Review dan Tips singkat mobil Eks Taksi yang layak diperhitungkan, Toyota Etios.

Review dan Tips singkat mobil Eks Taksi yang layak diperhitungkan, Toyota Etios.
Picture by : #
13 Maret 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Baru-baru ini penulis membeli 3 buah unit Etios Sedan eks taksi Eagle yang bermerk Toyota Etios. Jadi pada artikel ini penulis ingin memberi sedikit review tentang mobil yang sedang ramai dibicarakan di media sosial dan sempat trending di Video Youtube oleh channel Ridwan Hanif Rahmadi.

Awal mula pembelian eks Taksi.

Jadi begini ceritanya, waktu itu saya ingin merenovasi mobil tua Suzuki Katana tahun 1995 yang rencananya akan dipakai mudik lebaran tahun 2020. Saya mengumpulkan sedikit tabungan senilai sekitar 10 juta rupiah. Niat saya ingin menyehatkan kembali mobil tersebut sehingga layak dipakai untuk perjalanan jauh.

Lalu di awal November 2019, kami mengadakan acara keluarga di rumah saya, yang kebetulan sepupu saya ikut datang pada acara tersebut. Ya namanya acara keluarga pasti ada pembicaraan-pembicaraan mengenai mobil dan sebagainya. Kemudian sepupu saya bilang, bahwa lebih baik mobil suzuki katana saya dijual saja ketimbang direstorasi, karena ada mobil eks Taksi yang sedang menjual unitnya yang cukup gress dengan harga miring. Kebetulan sepupu tersebut membawa mobil Etios tahun 2013 sehingga saya pun tertarik ingin meminang mobil tersebut. Alih-alih merestorasi suzuki katana saya malah banting setir ke mobil Eks Taksi Etios yang harganya cukup terjangkau. Akhirnya Suzuki Katana nya pun dijual.

(tampilannya butek sekali yah 😁)

Beginilah keadaanya sewaktu masih di pool, banyak ditumbuhi tanaman dan lumut, saya yakin pembaca tidak selera melihatnya. Jadi mobil ini di tes nyalakan di poolnya dan suaranya masih halus, padahal sudah tidak dioperasionalkan selama kurang lebih 3 tahun. Unit pembelian di medan dan harga yang ditawarkan waktu itu adalah di kisaran 37-38,5 juta rupiah per unit tergantung kondisi.

(Gambar : Penampakan mesinnya yang masih sangat bagus dan mulus, hanya perlu di cek oli dan salon)

Setelah mobilnya kami bawa pulang, ternyata ada masalah sedikit pada kampas kopling, karena menekan agak terlalu dalam. Wajar sih, karena pemakaian kendaraannya sudah 100 ribu km. Jadi saya memutuskan untuk mengganti kopling set original seharga 3 jutaan. Untuk pemakaian mobil ini sangatlah irit. Dengan mesin yang bertenaga 1500 cc, cukup nendang akselerasinya. Suspensi shock breaker unit yang saya dapatkan untungnya masih aman dan sehat, sehingga tingkat peredamannya juga masih mumpuni.

Yang perlu diperiksa ketika membeli Etios eks Taksi adalah:

