Tren Developer Programming Yang Paling Banyak di Minati

Tren Developer Programming Yang Paling Banyak di Minati
Picture by : #
29 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Perkembangan tekonlogi komputer khusunya di bahasa programming, sangat banyak di gemari orang orang yang memiliki hobi dan minat tentang bahasa pemrograman, tidak hanya hobi dan minat, seorang developer programming memiliki dunianya sendiri, mulai dari kebiasaan, pergaulan dan cara berpakaian. Seorang developer programing banyak menghabiskan waktunya seharian di depan komputer atau laptop, mengerjakan projek maupun mencari hal yang baru dari setiap bahasa pemrograman.

Developer programming memiliki berbagai cabang kategori minat yang di sukai, mulai dari Developer Back-end, Developer Full-Stack, Developer Front-end, Developer Desktop Application, Developer Mobile dan lain lain. Seorang programmer juga memiliki minat dan bakat di setiap bahasa yang digunakan mulai dari Javascript, HTML/CSS, SQL, Python, Typescript, Java, Shell, C#, PHP, C++, Cotlin dan lainnya.

Apalagi progammer sangat selektif dalam memilih Sistem Operasi yang digunakan, mulai dari yang Open Source dan berbayar, editor yang digunakanpun bermacam macam tergantung dari kebiasaan, dan fitur yang diberikan. Selain itu seorang developer progammer sangat akrab dengan Google, dimana bila ada permasalah dan bug disetiap aplikasi yang dibangun, maka mencari solusinya ke Mbah Google.

Berikut dibawah ini Tren Developer Programming Yang Paling Banyak di Minati, yang di survei oleh pihak Stack Overflow. Sebelumnya penulis juga mengulas tentang Tren Bahasa Javascript di Tahun 2020

1. Tipe Developer


1. Tipe Developer

Tipe developer itu berbeda beda, tergantung seseorangnya lebih suka dan kecendrungan dalam membangun aplikasinya, yang paling banyak diminati adalah Back-end Developer (implementasi code bisnis proses dari aplikasi yang dibangun), urutan kedua ada Developer Full-stack (merupakan keduanya Back-end dan Front-end), posisi ketiga ada Front-end Developer (implementasi/menuangkan hasil dari proses bisnis yang dibangun, mulai dari tampian dan laporan), info grafiknya bisa di liat gambar diatas.

2. Coding adalah Hobi

Banyak dari developer programing mengutarakan, bahwa pekerjaan yang dilakukan seperti coding adalah kegiatan hobi, ada juga coding bukan sekedar hobi, tetapi hobi yang menghasilkan uang, dengan membuat sebuah program aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan sehari hari, seperti aplikasi aplikasi POS (Point Of Sale), Mobile apps, Edukasi dan masih banyak lagi.

3. Bahasa Script Yang Digunakan


3. Bahasa Script Yang Digunakan

Dari survei statistik bahasa script yang digunakan, Javascript adalah salah satu bahasa script populer di kalangan developer, apalagi bahasa ini sangat banyak di pakai di berbagai framework Script dan Markup Language dalam pengembangan aplikasi berbasis web, diikuti bahasa HTML/CSS dan SQL. Info grafiknya bisa dilihat gambar di atas.

4. Web Frameworks

4. Web Frameworks

JQuery masih mendominasi sebagai web framework paling banyak digunakan diberbagai kebutuhan aplikasi berbasis web, perlu di ketahui bahwa React.js dari tahun ke tahun trennya mengalami peningkatan. React.js merupakan framework yang di bangun oleh Facebookyang dapat membuat berbagai UI (User Interface) yang dapat di share ke beberapa komponen, React.js bukanlah sebuah framework berbasis MVC.

5. Framework, Library dan Tools

5. Framework, Library dan Tools

Salah satu tools yang sangat populer dikalangan developer programming yaitu Node.js, tools framework ini didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, yang ditulis dalam bentuk bahasa pemrograman Javascirpt. Node.js memiliki tren menjadi yang pertama dua tahun berturut turut, dalam meramaikan dunia pemrograman javascript, selanjutnya di posisi dua ada library atau tools yaitu .NET, dan .NET Core

6. Database

6. Database

Database Mysql, salah satu DBMS (Database Management Sistem) yang sangat populer di kalangan pengembang developer programming, dimana database ini sangat fleksibel di berbagai bahasa pemrograman. Mysql menjadi database yang paling banyak digunakan di dunia, tidak heran jika posisinya menduduki diurutan pertama. Database Mysql juga digunakan diberbagai kalangan pengembang aplikasi, mulai dari perusahaan kecil, menengah dan skala besar. Selanjutnya di ikuti oleh PostgreSQL, dan Microsoft SQL Server, perlu di garis bawahi bahwa Firebase perlahan naik dan telah menyingkirkan Elasticsearch.

7. Platforms

7. Platforms

Salah satu platform pendukung bahasa pemrograman, tidak terlepas dari sistem operasi yang digunakan, dalam hal melakukan pengembangan, Sistem Operasi Linux menjadi urutan yang pertama, Linux merupakan sistem operasi berbasis open source, dibawah bendera GNU (GNU's Not Unix), dimana sistem operasi ini bebas digunakan, tanpa perlu mengeluarkan. Selanjutnya di posisi kedua ada Windows dan Docker.

Sumber : https://stackoverflow.com/

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung ke website kami, Semoga Bermanfaat




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Ada 0 Komentar di "Tren Developer Programming Yang Paling Banyak di Minati"


Tinggalkan Komentar Disini