Cara Mengatasi Komputer yang Hidup Mati Berulang Ulang, Silakan Cek Hardware!

Cara Mengatasi Komputer yang Hidup Mati Berulang Ulang, Silakan Cek Hardware!
Picture by : #
05 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Troubleshooting komputer merupakan adanya terjadi masalah pada komputer, dikarenakan ada bagian komponen yang sudah tidak dapat digunakan lagi, sistem troubleshooting adalah menganalisa dari perangkat dan gejala gejala yang di timbulkan mulai layar tidak tampil, bunyi beep komputer, restart otomatis, tidak dapat di shutdown dan lain lain, akibat yang di timbulkan tersebut kita dapat menyimpulkan beberapa analisa mulai dari percobaan pelepasan komponen untuk di coba satu persatu tanpa harus booting ke sistem operasi. Langkah langkah ini banyak digunakan di kalangan servis komputer, bahkan dibongkar semua kemudian dites komponennya satu persatu.

Komponen utama dari sebuah PC adalah monitor, motherboard, prosessor, ram, hardisk dan power supply, semua komponen ini memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat di katakan sebagai Personal Computer atau sering di singkat menjadi PC. 

Troubleshooting kali ini penulis akan merangkum atau menjelaskan Cara Mengatasi Komputer yang Hidup Mati Berulang Ulang tanpa ada sebab kerusakan yang fatal.


1. Masalah

Masalah komputer yang hidup mati berulang ulang tanpa jeda, pasti ada penyebab yang di timbulkan dari pemakaian tersebut, mulai dari komputer tidak di shutdown dengan normal, suhu ruangan yang panas dan tidak adanya kipas pendingin komputer.

Masalah lain adalah tidak di shutdown komputer dengan benar alias menekan tombol power pada cpu sehingga komputer mati secara di paksa, sebelum melangkah lebih jauh kita harus mengetahui riwayat komputer sebelumnya gejala dan apa yang sering dilakukan oleh usernya dan masalah ini mengakibatkan booting up komputer tidak normal.


2. Trooubleshooting

Lakukan troubleshooting dengan cara melepas bagian dari beberapa komponen, kemudian lakukan pengecekan dengan menghidupkan tanpa mejalankan sistem operasi. Komputer yang mengalami restart sendiri dengan hidup mati berulang ulang ada kesamaan masalah yang terjadi, kali ini penulis mendapati komputer yang hidup mati berulang ulang dalam hitungan beberapa detik.

Jelasnya seperti ini, mati kemudian jeda beberapa detik antara 1 sampai dengan 2 detik kemudian hidup kembali dan berulang ulang terus menerus, dan tidak dapat di matikan lewat hard shutdown dengan menekan tombol power lama.

3. Solusi dan Cara Memperbaiki

Sesuai dengan gambar cover artikel ini, bahwa komponen yang bermasalah terletak pada RAM, kejadian ini apabila keadaan memori komputer didapati ada 2 keping memori, dimana ada salah satu mengalami kerusakan, cara mengetahui mana yang rusak atau tidak adalah silakan cek satu persatu dengan menghidupkan komputer kemudian pasang salah satu memori yang akan di coba.

Solusi ini saya dapati pada saat terjadi masalah pada komputer disalah satu rekanan penulis, dan sebagai bahan informasi perangkat yang digunakan adalah Motherboard Asus, Prosessor Intel Core i5, Ram Kingston 16 GB 2 Keping, Hardisk Seagete 500GB, Sistem Operasi Ubuntu Server 14.04. Komputer ini dijadikan sebagai server skala usaha kecil menengah dalam menangani transaksi pembayaran setiap harinya.

 

Demikian troubleshooting ini kami bagikan, Semoga bermanfaat



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 5 Komentar di "Cara Mengatasi Komputer yang Hidup Mati Berulang Ulang, Silakan Cek Hardware!"

Pengunjung Wibloog
sun 09 Januari 2021 | 09:17:11
kejadian yangsama terjadi pada komputer saya hidup mati hidup lagi dengan sendiri, kemudian muncul 3 pilihan operasi yaitu dengan menekan f1, f2 dan f3. mohon solusinya bang !
Admin Wibloog
admin@wibloog 09 Januari 2021 | 19:49:34
Coba cek satu-satu hardwarenya bg, mulai dari memorinay terlebih dahulu, tapi jangan hidupkan tanpa OS, cabut kabel power hddnya agar tidak error osnya.
Pengunjung Wibloog
Aliya 24 Mei 2021 | 11:27:01
Nak tnya laptop bila tekan turn on dia hidup lepas itu dia off terus..bila tekan turn on dia hidup pulak lepas tuh off lagi..tak tahu apa masalah dia
Admin Wibloog
admin@wibloog 25 Mei 2021 | 06:04:48
Cuba cek ramnya, atau Cuba cek kipas prosesornya jalan kah, panas berlebih bisa mengakibatkan komputer mati, atau sebelum masuk ke osnya cek temparaturenya. Banyak faktor sebenernya.
Pengunjung Wibloog
Elga 07 Juli 2021 | 12:36:00
Bang pc saya sya tekan tombol on tapi hidup kipas 2 detik habis iti mati lagi gitu terus, kadang hidup lama tapi gk muncul di monitor, ram sudah saya bersihkan, colokan ke hdd dan ssd sudah di bersihkan juga tapi tetap gk bisa nyala. Tolong bang 🙏
Admin Wibloog
admin@wibloog 07 Juli 2021 | 22:28:13
Coba cek PSUnya, ini sepertinya ada masalah kelistrikan.
Pengunjung Wibloog
Dian Saputra 09 Juli 2021 | 14:51:15
Kasus ny serupa, klo kita nyalain mati lagi jeda 1-2 detik nyala mati gtu terus, dengan kondisi hardisk dan VGA kita lepas masih tetap sama. RAM sudah dibersihkan, thermal paste juga udh diganti. Kira2 knp ya gan? PSU juga baru diganti yg baru
Admin Wibloog
admin@wibloog 09 Juli 2021 | 20:54:24
Nah ini uda di coba cek ganti ram, atau pinjem ram temen yang sama, hidupkan tanpa hardisk terpasang.
Pengunjung Wibloog
Fadli Hidayah 12 Oktober 2021 | 12:10:25
saya baru bangun PC dan semua perangkat nya baru.
PSU saya menggunakan silverstone 1200W, Mobo MSI Z590 Carbon, Ram 32 Corsair, VGA RTX 3060, tp kenapa kalo pas dihidupkan suka mati dulu 1 detik yah gan lalu bisa normal.
mohon info nya yah
Admin Wibloog
admin@wibloog 12 Oktober 2021 | 13:59:20
Cek jumper powernya, coba silakan hidupkan secara manual, normal apa tidak, nah ini biasnya terletak pada pin sambungan power button. Semoga membantu. Terima kasih sudah komentar di blog kami.

Tinggalkan Komentar Disini