oli, jadi buat kamu yang ingin mobil tetap berfungsi dengan normal, sering-seringlah ganti oli dengan yang baru setiap 2 bulan sekali. Hal ini diperlukan agar mesin mobil tetap bersih dan sehat. Oli ini juga berperan penting dalam perawatan mesin khususnya pada bagian dalam, sehingga tidak muncul gesekan yang tidak di inginkan dan pada dasarmya pergatian oli dilakukan setiap 2500 km. Pergantian oli secara rutin juga membuat kinera Piston menjadi lebih maksimal, meskipun sudah tua, tetapi kalau piston bekerja dnegan normal, masih sangat bisa diandalkan untuk perjalanan jauh. 

2. Coba Ganti Warna Cat Mobil Kalian

2. Coba Ganti Warna Cat Mobil Kalian

Cara kedua untuk perawatan mobil tua ini adalah mengganti warna cat mobil yang sudah usang. Warna cat mobil tua yang sudah usang ini bisa berpengaruh pada desainnya yang tidak menarik dan terkadang akan terkikis ketika terkena air dan panas. Cobalah untuk menggantinya dengan warna yang baru, mungkin warna hitam mengkilap bisa menjadi solusi agar tampilan mobil lebih premium dan terlihat seperti mobil mahal. Pergantian warna ini juga akan membuat si pemilik menjadi lebih sayang dalam merawat mobil.

Warna cat mobil yang sudah mulai pudar karena waktu, terkadang membuat tampilannya tidak menarik, ini perlu di rombak ulang dengan warna cat yang lebih fresh dan pastinya lebih elegan. Silahkan saja dicoba. Pastikan juga untuk menggunakan cat yang berkualitas sehingga tidak mudah terkelupas ketika terkena panas dan air. 

3. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari


3. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari

Ini yang perlu kalian lakukan ketika ingin merawat mobil tua, hindarkan langsung dari paparan sinar matahari yang pada kenyataanya bisa merusak warna cat mobil. Terlebih lagi kalau cat yang tidak diciptakan khusus tahan dengan kondisi panas sinar matahari. Panas yang berlebihan akan membuat body mobil cepat memuai dan terkadang ada beberapa bagian yang mengalami redusi atau kerusakan.

Lebih baik gunakan cover mobil untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang berlebihan juga akan merusak warna pada mobil, sehinga warnanya terlihat lebih pudar dan pada akhirnya terlihat tidak menarik. Kami sarankan kalau anda keluar rumah dan memparkir kendaraan, gunakan cover jika berada ditempat terbuka. Karena biasanya mobil tua cukup rentan dengan paparan sinar matahari langsung. 

4. Percantik Tampilan Dasboard Mobil Kalian

4. Percantik Tampilan Dasboard Mobil Kalian

Berikutnya cara terbaik untuk melakukan perawatan pada mobil tua yang benar adalah mempercantik pada bagian dasboard mobil. Cara ini banyak dilakukan orang-orang untuk membuat suasana interior lebih modern, fresh dan tidak mmebosankan. Sehingga berkendara dengan mobil tua semakin menyenangkan meskipun perjalanan panjang.

Gunakan beberapa ornamen yang bisa ditempelkan pada dasboard ataupun bagian tertentu untuk memuatnya lebih menarik. Pastikan juga gunakan wawangian mobil agar terkesan lebih nyaman ketika berkendara dengan banyak orang. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk kalian yang ingin melakukan perawatan mobil tua dengan benar dan tepat. Silahkan saja dicoba. 

5. Gunakan Cover pada Jok Mobil

5. Gunakan Cover pada Jok Mobil

Meskipun jok mobil tua sudah tidak menarik lagi, kamu bisa mengakalinya dengan cara yang lebih keren yaitu memakaikan cover pada jok mobil. Penggunaan cover ini juga harus di pilih, biasanya bahan yang tahan dan kuat dari berbagai kondisi benda tumpul. Cover ini bisa kalian pesan dari bengkel otomotif, nah kalau kamu punya cukup uang, coba ganti juga cover bagian atas mobil sehingga terlihat lebih modern dan nyaman. Harga dar cover ini tidak terlalu mahal, sesuailah untuk memberi perawatan pada mobil tua kesayangan kalian. Terlebih lagi, banyak orang diluar sana yang ingin memiliki mobil antik. 

6. Periksa dan Rawat AC Mobil

6. Periksa dan Rawat AC Mobil

Berikutnya yang tidak boleh kalian lewatkan ketika melakukan perawatan pada mobil tua adalah memeriksa AC Mobil, pastikan berfungsi dengan baik dan masih dingin ketika di nyalakan. Ada waktunya sendiri kamu harus mengganti AC dengan yang baru, lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mendapatkan kualitas pendingin yang baik untuk mobil. Hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan pengendara dan penumpang, jadi pastikan bagian AC selalu berfungsi dengan baik. Tambahkan wewangian seperti Kopi atau yang lainnya, untuk membuat interior mobil lebih fresh dan nyaman. 

7. Lakukan Servis Mesin Kendaraan dengan Rutin

7. Lakukan Servis Mesin Kendaraan dengan Rutin

Cara lain untuk melakukan perawatan pada mobil tua adalah melakukan servis mesin secara rutin. Service ringan dan berat bisa kalian lakukan dengan maksimal setiap beberapa bulan sekali. Service yang dilakukan dengan rutin bisa mengetahui kondisi mesin kendaraan, sehingga kamu bisa memantau kinerja dari mesin mobil dengan baik. Alhasil, perfoma yang diberikan masih mumpuni ketika dibawa dalam perjalanan jauh sekalipun.

Mesin mobil yang masih bagus dan bekerja dengan normal, terkadang memberikan kenyamanan bagi setiap pengendara, sehingga tidak perlu perawatan lain untuk membuat mobil tua kalian semakin keren dan menarik. 

8. Tune Up Berkala

8. Tune Up Berkala

Selain mesin mobil, melakukan tune up berkala ini juga penting sekali dilakukan oleh banyak orang yang memiliki mobil tua. Tune up ini bisa semua bagian mesin dan semua bagian dalam mobil. Pilihlah bengkel otomotif yang benar-benar berpengalaman dalam hal ini. Sehingga kinerja dari mobil kalian bisa optimal sesuai dengan keinginan. Tune up ini meliputi perbaikan, pengecekan, penyetelan, hingga pergantian komponen yang dianggap rusak atau tidak berfungsi kembali. 

Nah itulah beberapa hal yang perlu kalian lakukan kalau ingin merawat mobil tua menjadi lebih maksimal atau optimal. Meskipun mobil sudah berumur , tetapi kalau perfomanya lebih baik, tentu menjadi nilai plus sendiri untuk sebagian besar pemilik kendaraan. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel ini. Semoga bermanfaat. 




Artikel Terkait
Fitur Unggulan Suzuki APV yang Jadi Incaran Keluarga
Suzuki XL5 Pengganti Karimun Wagon R
Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan 5 Tahunan
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic
Biodiesel Sebagai Alternatif Penggunaan BBM Kendaraan

Ada 0 Komentar di "Tips Perawatan Mobil Tua Yang Benar dan Tepat"


Tinggalkan Komentar Disini