Perbedaan Cetak Menggunakan Dokumen PDF dan HTML di Printer Dot Matix

Perbedaan Cetak Menggunakan Dokumen PDF dan HTML di Printer Dot Matix
Picture by : #
04 Mei 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Teknologi cetak mencetak saat ini sudah sangat berkembang khususnya printer dot matrix, printer seri ini masih banyak di gunakan diberbagai perusahaan retail maupun perusahaan skala besar, banyak persuhaan menggunakan printer jenis ini disebabkan untuk mencetak segala urasan yang berkaitan dengan invoice dan struk, dimana hasil cetakanya bisa menggunakan beberapa rangkap sekaligus dalam satu kali cetak.

PDF (Portable Document Format) merupakan halaman dalam dokumen atau berkas yang memiliki akurasi dan posisi yang tetap, file ektensi PDF di buat oleh perusahaan Adobe, dimana dokumen portable ini sangat berguna untuk mengirim data dalam bentuk digital.

HTML merupakan bahasa untuk membuat sebuah halaman web,  sebagian dari kita pasti pernah membuka sebuah halaman web menggunakan browser, dengan url tertentu, HTML sendiri memiliki singkatan yaitu Hypertext Markup Language, bahasa ini sangat populer dikalangan web desaigner.

Pernahkan anda mencetak sebuah halaman web HTML dan PDF ke printer dot matrix ? jika sudah pernah, pasti ada mengalami beberapa kendala seperti ukuran kertas tidak sesuai, huruf yang dicetak terlalu besar atau teralu kecil, hasil cetakan terputus bila ada kolom tabel dan kertas menggulung.  Kelemahan dari cetak menggunakan halaman web HTML pasti akan mengalami perbedaan disetiap browser yang di gunakan dan tidak mungkin bisa sama, karena memiliki kekurangan dan kelebihan di setiap masing masing browser.


Pengaturan Jenis Kertas dan Pixel

Untuk kegiatan cetak invoice maupun struk tagihan dalam bentuk web HTML, bisa menggunakan setingan pada artikel sebelumnya di Cara Setting Cetak Printer Dot Matrix LX 300 Agar Tidak Menggulung, cara ini bisa di implementasikan di berbagai platform jenis dokumen, mulai dari PDF dan HTML.

Beberapa setingan untuk cetak document dalam bentuk web HTML yang perlu diperhatikan adalah posisi margin halaman dan catatan kaki serta ukuran persentase yang akan di cetak, karena halaman yang ada pada HTML itu dinamis disetiap browser itu berbeda, sebelum melakukan cetakan dokumen pastikan kembali hasil previewnya. Kekurangan mencetak dari format web HTML ke printer dot matrix adalah harus melakukan setingan margin, dengan menysuaikan setiap browser yang berbeda.

 


Berbeda dengan dokumen PDF yang memilki format tetap, yang dapat memudahkan urusan cetak mencetak, jika memnggunakan dokumen PDF, yang perlu di setting hanya jenis kertas dan ukuran pixel pada printer dot matrix. Pada halaman dokumen PDF bisa dibuka dengan menggunakan browser, untuk cetaknya sendiri dapat melalui menu print pada halaman dokumen disebelah kanan atas.

Selain itu dapat langsung menggunakan tombol shorcut CTRL + P. Selain halamannya bersifat tetap, dokumen PDF tidak akan berubah posisi /marginnya jika menggunakan berbagai macam browser. Para developer banyak memilih tampilan menggunakan dokumen web HTML karena lebih mudah membuat cetakan/laporan dibanding dengan menggunakan dokumen PDF. Pembuatan dokumen PDF membutuhkan plugin PDF, untuk akurasi dan tata letak layout yang sesuai disarankan menggunakan dokumen PDF.


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Perbedaan Cetak Menggunakan Dokumen PDF dan HTML di Printer Dot Matix"


Tinggalkan Komentar Disini