Tips Aman Berkendara Dengan Mobil

Tips Aman Berkendara Dengan Mobil
Picture by : #
18 Juli 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Keselamatan dalam berkendara paling diutamakan, banyaknya kecelakan atau kejadian dikarenakan kelalain pengemudi atau human error. Berikut kami merangkum beberapa tips dasar bagaimana berkendara dengan aman.


1. Atur Posisi Pengemudi

Atur posisi mengemudi dengan senyaman mungkin, dengan mengatur posisi setir yang sesuai, mengatur posisi duduk sesuai dengan pandangan kedepan dan samping kanan kiri, mengatur posisi kaki pada pedal gas, rem dan kopling agar tidak terjadi kram pada kaki, jangan lupa kenakan sabuk pengaman (Safety Belt)


2. Skil Mengemudi

Mengemudi mobil berbeda dengan sepeda motor, karena mobil mempunyai bobot dan body yang lebih besar sehingga butuh skil dalam mengemudi, misal melewati rintangan yang sulit, jalan ramai dan memparkirkan kendaraan. Posisi setir ideal pengemudi yaitu dengan grip tangan pada posisi arah jarum jam 9 sehingga mudah untuk memanufer belok kekanan dan kekiri.

3. Lengkapi Surat Surat Kendaraan Anda

Periksa surat surat kendaraan anda jika akan berkendara dari mulai SIM, STNK dan surat lainnya yang berkaitan dengan kendaraan mobil anda bawa


4. Periksa Keadaan Mobil

Sebelum melakukan perjalanan, silakan cek keadaan mobil seperti ban dan tekanan angin ban secara sesaat dengan melihat bahwa ban tidak kekurangan angin. Selanjutnya pastikan keadaan lampu depan dan belkang keadaan menyala, karena lampu sangat dii utamakan dalam berkendara seprti lampu pengereman, lampu sein dan lampu utama jika berkendara di malam hari. Pengecekan pada bagian kap mesin dengan melihat seperti minyak rem. Pada saat akan menghidupkan mobil silakan cek cek indikator elektronik dengan kondisi aman.

5. Jarak Aman Mengemudi

Jarak ideal dari mobil yang kita kendarai dengan mobil didepan adalah 2 detik, kita dapat mengatur jaraknya dengan feeling saat berkendara dengan mensimulasikan tanda tanda di jalan saat berkendara. Dalam keadaan macet atau ramai padat merayap pastikan jarak aman posisi depan mobil anda dengan melihat ban mobil yang ada didepan kita.


6. Penggunaan Ponsel saat Berkendara

Ponsel merupakan alat komunkasi yang simpel dapat dibawa kemana mana, karena ponsel sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok masyarakat dalam berkomunikasi. Sayangnya masih banyak yang belum mengerti bahayanya saat melakukan panggilan telepon atau menerima telepon saat berkendara. Usahakan saat melakukan panggilan atau menerima panggilan hendaknya berhenti dahulu ditempat yang lebih aman, karena saat berkendara menggunakan ponsel dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Demikian Tips Aman Berkendara dengan Mobil, Semoga Bermanfaat... 


Artikel Terkait
Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia
Fitur Unggulan Suzuki APV yang Jadi Incaran Keluarga
Suzuki XL5 Pengganti Karimun Wagon R
Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan 5 Tahunan
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic

Ada 0 Komentar di "Tips Aman Berkendara Dengan Mobil"


Tinggalkan Komentar Disini