1. Kopling dan kaki-kaki, periksa apakah menekan kopling nya dalam atau susah dimasukkan, ini pertanda kampas sudah mendekati keausan. Dari ketiga mobil ternyata 2 mobil ganti kopling set. Ini wajar karena pemakaian 100 ribu kilometer kampas kopling sudah melewati masa pakai.
2. Periksa rem dan ganti langsung kampas remnya. Harga sekitar 500 ribuan
3. Periksa shock breaker depan dan belakang. kalau ada yang mati harganya sekitar 1 jutaan sebiji
4. Pastikan lampu-lampu menyala semua depan belakang, lampu tangan dan lampu mundur. Jangan lupa klakson, dongkrak dan ban serep pastikan ada.
5. Periksa AC dingin dan AC panasnya (heater), pastikan menyala dan kipasnya bekerja saat dihidupkan.Biarkan mobil panas untuk mengetahui sensor thermostat bekerja atau tidak. Normalnya kalau mesin panas dia kipasnya akan berputar otomatis.
6. Saluran air intake sering longgar, saya perhatikan semua etios eks taksi begitu. Tapi ini bukan masalah besar, bisa diketatkan.
7. Pastikan wiper berfungsi, dan air pencucinya keluar. Punya saya ada yang tidak keluar, tapi dibersihkan bisa normal lagi (tersumbat). Harga wiper sekitar 40-50 ribuan. Mobil ini hanya pakai 1 wiper saja dengan ukuran 24 inch.
8. Periksa aroma dari saluran AC apakah berbau atau tidak, karena bisa saja ada kotoran atau binatang mati/bersarang didalamnya. Karena taksi sudah terduduk 2-3 tahun. Punya saya ada 1 unit yang kena beginian. Ganti filter AC dan salon juga AC nya ditempat servis AC, biasanya kena sekitar 500-800 ribuan.
9. Jangan pakai ban bekas yang dari bawaan mobil, karena sudah tidak layak. Ganti dengan ban baru. Daripada kecelakaan mending keluar uang daripada nyawa taruhannya, harga ban baru sekitar 450-550 ribu.
10. Mobil ini tidak dilengkapi tape mobil dan speaker, kamu bisa beli audio sesuai selera kamu, misalnya headunit android. oh iya untuk headunitnya dia double din ukuran 7 inchi. Slot speakernya ada 4 unit, 2 didepan (dasbor) dan 2 di pintu depan. Satu set lengkap sekitar 2 jutaan.
11. Usahakan (kalau ada) pelat mobilnya tidak mati, jadi tidak keluar uang lebih, saya terlambat menyadari hal ini.
12. Untuk lampu belakang, kalau ada pecah, segera minta diganti.
13. Ini mobil bukan Etios Liva atau Etios valco, tapi Etios saja. Di india sana biasa orang menyebutnya Etios Sedan. Iya ini mobil india, bukan Indonesia. Kalau tidak percaya silahkan googling Etios Liva, pasti yang keluar adalah mobil Etios yang bentuknya hatchback.
14. Periksa lubang yang ada di atap mobil ini, apakah tambalannya bagus, apakah ada bocor atau tidak, karena kalau hujan bisa jadi ada air yang pernah masuk.
15. Mobil ini belum dilengkapi foglamp, power window, dan central lock. Untuk mengupgrade biayanya sekitar 300 ribu untuk foglamp sepasang, 2 juta untuk power window, dan 800 ribu untuk central lock & alarm.
16. Proses cabut berkas, untuk pengurusan sendiri biasanya waktunya sekitar 1 minggu sampai 1 bulanan.
17. Surat rekomendasi (Plat kuning ke hitam) dari dinas perhubungan sekitar 900 ribu, saya diuruskan oleh sepupu saya, jadi harganya mungkin sudah termasuk komisi.
18. Sebelum ubah ke plat hitam, ada baiknya bayar dulu tunggakan pajak nya sewaktu plat kuning, baru diubah ke plat hitam. Karena kalau sudah plat hitam harga pajaknya sudah pasti beda. Kamu bisa irit ratusan ribu rupiah. Untuk pajak taksinya sekitar 500 ribuan (belum termasuk denda, sekitar 200 ribuan) pertahun. Sementara kalau sudah plat hitam pajaknya sekitar 1,5 jt/tahun.
19. Untuk pengecatan ulang, ini mudah ya. Banyak bengkel cat teman2 mungkin udah lebih pro. Pengalaman saya pengecatan untuk Etios ini mulai dari 3 jutaan sampai 9 jutaan, ini variatif sekali harganya ya tergantung detail dan tingkat kerumitan pengecatan, pilihan warna dan kualitas cat, dasar (base), primer dan clier akhir nya. Biasanya yang harga 5 jutaan sudah termasuk premium quality.
20. Proses pengecatan memakan waktu 2 minggu sampai 1 bulan (estimasi), waktu pengecatan kamu bisa memanfaatkan untuk mengurus surat-surat. Oh ya pilih bengkel cat yang bisa mengeluarkan surat resmi (biasanya bengkel cat besar sudah ada), kalau mau di bengkel kecil yang agak murah (menghemat biaya), mereka harus bisa membuat surat yang menyatakan pengubahan warna mobil. Ini perlu untuk BPKB/BBN/STNK kamu nantinya, jadi cat dulu baru surat-surat. Jangan ngurus surat BPKB dulu baru ngecat, nanti kena biaya pajak lagi (pengubahan warna mobil). Kamu bisa irit 600 ribuan. Adalah suatu nilai tambah jika bengkel cat kecil punya koneksi ke asuransi. Jadi mudah (bisa dibantu) mengeluarkan suratnya.
21. Emblem belakang "ETIOS" mobil ek-Taxi itu memang tidak ada dari sononya. Kamu bisa membelinya di olshop seharga 80 ribuan, belum termasuk ongkir.
22. Kunci mobil, hoki-hokian, dari ketiga mobil saya dapat hanya 1 unit yang lengkap sepasang, yang 2 unit lagi hanya diberikan 1 kunci. Memang begitu adanya.

