Perbedaan Antara session_unset() dan session_destroy() di Bahasa Pemrograman PHP

Perbedaan Antara session_unset() dan session_destroy() di Bahasa Pemrograman PHP
Picture by : #
14 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Session adalah salah satu fungsi dari PHP untuk menyimpan data sementara ke server, yang dapat digunakan untuk kebutuhan informasi data, fungsi ini sering kita jumpai di beberapa proses contohnya login dan logout, pada saat kita melakukan login disalah satu website atau sistem aplikasi, ketika data login berhasil masuk maka data data session login akan di simpan sementara di server.

Apa saja yang di simpan diserver saat berhasil login, sebagian pembaca pasti memiliki akun login seperi email, sosial media, aplikasi dan lain lain, pada saat melakukan login menggunakan email dan password, sistem akan mencari email dan password ini kedalam database sistem, jika ketemu data email tersebut maka nilai session yang akan di simpan diserver adalah ID dari pengguna email tersebut lewat browser, tergantung sistem yang dibangun.

Kenapa harus email menjadi salah satu username ? Karena email dianggap sebagai data yang memiliki keunikan yang berbeda beda, email juga sebagai jembatan untuk memverifikasi data yang masuk dengan sistem, sehingga data yang masuk adalah benar benar valid dan bukan data dummy. Membuat login menggunakan password hash verify silakan kunjungi artikel sebelumnya di Cara Membuat Login Hash Menggunakan Password Verify di PHP

Berikut dibawah ini penjelasan mengenai Perbedaan Antara session_unset() dan session_destroy() di Bahasa Pemrograman PHP

 

Cara Menggunakan Session


Cara menggunakan session di PHP harus di awali dengan session_start() fungsi ini ditempatkan diawal halaman yang akan di gunakan, sehigga session session dibawahnya bisa dibaca oleh server.

<?php 
session_start();
?>

Cara menyimpan data session adalah dengan menggunakan variabel, seperti dibawah ini 

$_SESSION['id']= ID Data

session_unset()

session_unset() merupakan fungsi untuk menghapus data sesion diserver, dengan nama variabel tertentu saja, contohnya seperti dibawah ini : 

<?php 
session_start();
session_unset($_SESSION['id']);
?>

kode diatas merupakan perintah untuk menghapus session pada variabel id. Apabila ada penggunaan data session yang lain, maka yang terhapus hanya id nya saja.

session_destroy()


session_destroy() adalah fungsi untuk menghapus semua session data di server, teknik ini paling banyak di pakai dibeberapa pengembang aplikasi, karena tidak perlu melakukan satu persatu untuk menghapus data sessionya, penggunaanya bisa langsung seperti dibawah ini.

<?php 
session_start();
session_destroy();
?>

Fungsi diatas biasanya dipakai untuk logout dari sistem.

Perbedaan dari kedua fungsi tersebut tampak jelas dalam hal penggunaannya, dimana session_unset() digunakan hanya satu nama variabel session saja yang di hapus, sedangkan session_destroy() digunakan untuk menghapus semua data session di server.

Demikian penjelasan mengenai antara keduanya, terima kasih telah berkunjung di website kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Ada 0 Komentar di "Perbedaan Antara session_unset() dan session_destroy() di Bahasa Pemrograman PHP"


Tinggalkan Komentar Disini