Contoh Rutinitas Yang Membuat Kesehatan Kita Menurun

Contoh Rutinitas Yang Membuat Kesehatan Kita Menurun
Picture by : #
07 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Halo sahabat sehat bertemu lagi dengan kami disini untuk membahas informasi sehat yang berguna untuk masa depan anda, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi kepada anda mengenai kebiasaan buruk yang terkadang sering dilakukan namun tidak baik untuk kesehatan kita, mungkin satu dari banyak orang pernah mengalaminya.

Kebiasaan buruk seperti ini jika dilakukan terus menerus bisa menurunkan kesehatan kita, skenario terburuknya tubuh akan rentan sekali terkena penyakit. Artikel ini akan menjelaskan kepada anda beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kesehatan anda menurun. Jika anda penasaran dengan informasinya, silakan simak penjelasannya dibawah ini. 
Contoh Rutinitas Yang Membuat Kesehatan Kita Menurun


1. Terlalu Sering Melihat laptop dan televisi dalam waktu yang lama

1. Terlalu Sering Melihat laptop dan televisi dalam waktu yang lama

Bersantai seperti menonton tv dan bermain laptop dalam waktu yang cukup lama memang sangat menyenangkan diwaktu luang, kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depatn televisi dan bermain laptop. Tetapi, apakah anda tahu dampak buruk yang bisa terjadi jika kebiasaan ini sering terjadi pada kehidupan anda ? Banyak penelitian yang mengungkapkan kalau kebiasaan seperti ini bisa membuat kondisi kesehatan mata menjadi menurun, dampak terburuknya bisa terkena mata minus atau silinder.

Untuk karena itu, hindari menonton tv dan bermain laptop dalam waktu yang cukup lama. Coba luangkan waktu anda untuk bermain bersama dengan keluarga, melihat indahnya dunia di luar sana dan melakukan banyak hal yang jauh lebih positif. 


2. Suka lupa makan di pagi hari ketika berangkat kerja atau sekolah

2. Suka lupa makan di pagi hari ketika berangkat kerja atau sekolah

Setiap orang memang memiliki kondisi perut yang berbeda-beda, ada yang suka makan di pagi hari, namun ada juga yang tidak suka sarapan di pagi hari. Umumnya di pagi hari kondisi asam lambung akan meningkat, untuk karena itu dibutuhkan asupan atau nutrisi dari makanan yang bisa dipecah oleh enzim yang ada di dala lambung anda.

Bila anda terlambat makan di pagi hari, dampak buruknya anda bisa terkena asam lambung yang membuat kondisi perut menjadi sakit dan tidak normal, biasanya penderita asam lambung tidak akan suka mengkonsumsi makanan apapun jika sudah nyeri atau sakit.

Ada baiknya anda mencegah dari pada harus mengobati, karena sarapan di pagi hari bukan hanya memberikan energi tambahan kepada kita dalam menjalankan aktivitas, tetapi juga bisa memperbaiki organ pencernaan terutama pada lambung anda.

3. Mengkonsumsi kopi sebelum sarapan di pagi hari

3. Mengkonsumsi kopi sebelum sarapan di pagi hari

Kebiasaan seperti ini seringkali dilakukan banyak orang karena tidak ada waktu untuk sarapan pagi, alhasil untuk menghindari rasa lapar, banyak dari kita yang suka minum kopi sebelum berangkat kerja. Padahal minum kopi di pagi hari itu tidak bagus untuk kesehatan kita, terutama untuk lambung yang kondisinya sudah asam namun anda tambahi kadar asamnya dengan cara minum kopi.

Kandungan kafein yang tinggi sifatnya juga asam, itu tidak baik kalau di konsumsi di pagi hari. Tidak heran kalau banyak orang merasakan gejala seperti nyeri atau perih lambung akibat minum kopi sebelum sarapan pagi. 


4. Seringkali lupa jadwal makan ketika tidak lapar

4. Seringkali lupa jadwal makan ketika tidak lapar

Apakah anda pernah malas untuk makan karena tidak lapar ? Banyak orang yang makan ketika mereka lapar, padahal makan tidak perlu menunggu waktu untuk lapar, kondisi tubuh yang sebenarnya butuh energi ini tidak membutuhkan waktu untuk lapar. Anda harus tetap makan meskipun perut masih belum menunjukkan rasa lapar, karena ini berhubungan dengan kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh anda.

