Tips Menjaga Hidup Sehat Untuk Orang Tua Lanjut Usia

Tips Menjaga Hidup Sehat Untuk Orang Tua Lanjut Usia
Picture by : #
07 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Bagi orang yang lansia di umur 50 tahun keatas tentu membutuhkan banyak tips sehat agar lebih menyenangkan dan menenangkan, tujuannya yang paling jelas adalah agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang seringkali mengincar kondisi kesehatan mereka yang sudah lansia.

Penyakit akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh lansia yang sudah mengalami penurunan fungsi tubuh, gaya hidup yang tidak sehat di waktu masih muda juga berpengaruh terhadap kesehatan lansia sekarang ini.

Maka dari itu, bagi anda yang masih muda dan sehat, cobalah menerapkan pola hidup sehat dengan tetap menjaga kebiasaan positif setiap harinya.

Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi menarik kepada anda semua tentang tips hidup sehat yang bagus untuk diterapkan pada Lansia atau orang Lanjut usia. Adapun tips sehat ini secara umum sudah banyak ditemukan di internet, kami harap informasi yang kami berikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk anda. Silahkan simak baik-baik penjelasannya dibawah ini. 

Tips Menjaga Hidup Sehat Untuk Orang Lanjut Usia atau Lansia

1. Jaga Pola Makan Lebih Teratur dan Sehat


1. Jaga Pola Makan Lebih Teratur dan Sehat

Tips sehat pertama untuk para lansia adalah dengan menjaga asupan dan pola makan yang teratur. Jenis makanan yang sehat itu juga tidak sembarangan, karena kalau sembarangan bisa menimumbulkan penyakit pada Lansia. Jenis makanan yang bagus untuk di konsumsi lansia itu banyak mengandung protein, serat tinggi dan beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Adapun nutrisi yang kami sebutkan bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti kacang-kacangan, kemudian sayuran, buah-buahan dan juga gandum. Biar lansia tidak bosan untuk mengkonsumsi jenis makanan ini , cobalah ciptakan suasana makan yang menyenangkan agar menimbulkan selera makan yang bagus untuk mereka yang sudah lansia. 

2. Ajak Untuk Berolahraga Secara Rutin

2. Ajak Untuk Berolahraga Secara Rutin

Seperti sudah menjadi kebiasaan umum, kalau olahraga merupaakn bagian dari tips hidup sehat yang tidak bisa terbantahkan. Hidup sehat dengan rajin berolahraga setiap saat sudah terbukti ampuh untuk memberikan kehidupan yang lebih baik di masa tua. Bagi anda yang sedang merawat orang tua atau lansia, cobalah ajak mereka untuk melakukan olahraga dengan beberapa gerakan yang ringan saja. Contoh saja gerakan olahraga seperti berenang, yoga, senam kaki, berjalan kaki dan bersepeda.

Olahraga seperti ini sangat baik untuk kesehatan lansia dan jika dilakukan setiap saat bisa membuat tubuh semakin kuat dan tidak mudah sakit-sakitkan. Usahakan untuk terus terkena sinar matahari pagi, karena kandungan vitamin E dari sinar matahari pagi sangat bagus untuk mengganti sel-sel kulit mati. Selain itu juga, anda bisa menjadwal beberapa menit untuk olahraga rutin setiap harinya. 

3. Cegah Pengeroposan Pada Tulang


Tips sehat lainnya yang bisa anda terapkan untuk para lansia adalah mencegah keropos pada tulang yang biasa dilakukan dengan memberikan asupan nutrisi berupa vitamin D. Saat ini ada banyak jenis susu yang bagus untuk membuat tulang semakin kuat, lansia memiliki tulang yang udah sekali keropos, sehingga perlu nutrisi tambahan untuk memberikan asupan kalsium yang cukup untuk tulang mereka.

Adapun jenis makanan yang mengandung vitamin D seperti daging dan beberapa ikan laut. Ini penting sekali, mencagah pengeroposan tulang juga bisa dengan olahraga rutin setiap pagi dan sore hari, ajaklah mereka untuk berolahraga ringan seperti pada poin ke dua tadi.

4. Jaga Kesehatan Mata

4. Jaga Kesehatan Mata

Tips sehat untuk para lansia yang berikutnya adalah menjaga kesehatan mata mereka, semakin bertambah umur maka semakin tidak jelas penglihatan para lansia. Banyak penyakit yang seringkali di derita seperti minus, mata tua, rabun senja, katarak dan masih banyak jenis penyakit mata lainnya.