Jadi pada review ini saya juga menyertakan biaya untuk restorasi mobil eks taksi ini:

1. Ban saya ganti dengan merk Bridgestone seharga 500 ribuan, 4 buah.
2. Kopling set, harga 3,2 juta. Sudah lengkap semua dengan pasang.
3. Bubut rem jasa 250 ribu rupiah
4. Wiper ukuran 24 inchi seharga 50 ribu rupiah
5. Service dinamo starter, 300 ribu rupiah
6. Flushing mesin 500 ribu rupiah
7. Service cuci AC 500 ribu rupiah
8. Coolant 80 ribu rupiah
9. Kampas rem 1,5 juta rupiah

Untuk perbaikan tampilan interior dan eksterior supaya makin kinclong (optional).

1. Kaca film 300 ribu rupiah.
2. Head unit (7 inchi) 800 ribu rupiah.
3. Speaker-speaker 1 juta rupiah.
4. Cuci dan salon luar dalam 600 ribu rupiah
5. Cat ganti warna 3,5 juta rupiah
6. Power window 2,2 juta rupiah
7. Fog lamp 350 ribu rupiah.
8. Central lock & Alarm 800 ribu rupiah.
9. Velg OEM copotan 2,4 juta rupiah


Selebihnya biaya-biaya administrasi
1. Surat jalan dari kepolisian 100 ribu rupiah
2. Surat rekomendasi dari dinas perhubungan 1 juta rupiah (sudah include jasa urus)
3. Pajak tunggakan taksi 2 tahun 1,4 juta rupiah
4. Cabut Berkas di kepolisian 3,9 juta rupiah
5. Biaya balik nama 1,5 juta rupiah

Berikut dibawah ini penamakan hasil restorasi mobil toyota etios bekas taksi 

Oke tadi itu mengenai biaya-biayanya. Selebihnya rangkuman dari ulasan ini adalah memang mobil ini sangat worth it untuk dibeli, ketimbang membeli mobil tua tahun 90 an dengan uang 50 juta yang berpotensi lebih rawan sakit-sakitan, mending beli mobil ini ... jauh bedanya. AC nya super dingin, tarikan enteng CC besar, di polisi tidur halus, kabin kedap, terus bbm nya super irit, 100 ribu minyak pertalite bisa bawa anak istri jalan-jalan sampai 5 kali. 😁

 

Sekian tips dan review singkat dari kami. Terima kasih telah membaca.



Artikel Terkait
Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia
Fitur Unggulan Suzuki APV yang Jadi Incaran Keluarga
Suzuki XL5 Pengganti Karimun Wagon R
Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan 5 Tahunan
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic

Ada 0 Komentar di "Review dan Tips singkat mobil Eks Taksi yang layak diperhitungkan, Toyota Etios."


Tinggalkan Komentar Disini