Cara Menjaga Hidup Sehat di Tempat Kerja

Cara Menjaga Hidup Sehat di Tempat Kerja
Picture by : #
31 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Kesehatan merupakan salah satu hal terpenting yang perlu dijaga, terlebih lagi untuk kamu yang saat ini sedang bekerja untuk mencari nafkah. Keluarga menjadi perioritas pertama yang perlu di pikirkan juga, untuk karena itu tetaplah jaga kesehatan meskipun berada di tempat kerja. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai mengenai cara menjaga hidup sehat ketika berada di tempat kerja.

Karena kesehatan itu sangatlah mahal, terlebih lagi sebagai kepala rumah tangga. Perlu menjaga kondisi tubuh yang tetap fit selama bekerja, silahkan simak informasinya dibawah ini mengenai tips menjaga pola hidup sehat di tempat kerja yang benar. 
Cara Menjaga Hidup Sehat di Tempat Kerja

1. Tetap olahraga 5-10 menit


1. Tetap olahraga 5-10 menit

Meskipun kamu berada di tempat kerja, tidak ada salahnya meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti duduk berdiri, pushup, Squad Jump dan lain sebagainya. Pada intinya, hal ini dilakukan agar badan juga bergerak selama bekerja, terlebih lagi kalau kalian yang bekerja kantoran dan mengabiskan di tempat duduk sampai berjam-jam.

Maka dari itu, perlu olahraga setidaknya 5-10 menit untuk mendapatkan perenggangan pada otot dan sendi. Terlalu sering duduk tanpa di imbangi dengan olahraga bisa menyebabkan sendi mengalami kram mendadak ketika melakukan sedikit gerakan secara tiba-tiba saja. 

2. Tetap Konsumsi Air Putih secara Rutin

2. Tetap Konsumsi Air Putih secara Rutin

Cara terbaik menjaga kesehatan ditempat kerja adalah mengkonsumsi air putih setiap beberapa jam. Kalau kalian bekerja dari pukul 7 pagi – 3 sore, Paling tidak setiap 1 jam harus minum air putih, kerja dengan posisi duduk yang terlalu lama bisa bepengaruh buruk pada kesehatan ginjal. Maka dari itu, tetap rutin konsumsi air putih setiap saat. Selain itu juga, air putih mampu meningkatkan konsentrasi dan melancarkan pencernaan dengan baik, jadi tidak mengherankan kalau air putih banyak memberikan kesehatan yang baik untuk tubuh kita. 

3. Bicarakan Kepada Atasan Jika Kalian tidak Enak Badan


3. Bicarakan Kepada Atasan Jika Kalian tidak Enak Badan

Atasan biasanya akan mengerti dengan kondisi tubuh karyawannya ketika sedang tidak enak badan, coba bicarakan dengan baik untuk meminta waktu istirahat di rumah. Bilamana tidak bisa dirumah, paling tidak kalian bisa istirahat di tempat kerja dengan maksimal. Bekerja mencari penghasilan memang hal terpenting, hanya saja ketika kondisi tubuh sedang tidak fit, maka jangan paksakan hal tesebut.

Terlebih lagi, setiap orang memiliki kapasitas sendiri-sendiri dalam bekerja. Tubuh yang terlalu lelah bisa membuat kondisi kesehatan menurun dan pada akhirnya mudah jatuh sakit. Karena itu, bicarakan kondisi kesehatan kalian dengan atasan dan minta izin untuk istirahat dalam waktu 1-2 hari jika memungkinkan. 

4. Makan teratur dan Perbanyak nutrisi

4. Makan teratur dan Perbanyak nutrisi

Makan ditempat kerja juga tidak boleh sembarangan, kalian harus teratur ketika makan dan tepat waktu. Usahakan untuk konsumsi makanan yang bergizi dengan nutrisi tinggi, contoh seperti sayuran dan buah. Kedua jenis makanan ini sudah cukuo kompleks untuk memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Mungkin ada baiknya membawa bekal dari rumah, agar pengeluaran lebih sedikit dan tidak banyak jajan di tempat kerja. Selain itu, membawa makanan dari rumah jauh lebih higenis dan irit. Perbanyak konsumsi jenis bahan makanan yang kaya akan serat dan nutrisi penting. Hindari jenis makanan junkfood atau cepat saji. 

