Pilih Mana Arduino atau Raspberry Pi untuk Perangkat Smart Home Anda

Pilih Mana Arduino atau Raspberry Pi untuk Perangkat Smart Home Anda
Picture by : #
27 April 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Smart home dapat diartikan sebagai rumah pintar, yang memiliki perangkat berteknologi tinggi yang di gunakan di rumah maupun gedung, yang dapat mengendalikan peralatan maupun perlengkapan dari jarak dekat maupun jarak jauh dengan bantuan berbagai konektivitas seperti internet dan alat micro-controller yang telah terpasang.

Selain menggunakan aneka solusi yang dibuat oleh perusahaan atau vendor, sebenernya kita juga bisa membuat sendiri aneka peranti smart home ini. Dengan menggunakan Arduino, Raspberry Pi, atau Galileo sebagai control centernya, anake peranti smart home akan bisa dibangun dan di kembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Untuk membuat perangkat berbasis Arduiono atau Raspberry Pi, sebelumnya, Anda harus kudupinter sepintas memahami perbedaan keduanya termasuk kemampuan yang di tawarkan oleh keduanya. Sebagai informasi, Arduino merupakan micro controller sedangkan Raspberry Pi merupakan perangkat yang memiliki sistem-on-a-chip (SoC). Raspberry Pi, contohnya, bisa juga dipakai sebagai komputer dengan kemampuan penuh.

Micro -controler sendiri memiliki CPU berdaya rendah serta memori dalam satu chip. Micro-controller tidak di rancang untuk menjalankan operasi yang kompleks dalam waktu yang bersamaan. Sementara perangkat SoC memiliki daya komputasi yang lebih bertenaga.


Karena itu, memilih apakah akan menggunakan Arduino atau Raspberry Pi sangat tergantung pada proyek seperti apa yang akan di bangun atau dibuat. Namun demikian Anda bisa menggunakan perangkat micro-controller jika perangkat perangkat smart home Anda harus bereaksi secara real-time. Pasalnya, jika menggunakan perangkat SoC, akan ada banyak proses yang di jalankan di latar belakang (misalnya menghapus dan menulis buffer, menulis log sistem, mengumpulkan aktivitas yang harus di kerjakan dan seterusnya).

Perangkat berbasis micro-controller juga cocok untuk di tanam di perangkat lain (embedded) misalnya pada kulkas (membuat kulkas cerdas) atau pada oven microwave (membuat oven cerdas). Perangkat ini juga cocok untuk proyek smart home  yang hanya menjalankan satu aktivitas tertentu.

Semetara perangkat berbasis SoC akan cocok dipakai jika proyek Anda membutuhkan banyak micro-controller yang harus bisa berkomunikasi satu sama lain. Ini karena perangkat basis SoC bisa menerima masukan dari berbagai micro-controller, mengolah data tersebut, dan mengirimkan kembali perintah ke micro-controller untuk menjalankan beberapa tugas yang lain.

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga menambah wawasan bagi pembaca tentang Ilmu Pengetahuan Teknologi



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Pilih Mana Arduino atau Raspberry Pi untuk Perangkat Smart Home Anda"


Tinggalkan Komentar Disini