Tips Hidup Sehat Bagi Kalangan Anak Remaja

Tips Hidup Sehat Bagi Kalangan Anak Remaja
Picture by : #
08 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Bagi seorang remaja, menjaga pola hidup sehat sejak dini sangatlah penting untuk kesehatan di masa tua nanti. Masa tua anda menjadi cerminan kehidupan di masa muda, untuk karena itu mulai sekarang ini harus bisa menjaga pola hidup sehat dengan rutinitas yang positif.  Banyak anak remaja yang kehilangan jati diri mereka sehingga sulit sekali untuk diatur menjadi pribadi yang baik, rokok dan alkohol menjadi makanan sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mereka.

Hal ini bisa terjadi karena  keteledoran orang tua dalam mendidik dan akibat pergaulan anak yang salah. Padahal kehidupan mereka saat ini akan mencerminkan masa tua nantinya, jadi kalau anda tidak benar-benar siap dengan berbagai penyakit di masa tua, cobalah untuk mulai sekarang menerapkan pola hidup sehat dibawah ini.

Berikut ini kami rangkum informasi secara lengkap bagi para remaja yang ingin tahu pola hidup sehat itu seperti apa, intunya dengan menerapkan semua tips yang kami berikan bisa membawa dampak positif pada kehidupan anda nantinya.

Untuk karena itu, cobalah terapkan beberapa tips pola hidup sehat dari artikel ini. Kami berharap, setelah anda membaca artikel ini bisa menerapkannya dengan mudah pada kehidupan anda, dan berlatih menjadi manusia yang benar-benar bisa memahami arti kesehatan. Karena menurut pepatah di luar sana, lebih baik mencegah dibandingkan harus mengobati. Silahkan simak dengan baik-baik. 
Tips Sehat Untuk Kalangan Anak Remaja

1. Hindari jenis makanan kimia dan Junk Food


1. Hindari jenis makanan kimia dan Junk Food

Remaja sudah terbiasa dengan mengkonsumsi makanan cepat saji atau biasa dikenal dengan istilah JunkFood, makanan ini memang memiliki rasa yang enak dan tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menyantapnya. Kebiasaan buruk seperti ini kalau diterapkan terus menerus bisa mengancam kesehatan, selain itu juga ada banyak makanan denga kandungan zat kimia yang jelas-jelas tidak bagus untuk kesehatan organ dalam tubuh anda.

Contoh zat kimia dari rokok, minuman kemasan, snack ringan dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya. Maka dari itu, gantilah semua bahan makanan diatas dengan mulai mengkonsumsi jenis makanan seperti sayur, buah, kacang-kacangan, protein dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, serat tinggi, vitamin, mineral dan zat besi sangat diperlukan oleh tubuh.  Mulai sekarang kami harap anda harus berhenti mengkonsumsi makanan yang tidak menyehatkan seperti yang sudah kami sebutkan. 

2. Lakukan olahraga secara rutin

2. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga juga menjadi kebiasaan rutin yang wajib untuk dilakukan oleh para remaja saat ini, menjaga pola hidup sehat dengan olahraga rutin setiap saat juga bisa menjadi cerminan anda menghargai kesehatan tubuh. Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan seperti lari ringan, maraton, senam, yoga dan ikut kegiatan ekstrakulikurer di selolah.

Semua kegiatan olahraga jelas sangat bagus dan berdampak positif untuk kesehatan tubuh anda. Apalagi anda masih remaja dan masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tidak mengherankan kalau olahraga benar-benar bagus untuk tubuh anda sendiri. 

3. Istirahatlah dengan cukup


3. Istirahatlah dengan cukup

Cara lain untuk menjaga pola hidup sehat bisa dengan istirahat dengan cukup, istirahat yang cukup ini mulai dari tidak bergadang di malam hari dan tidur siang jika diperlukan. Tubuh ini perlu waktu untuk istirahat demi menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat. Kalau anda kurang istirahat bisa menibmbulkan berbagai jenis penyakit dan beberapa dampak negatif terhadap aktivitas anda.

Minimal untuk anak remaja harus tidur 8-9 jam sehari. Jadi biasakan waktu tidur harus cukup dan diimbangi juga dengan pola makan yang baik. 

