Apa Saja Yang di Pelajari Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer

Apa Saja Yang di Pelajari Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer
Picture by : #
30 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Kegiatan belajar mengajar diperguruan tinggi sangat berbeda saat dibangku sekolah, apalagi kuliah di bidang jurusan ilmu komputer, mulai dari mata kuliah, jam masuk, jumlah SKS, workshop dan praktikum yang kesemuanya itu disusun secara mandiri berdasar kemampuan, syarat dan ketentuan yang di berlakukan di kampus tersebut.

Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer, jika diperhatikan banyak pelajar setelah lulus sekolah, merencanakan akan kuliah di perguruan tinggi, yang notabenya tidak ingin mengambil jurusan yang mengaarah ke jurusan matematika. Ilmu Komputer merupakan cabang dari ilmu pasti yang mempelajari tentang aritmatika dan perhitungan komputer serta mempelajari logika algoritma dalam berbagai bahasa pemrograman.

Penulis akan sharing tentang bagaimana kuliah di jurusan ilmu komputer, dari teman teman yang sudah merasakan di bangku perguruan tinggi, dimana mereka memiliki pengalaman yang berbeda beda saat menjalani perkuliahan di kampusnya. Beberapa diantara mereka ada yang mengalami kebingungan, dikarenakan masih awal awal perkuliahan. Sistem akademik di perguruan tinggi dengan di sekolah sangat berbeda jauh, dimana penysusan mata kuliah diambil berdasarkan indeks prestasi, belum lagi menentukan mata kuiah wajib, mata kuliah umum dan pilihan.

Berikut dibawah ini Apa Saja Yang di Pelajari Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer saat berada di perguruan tinggi yang fokus dalam bidang komputer.

Matematika


Jurusan Ilmu Komputer merupakan jurusan yang mempelajari matematika, mulai dari Kalkulus, Logika Algoritma, Aljabar, Metode Numerik, Statistik, Struktur Data, Sistem Operasi, Riset Operasi, Matematika Diskrit dan Sistem Digital. Jadi ilmu komputer diajarkan matematika dan tentang logika dasar, mata kuliah ini untuk dijadikan sebagai referensi kedepannya terhadap mahasiswa minatnya dalam bidang apa, terlepas dari itu sebagian mahasiswa ada yang mengira bahwa kuliah di bidang komputer tidak ada kaitannya dengan ilmu pasti, justru kuliah dibidang ilmu komputer harus memahami ilmu pasti,karena bahasa pemrograman dibangun dengan logika algoritma yang membutuhkan perhitungan perhitungan tertentu dalam memecahkan masalah.

Bahasa Pemrograman

Masuk kuliah Jurusan Ilmu Komputer tidak lepas dari bahasa pemrograman, dimana setiap kampus memiliki fokus tersendiri dalam hal pengembangan bahasa programming yang digunakan, mulai dari Pemrograman Desktop, Web dan Mobile. Setiap kampus yang fokus dibidang komputer pasti memiliki lab praktikum yang digunakan untuk mahasiswa dalam belajar bahasa pemrograman, bisanya kampus memiliki tren dalam memilih bahasa pemrograman yang digunakan, mulai dari Bahasa Java, PHP, Javascript, Python, HTML/CSS dan masih banyak lagi.

Selain bahasa pemrograman, diajarkan juga desain gambar dan animasi, beberapa kampus juga menyediakan workshop bagi mahasiswanya untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang apa, mulai dari kecerdasan buatan, animasi game dan animasi film.

Salah satu Perguruan Tinggi  Pertama yang membuka Kuliah Komputer di Yogyakarta adalah Sekolah Tinggi Ilmu Komputer STMIK AKAKOM , yang awalnya adalah tempat kuliah Akademi Aplikasi Komputer pada tahun 1983, yang terletak di Jl. Raya Janti Karang Jambe No. 143 Yogyakarta 55198, Indonesia

Jaringan Komputer (Networking)


Selain bahasa pemrograman, kuliah di jurusan ilmu komputer diberikan mata kuliah tentang KDJ (Komunikasi Data dan Jaringan), dimana mahasiswanya diajarkan tentang jaringan mulai dari topologi jaringan, jenis jaringan, pemrograman jaringan. Mereka diajarkan bagaimana mengkomunikasikan antara komputer satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network).

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, mengenai Jurusan ilmu komputer memiliki berbagai cabang minat atau pilihan, sesuai dengan minat mahasiswanya seperti fokus ke Jaringan Komputer, Kecerdasan Buatan, Aplikasi, Database dan Animasi Game.


Demikian informasi ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di website kami, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.




Artikel Terkait
5 Fasilitas Kursus Bahasa Jerman yang Harus Kamu Dapatkan
Sekolah SD, SMP, SMA Muhammadiyah Tanjung Sari Medan
Apakah Kuliah Jurusan Ilmu Komputer Masih Banyak Diminati
SITI HAJAR Tempat Sekolah Islamic Full Day di Medan
Bacaan Doa Sholat Tarawih 11 Rakaat
Apa Itu KRS, SKS, KHS dan Transkrip Nilai
Doa-Doa Pilihan Sehari Hari
Makna dan Arti dari Lambang Garuda Pancasila
Hukum Menyembelih Hewan Kurban (Udhhiyah) dan Aqiqah
Panduan Bacaan Sholat

Ada 0 Komentar di "Apa Saja Yang di Pelajari Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer"


Tinggalkan Komentar Disini