Maka dari itu, anda harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang bagus untuk kesehatan mata seperti vitamin C, vitain E dan vitamin B. Ketiga vitamin ini bagus untuk kesehatan mata lansia. Berikan asupan makanan seperti sayuran berwarna, sayuran hijau, buah dan lain sebagainya. 

5. Kurangi Resiko Penyakit Jantung

Tips menyehatkan berikutnya untuk para lansia adalah mencegah penyakit jantung akibat penimbunan kolestrol yang terlalu tinggi pada tubuh. Sehingga konsumsi makanan menjadi penting untuk diperhatikan disini, jenis makanan dengan kandungan kalori tinggi harus anda hindarkan terlebih dahulu.

Berikan asupan makanan yang rendah kalori seperti roti gandum, oatmeal, susu dan bebeberapa jenis makanan dengan kalori yang rendah. Karena aktivitas lansia tidak sebanyak waktu muda, jadi kebutuhan energi juga berbeda.  Hindarkan juga dari minuman yang manis dan berdoa, tidak baik untuk lansia meminum minuman rasa manis dan bersoda, ini bisa memicu penyakit seperti diabates dan  gangguan pada ginjal. 

6. Menjaga Daya Ingat

6. Menjaga Daya Ingat

Orang tua umur 60 tahun keatas biasanya akan mengalami penurunan daya ingat atau biasa dikenal dengan penyakit pikun. Penyakit ini akan membuat penderita lupa sekejap dengan orang terdekat bahkan kegiatan yang baru saja mereka lakukan, jadi ini perlu di perbaiki dengan memberikan nutrisi penting untuk meningkatkan daya ingat seperti asam folat, B12 dan B6.

Makanan yang mengandung nutrisi tersebut bisa ditemukan dengan mudah. Umur 70 tahun keatas, lansia akan benar-benar kehilangan daya ingat terhadap sesuatu yang pernah di lihatnya dan ini biasanya normal dialami banyak lansia, namun sebagian kecil masih mampu mengingat dengan baik rupa wajah orang yang dikenal ataupun kegiatan lain yang pernah dilakukan. 

7. Hindarkan Stress

7. Hindarkan Stress

Lansia tidak boleh stress atau mengalami terkanan yang berat, jika hal ini terjadi maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mereka. Contoh saja ketika stress banyak pikiran, ini akan memicu depresi yang berkepanjangan yang bisa menimbulkan berbagai dampak negatif seperti serangan jantung ataupun stroke.

Jadi, sebisa mungkin hindarkan stress pada lansia karena bisa berakibat fatal, banyak pikiran pada lansia jelas berbeda dengan anak muda zaman sekarang ini, orang tua akan kembali ke masa kanak-kanan “ sifatnya “ jadi sangat sulit untuk membantu kontrol stress dengan baik. 

8. Hindarkan Dari Minuman Beralkohol dan Rokok

Kebiasaan merokok untuk lansia masih seringkali terlihat di usia yang sudah tua, padahal rokok mengandung banyak bahan beracun yang tidak baik untuk kesehatan organ dalam seperti paru-paru, hati dan jantung. Jika hal ini terus-terusan dilakukan, maka tidak lain banyak penyakit yang menantinya. Selain itu juga, seringkali mengkonsumsi alkohol juga berdampak buruk pada kesehatan ginjal, ada baiknya anda untuk menghindarkan hal ini.

Sampai disini dulu informasi dari kami mengenai tips hidup sehat untuk orang lanjut usia atau Lansia, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya yang penasaran dengan cara menjaga kesehatan bagi mereka yang sudah tua. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. 

Demikian tips menjaga hidup sehat ini kami bagikan, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Cara Koneksikan Pembayaran Halodoc dengan Gopay
Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan
Antara Blog dan Google AdSense
Cara Cek Status Program Vaksinasi Covid-19 Anda
Cara Daftar Antrian Vaksin Covid-19 di Aplikasi Halodoc
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Cara Top Up DANA Lewat Mandiri Livin Terbaru
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA

Ada 0 Komentar di "Tips Menjaga Hidup Sehat Untuk Orang Tua Lanjut Usia"


Tinggalkan Komentar Disini