Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs

Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs
Picture by : #
20 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Alternatif bagi bagi konten writer dapat memanfaatkan tools dari Google ini, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengetik tanpa harus menekan tombol huruf pada keybord komputer maupun laptop, cukup dengan mengeluarkan suara maka Google Docs akan menerima suara tersebut lewat mic, kemudian di konversi menjadi karakter teks, yang terhubung dengan kosa kata yang ada pada google untuk mengkoreksi suara kita.

Teknologi ini sudah cukup lama muncul, mungkin sebagian pembaca penasaran bagaimana Voice Typing ini dapat merubah suara menjadi huruf teks. Menggunakan Google Docs harus terhubung dengan jaringan internet, karena Google dalam pengecekan karakter teks harus mencocokan database kosa kata yang ada pada Google.

Menggunakan Google Docs harus memiliki akun Gmail, karena untuk membuka aplikasinya harus lewat login terlebih dahulu. Berikut dibawah ini Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs.

1. Buka Google Docs


1. Buka Google Docs

Silakan buka Google Docs lewat browser masing masing, dengan mengetikan url disni Google Docs, selanjutnya siakan login ke google gmail, jika sudah terlogin maka akan tampil seperti diatas.

Untuk melanjutkan silakan klik tanda tambah + untuk membuat dokumen baru

2. Tools Voice Typing

2. Tools Voice Typing

Untuk memulai voice type pada laptop bisa langsung digunakan, jika menggunakan PC Komputer,  alat tambahannya bisa menggunakan headset yang ada micnya. 

Silakan klik menu Tools > Voice Typing. Seperti tampak gambar diatas, jika berhasil maka akan tampil logo mic dihalaman sebelah kiri.

Untuk memulainya silakan Click logo mic tersebut, kemudian silakan keluarkan suara, maka Google Docs akan merespon. Perlu diingat untuk spelling Bahasa silakakan pilih Indonesia agar suara yang kita keluarkan disesuaikan dengan Bahasa Indonesia, seperti gambar dibawah ini : 

 

Voice Typing Google Docs untuk mengeluarkan suara hanya setiap kata, agar dapat berjalan voicenya secara terus menerus, silakan tempelkan mouse atau pointernya di atas mic (hover), seperti tampak gambar dibawah ini.

 

 

Demikian tutorial ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di website kami, Selamat mencoba

 

 




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Ada 0 Komentar di "Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs"


Tinggalkan Komentar Disini