Alternatif UNIQUE Sebagai Kode Unik Kedua di Tabel Mysql

Alternatif UNIQUE Sebagai Kode Unik Kedua di Tabel Mysql
Picture by : #
26 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Altefnatif penggunaan kode unik pada kolom di tabel mysql sangat dibutuhkan di beberapa model aplikasi yang di bangun, kode atau data unik pada kolom tabel di mysql dijadikan sebagai pembeda di setiap isi baris, biasanya ini dipakai untuk primary key, dijadikan sebagai kunci utama di tabel. Setiap relasi pada tabel membutuhkan key atau kunci yang unik agar tabel yang di joinkan, memiliki informasi yang tepat sesuai dengan nilai unik yang di pakai.

Pembentukan data primary key pada setiap tabel bisa menggunakan cecara otomatis maupun manual, jika menggunakan otomatis biasanya menggunakan sistem auto increment, dengan nilai angka integer mulai dari 1..2..3 dan seterusnya, jika menggunakan secara manual, maka kita harus menyiapkan beberapa filter untuk menentukan nilai unik sebelum menambah data, dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu isi data pada tabel tersebut, kemudian generate nilai angkanya.

Penerapan data primary key banyak menggunakan sistem auto increment, karena tidak membutuhkan filter untuk generate angka, hanya dengan menambahkan data pada tabel tersebut maka sistem akan otomatis generate angkanya.

Selanjutnya penulis akan mebahas tentang Alternatif UNIQUE Sebagai Kode Unik Kedua di Tabel Mysql untuk di jadikan sebagai secondary key, penerapan ini banyak digunakan diberbagai aplikasi seperti pendaftaran user member, aplikasi POS (Point Of Sale) dan aplikasi lainnya yang membutuhkan data unik.


Pada kesempatan kali ini penulis akan mencontohkan penggunaan data barang, dimana ada penggunaan data kode produk dan id barang, untuk menenentukan id barang menggunakan primary key sedangkan untuk kode produk menggunakan secondary key unique, agar kode produk yang dimasukan tidak dapat sama atau dobel.

Berikut dibawah ini cara membuat data tabel produk, dengan menggunakan primary key auto increment dengan secondary key unique.

CREATE TABLE `produk` (
  `id` bigint(20) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
  `id_ktg` int(12) NOT NULL DEFAULT '0',
  `ktg_produk` int(12) NOT NULL DEFAULT '0',
  `kode_produk` varchar(50) DEFAULT NULL,
  `nm_produk` varchar(300) DEFAULT NULL,
  `deskripsi` varchar(1600) DEFAULT NULL,
  `berat` varchar(12) DEFAULT NULL,
  `satuan` varchar(35) DEFAULT NULL,
  `harga` double DEFAULT NULL,
  PRIMARY KEY (`id`),
  UNIQUE KEY `kode_produk` (`kode_produk`),
  KEY `id_ktg` (`id_ktg`)
) ENGINE=MyISAM AUTO_INCREMENT=0 DEFAULT CHARSET=latin1;

pada bagian akhir kode diatas dapat dijelaskan bahwa kunci utama dari tabel tersebut adalah PRIMARY KEY (`id`), kemudian untuk secondary key adalah UNIQUE KEY `kode_produk` (`kode_produk`), selanjutnya ada penerapan index pada kategori produk pada baris KEY `id_ktg` (`id_ktg`) untuk mempercepat proses pengindexkan pada saat menampilkan data.

Pada tabel tersebut dapat kita simpulkan bawah penerapan kolom unique yaitu pada kode_produk, fungsi ini jika ada menambahkan data kode produk kedalam tabel produk tersebut dengan kode yang sama, maka akan di tolak, melainkan bila data yang dimasukan unik dan tidak ada yang sama, maka kode produk tersebut akan di terima.

Jika tabel telah terbentuk, dan kolom kode_produk belum dijadikan sebagai UNIQUE KEY, bisa menggunakan ALTER TABLE untuk update truktur tabelnya, seperti dibawah ini.

ALTER TABLE `produk` ADD UNIQUE INDEX (`kode_produk`);

Sama halnya dengan penggunaan data member yang menggunakan email sebagai secondary key, dapat diterapkan pada kolom email sebaagai UNIQUE KEY, agar email yang masuk kedalam database tidak terjadi kembar atau dobel.

 

Demikian ulasan tentang Alternatif UNIQUE Sebagai Kode Unik Kedua di Tabel Mysql, semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Ada 0 Komentar di "Alternatif UNIQUE Sebagai Kode Unik Kedua di Tabel Mysql"


Tinggalkan Komentar Disini