5. Istirahatlah yang Cukup

5. Istirahatlah yang Cukup

Istirahat bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit . Jangan memaksakan kesehatan kalian dengan bekerja lebih keras, karena hal seperti itu bisa membuat kalian jatuh sakit kapan saja. Sudah banyak orang diluar sana yang memilih memaksakan diri untuk bekerja lebih keras, alhasil banyak juga yang jatuh sakit dan jelas itu sangat merugikan sekali.

Sehat itu mahal, karena kalau sakit bisa menghabiskan banyak uang dan tenaga kalian. Jadi, kalau ada waktu istirahat, manfaatkan hal tersebut untuk beristirahat dengan baik dan optmal. Ambil cuti 1 – 2 hari bila perlu, untuk memperbaiki dan memulihkan kondisi badan menjadi lebih fit. 

6. Minta bantuan dengan Teman / Rekan kerja

6. Minta bantuan dengan Teman / Rekan kerja

Mengerjakan sesuatu sendiri memang menyenangkan, tetapi kalau jumlah pekerjaannya terlalu banyak bisa membuat badan menjadi lelah dan otakpun juga merasakan hal yang sama. Maka dari itu, jangan malu atau ragu untuk minta bantuan kepada rekan kerja, mereka bisa meringankan beban dengan membantu pekerjaan kalian.

Selain itu, berikanlah ucapan terimakasih dan sedikit apresiasi kepada mereka seperti traktir makan atau minum. Itu sudah menjadi hal menyenangkan bagi rekan kalian karena sudah membantu menyelesaikan pekerjaan yang berat. Banyak orang yang terkadang ragu atau malu untuk meminta bantuan, padahal itu cara terbaik untuk menyelesaian pekerjaan yang berat sekalipun. 

7. Perbaiki posisi Duduk ketika Bekerja

Posisi duduk ketika bekerja juga bisa menjadi faktor utama mendapatkan kualitas duduk yang baik dan benar. Sendi dan punggung kalian benar-benar menahan berat dengan posisi yang tidak baik, sehingga banyak sekali khasus gagal ginjal dan kelainan tulang karena posisi duduk yang tidak benar. Posisi duduk yang benar pada saat bekerja adalah papa sejajar dengan lantai, telapak kaki lurus dan menginjak lantai dan bandan sedikit ditegakkan agar beban tidak berada penuh pada tulang punggung. Pastikan bahu tetap rileks dan jangan terlalu tegang. 

8. Atur jarak Pandang Komputer dari Mata kalian

8. Atur jarak Pandang Komputer dari Mata kalian

Jarak pandang komputer dengan mata juga merupakan hal penting yang perlu di lakukan, terlalu menatap komputer terlalu dekat bisa membuat iritasi karena radiasi yang dipancarkan layar komputer cukup tinggi. Paling tidak ada jarak 60 cm dari pandangan kita agar tetap aman. Aturlah jarak pandang kalian dengan komputer semanyaman mungkin, cara ini dilakukan agar tidak terjadi iritasi pada mata saat bekerja. Atau mungkin bisa menggunakan kacamata antiradiasi ketika bekerja selama berjam-jam di depan kompiuter, gunakan kacamata radiasi dengan anti sinar ultraviolet. 

9. Hindari ngemil di Tempat kerja

Kalau anda bekerja di kantor, usahakan untuk tidak mengemil setiap saat. Ngemil ketika bekerja akan membuat kondisi tubuh menjadi malas bergerak dan pada akhirnya mengantuk. Selain itu juga, jenis camilan dengan kandungan kalori yang tinggi dan tidak di imbangi dengan olahraga, bisa memicu kolestrol yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, pastikan mengemil di waktu yang tepat saja. 

10. Memperhatikan Posisi leher

Pola hidup sehat ditempat kerja juga harus bisa memperhatikan posisi leher, posisi leher yang tegak lurus dan tidak miring kanan kiri. Hal ini berhubungan dengan batasan kalian dalam bekerja. Ketika leher cepat letih dalam beberapa menit saja, artinya posisi leher kalian salah dan perlu di perbaiki.
Nah itulah beberapa cara mudah menjaga pola hidup sehat di tempat kerja yang benar. Terimakasih.




Artikel Terkait
Cara Koneksikan Pembayaran Halodoc dengan Gopay
Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan
Antara Blog dan Google AdSense
Cara Cek Status Program Vaksinasi Covid-19 Anda
Cara Daftar Antrian Vaksin Covid-19 di Aplikasi Halodoc
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Cara Top Up DANA Lewat Mandiri Livin Terbaru
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA

Ada 0 Komentar di "Cara Menjaga Hidup Sehat di Tempat Kerja"


Tinggalkan Komentar Disini