Jumlah kalori pada tubuh anda kemungkinan cukup besar dan tidak diimbangi dengan aktivitas yang seimbang, sehingga membuat anda belum lapar meskipun waktu sudah menunjukkan jam makan. Hindari kebiasaan seperti ini dengan mengurangi jumlah asupan kalori setiap harinya, besar kemungkinan jenis makanan yang anda konsumsi mengandung kalori yang tinggi sehingga butuh waktu yang lama untuk membakar kalori menjadi energi, imbangi juga dengan olahraga dan aktivitas agar tubuh aktif bergerak. 

5. Bermain sosial media dalam waktu yang cukup lama

5. Bermain sosial media dalam waktu yang cukup lama

Kebiasaan buruk yang harus anda hindari atau kurangi sekarang ini adalah bermain sosial media, bisa kami katakan kalau sosial media memang begitu menyenangkan untuk dimainkan, terlebih di waktu luang. Hanya saja, kebiasaan bermain sosial media dalam waktu yang cukup lama bisa berdampak buruk pada kesehatan anda, terutama pada kesehatan mata dan tubuh anda sendiri.

Mata akan terasa sakit, perih dan iritasi karena terlalu lama menatap layar gadget, sedangkan tubuh yang tidak begerak selama berjam-jam hanya akan menimbun kalori yang seharusnya berubah menjadi energi namun menumpuk menjadi lemak. Selain itu, bermain sosial media dalam waktu yang cukup lama juga akan berpengaruh pada psikologi anda, banyak kejadian dimana anak-anak merasa depresi ketika bermain sosial media. 


6. Duduk di kursi berjam-jam

6. Duduk di kursi berjam-jam

Perlu untuk anda ketahui kalau terlalu lama duduk di kursi tanpa bergerak sama sekali bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes dan berbagai jenis penyakit lainnya. Sebab, banyak orang yang duduk terlalu lama dan tidak pernah melakukan aktivitas seperti bergerak ataupun melakukan kegiatan yang menggerakan tubuh mereka. Sehingga gula di dalam tubuh tidak bisa diproses dengan baik dan akhirnya mengendap di dalam tubuh  dan berubah menjadi lemak. Orang yang sering duduk dalam waktu lama bisa mengalami banyak penyakit, terutama kerusakan pada organ ginjal yang sulit untuk mendapatkan cairan. Saran terbaik kalau pekerjaan anda selama ini harus  duduk, rutin konsumsi air putih setiap harinya. 

7. Bergadang di malam hari

7. Bergadang di malam hari

Sudah hal wajar jika banyak orang suka bergadang di malam hari, hal ini cukup sulit untuk di biarkan karena mungkin sudah menjadi kebiasaan mereka. Orang-orang yang bekerja di waktu malam, jelas tidak bisa menghindari hal semacam ini, namun anda yang tidak melakukan apapun di malam hari, ada baiknya tidur lebih cepat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Kalau anda ingin tahu, jenis penyakit yang ditimbulkan jika rutin bergadang itu cukup banyak. Pertama adalah diabetes, stroke, gangguan jantung, kepala pusing, rasa mengantuk setiap hari dan masih banyak lagi yang lainnya. 

8. Emosi yang tidak terkontrol

8. Emosi yang tidak terkontrol

Kebiasaan buruk berikutnya yang sebenarnya bisa berdampak negatif pada kehidupan anda, banyak orang yang mengalami stroke ringan hingga stroke berat akibat seringkali marah. Dimana pada saat anda emosi, ada peningkatan darah menuju ke otak, inilah yang menyebabkan penyumbatan para aliran darah, sehingga menimbulkan banyak penyakit.
Sekian informasi dari kami mengenai kebiasaan buruk yang bisa membuat kesehatan anda menurun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin merubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel kami. Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Cara Transfer Antar Bank Lain di BSI Mobile
Fakta Menarik tentang Google AdSense dan Manfaatnya
Error BSI Mobile Muncul Pop Up Permintaan Gagal di iPhone
5 Alasan Kenapa Blog Anda di Tolak Google AdSense
Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah? Ini Alasannya 
Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Lamaran Kerja via Online
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO
Tren Blogger Beralih ke Youtube
Cara Top Up Saldo Halodoc Menggunakan Mandiri Mobile
Cara Koneksikan Pembayaran Halodoc dengan Gopay

Ada 0 Komentar di "Contoh Rutinitas Yang Membuat Kesehatan Kita Menurun"


Tinggalkan Komentar Disini