4. Konsumsi air putih dalam jumlah banyak

4. Konsumsi air putih dalam jumlah banyak

Tahukah anda kalau konsumsi air putih setiap harinya bisa menyehatkan tubuh ? Banyak penelitian yang sudah dilakukan bahwa konsumsi air putih setiap hari akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat, khususnya untuk anda yang masih remaja.

Ginjal menjadi organ utama yang akan merasakan dampak positif ketika anda mengkonsumsi air putih setiap hari, kebutuhan cairan pada tubuh setiap orang memang berbeda tergantung dari aktivitas mereka sehari-hari. Intinya, sebagian besar dalam tubuh kita 60% didominasi oleh cairan, jadi penting bagi kita untuk konsumsi air putih setiap harinya untuk memastikan kebutuhan cairan benar-benar terpenuhi dengan baik. Ada baiknya kalau anda berangkat kerja atau pergi sekolah, selalu membawa botol air dari rumah.

5. Hindari konsumsi gula yang berlebih

5. Hindari konsumsi gula yang berlebih

Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat bagi remaja adalah mengurangi konsumsi gula hari ini, konsumsi gula setiap hari memang tidak dilarang karena  setiap orang tentu ingin merasakan makanan dan minuman yang manis. Hanya saja, tidak baik kalau anda konsumsi gula dengan jumlah yang banyak setiap harinya.

Contoh saja ketika membuat minuman kopi maka porsi gula yang dipakai tentu lebih banyak agar kopi lebih manis dan enak.  Jika hari ini anda ingin menerapkan pola hidup sehat, ada baiknya kalau kurangi atau tidak mengkonsumsi gula sama sekali.

6. Selektif dalam memilih jenis makanan

6. Selektif dalam memilih jenis makanan

Kemudian yang tidak boleh anda lupakan ketika ingin menjaga pola tubuh agar tetap sehat, bijaklah dalam memilih jenis makanan. Tidak semua jenis makanan yang anda makan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, terkadang makanan enak tidak memberikan gizi apapun terhadap tubuh anda. Padahal untuk mendapatkan energi yang seimbang, tubuh membutuhkan nutrisi dan kalori yang tepat agar bisa dirubah menjadi energi untuk kebutuhan aktivitas anda.

Maka, saran dari kami yang baik untuk anda adalah bijak dalam memilih jenis makanan. Contoh, kalau anda bekerja di pagi hari dan pulang siang hari, ada baiknya membawa bekal dari rumah yang mana jenis makanan bisa anda tentukan sendiri. Kami lebih merekomendasikan hal ini dibandingkan harus membeli atau makan di tempat kerja yang mana asupan nutrisinya tidak lengkap

7. Kontrol emosi dan stress dengan baik

7.  Kontrol emosi dan stress dengan baik

Sifat dari setiap orang memang berbeda-beda, namun ada baiknya jika anda tidak membawa semua beban anda sendirian, jika anda merasa memiliki beban yang begitu berat sebaiknya anda berbagi dengan anggota keluarga anda bang kali ada solusi dari permasalahan yang anda alami.

Selain itu juga jangan terlalu parno atau gugup agar anda dapat teap santai dan dapat mengontrol emosi anda. Sebab apabila seseorrang sudah terbiasa untuk terburu-dan gugup semuanya akan menjadi kacau dan akan membuat level stress seseorang menjadi meningkat.

Sekian informasi dari kami mengenai tips hidup sehat yang bagus untuk anak remaja, dengan menerapkan pola hidup sehat seperti ini. Niscaya di hari tua nantinya, anda tidak mudah terserang penyakit dan memiliki tubuh yang tetap sehat bugar.

Silahkan dicoba, semoga tips dari kami bermanfaat. Terimakasih. 




Artikel Terkait
Antara Blog dan Google AdSense
Cara Cek Status Program Vaksinasi Covid-19 Anda
Cara Daftar Antrian Vaksin Covid-19 di Aplikasi Halodoc
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Cara Top Up DANA Lewat Mandiri Livin Terbaru
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA
Apakah Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dikenakan Biaya? Berikut ini Ulasanya
Cara Bayar Tagihan Stroomnet di Mandiri Mobile

Ada 0 Komentar di "Tips Hidup Sehat Bagi Kalangan Anak Remaja"


Tinggalkan Komentar Disini