Cara Menerapkan Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil

Cara Menerapkan Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil
Picture by : #
07 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Bagi ibu hamil sangatlah penting untuk menjaga nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, untuk karena itu perlu ada beberapa tips penting agar kondisi tubuh sehat karena akan berpengaruh terhadap kesehatan si janin. Pada artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap kepada anda semua para bunda yang sedang hamil.

Dengan menerapkan tips hidup sehat dibawah ini, maka kondisi janin anda bisa berkembang dengan baik. Berikut ini adalah tips yang akan kami bagikan kepada anda, oya jangan lupa setelah membaca artikel ini bisa memberikan komentar, saran maupun pertanyaan yang mungkin ingin anda sampaikan kepada kami. 
Cara Menerapkan Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil

1. Konsumsi Makanan dengan Gizi Tinggi


1. Konsumsi Makanan dengan Gizi Tinggi

Tips pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan janin dan diri anda adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Jenis makanan sehat ini tergantung dari kandungan gizi dari setiap jenis makanan yang anda makan setiap harinya.

Contohnya saja untuk ibu hamil biasanya suka nyidam dengan makanan tertentu, ada baiknya kalau makanan yang anda inginkan ini memiliki rasa pedas ataupun tidak memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, jangan mengkonsumsi terlalu banyak, karena beresiko buruk untuk kebutuhan nutrisi di janin. Nah, adapun jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil itu cukup banyak jenisnya.

Pertama adalah susu yang memiliki kandungan gizi lengkap yang diperlukan untuk perkembangan otak si janin dan pastinya memberikan energi tambahan untuk si ibu. Intinya, mengkonsumsi makanan yang sehat ini bisa menambah stamina, menghindari yang namanya konplikasi kehamilan, hingga kontrol berat badan agar tetap sehat. Selain itu juga, pola makan dari ibu hamil terkadang tidak terjadwal dengan baik, jadi mulai sekarang anda perlu merencanakan pola makan yang lebih baik.
 

2. Minum Vitamin yang Menyehatkan

2. Minum Vitamin yang Menyehatkan

Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil juga diperlukan untuk memberikan daya tahan yang maksimal, karena jelas anda tidak mau mudah sakit karena kondisi badan yang lemah. Itu bisa berpengaruh pada kesehatan janin anda, ada baiknya asupan nutrisi dari vitamin ini benar-benar terjaga dengan baik.

Banyaknya konsumsi makanan dengan kandungan vitamin tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Vitamin hamil yang banyak dikonsumsi oleh ibu-ibu biasanya mengandung vitamin B dan juga asam Folat yang mana memiliki fungsi untuk meningkatkan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang si janin. Asam ini mencegah terjadinya kelahiran cacat dan tetap memberi kekebalan sistem imun untuk si bunda.

Jadi, vitamin ini ada baiknya anda konsumsi sebelum hamil, hasil terbaik bisa anda konsultasikan kepada dokter terkait dengan vitamin Prenatal sesuai dengan kebutuhan. Minum vitamin ini di malam hari sebelum anda tidur. 

3. Lakukan Olahraga dengan Rutin 


3. Lakukan Olahraga dengan Rutin 

Olahraga juga sangat penting bagi ibu hamil, ini untuk melatih tubuh yang mungkin sudah terlalu lama diam karena sulit untuk bergerak atau terasa berat untuk bergerak ke sana kemari. Jadi, lakukan olahraga dengan rutin seperti contohnya  meditasi bersama dengan teman-teman atau komunitas ibu hamil atau melakukan gerakan yoga yang aman untuk kesehatan anda dan si janin.

Olahraga juga berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah serta oksigen di dalam tubuh sehingga ampuh untuk mengurangi stress saat anda hamil, selain itu juga mampu memberikan dukungan untuk membuat janin menjadi lebih cerdas. Mungkin anda bisa meluangkan waktu setidaknya 30 – 1 jam untuk berolahraga, hindari tiduran setiap hari karena bisa membuat otot anda menjadi sakit dan sulit untuk begerak.

Pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil cukup banyak, tidak perlu berolahraga yang berat, cukup olahraga di rumah dengan memakai matras dan lakukan gerakan yang aman. Ini berguna sekali untuk menjaga metabolisme tubuh anda menjadi lebih baik. Olahraga yang baik untuk ibu hamil itu seperti Yoga, Renang, Jalan santai dan lain-lain. 

4. Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

4. Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Tips sehat lainnya untuk ibu hamil dan si janin adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Memang sulit sekali ketika di fase kehamilan harus menjaga kondisi berat badan, rasa lapar dari ibu hamil memang tidak bisa tertahankan karena di dalam perut ada bayi sehingga nutrisi yang diserap tidak maksimal.

Jadinya, mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi terkadang menjadi pilihan para ibu hamil, mungkin ada baiknya kalau anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori rendah namun nutrisinya lengkap. Contoh saja gandum, oatmeal atau jenis makanan ibu hamil khusus lainnya.

Kami menyarankan untuk anda yang belum hamil harus menaikkan badan menjadi 11 – 16 kg selama hamil nanti,  ementara kalau tubuh anda kurus, maka berat badan ketika hamil harus berada di angka 18 kg.

Kenaikan berat badan ini tentu berpengaruh pada kesehatan bayi anda, yang mana menurut beberapa sumber terpercaya atau kementerian kesehatan Indonesia, pertambahan berat badan bisa memberikan nutrisi lebih lengkap kepada si janin. Jadi, jangan malu kalau berat badan anda selama hamil menjadi naik, namun jangan terlalu over karena banyak ibu-ibu yang setelah melahirkan malah tambah gemuk.

5. Konsumsi Air Putih Setiap Hari

5. Konsumsi Air Putih Setiap Hari

Untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi air putih yang lebih sehat dan tepat untuk kesehatan si janin. Asupan cairan seperti air putih ini bisa membantu untuk memperlancar aliran darah dari jantung ke tubuh anda.

Selain itu juga, ibu hamil yang rutin mengkonsumsi air putih juga bisa meningkatkan sistem imun di dala tubuh. Rajin konsumsi air putih setiap saat ternyata bisa menghindari berbagai jenis penyakit yang seringkali dialami oleh ibu hamil seperti infeksi saluran kecing, sembelit, anemia, kelelahan, dehidrasi dan wasir.

Ini penting sekali untuk diketahui oleh para ibu hamil agar bisa menerapkan hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi air putih setiap harinya. Maksimal untuk sehari kalu bisa 8 – 10 gelas per hari, mungkin anda bisa mencampurkan beberapa potongan bua lemon, jeruk nipis ataupun buah lain yang membuat rasanya menjadi segar dan tidak hambar. 

6. Selalu Rajin Menjaga Kebersihan Tangan

6. Selalu Rajin Menjaga Kebersihan Tangan

Sangat penting sekali bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kerajinan tangan mereka, tangan merupakan tempat dimana banyak penyakit siap masuk ke dalam tubuh anda. Kalau anda tidak bisa menjaga kesehatan tangan, ini bisa berdampak buruk pada kesehatan anda. Untuk karena itu, anda harus mencuci dan menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan sabun antiseptik. Ini sangat disarankan agar tidak ada kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh anda. 

Oke, sampai disini dulu informasi dari kami mengenai cara menerapkan hidup sehat khusus untuk ibu hamil. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih. 




Artikel Terkait
Cara Koneksikan Pembayaran Halodoc dengan Gopay
Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan
Antara Blog dan Google AdSense
Cara Cek Status Program Vaksinasi Covid-19 Anda
Cara Daftar Antrian Vaksin Covid-19 di Aplikasi Halodoc
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Cara Top Up DANA Lewat Mandiri Livin Terbaru
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA

Ada 0 Komentar di "Cara Menerapkan Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil"


Tinggalkan Komentar Disini