Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Terjaga saat Bersepeda

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Terjaga saat Bersepeda
Picture by : #
06 Februari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Bersepeda merupakan kegiatan berolahraga yang memerlukan stamina dan tenaga saat menggayuh, tidak hanya olahraga bersepeda yang membutuhkan stamina dan tenaga tetapi olahraga lainya juga membutuhkan akan tetapi memiliki perbedaan dalam mengelola dan menjaga kebugaran badan agar tetap bersemangat. Trend bersepeda belakangan ini menjadi salah satu hobi yang dijadikan sebagai kegiatan untuk menjaga kesehatan baik itu untuk jantung maupun otot.

Menjaga stamina saat bersepeda adalah hal yang penting, dikarenakan untuk mendapatkan jarak tempuh yang di inginkan misalnya dari rumah ke kantor dan sebaliknya atau lagi ikut bareng temam teman sepeda dengan rute yang tidak biasanya dengan menempuh jarak yang jauh.

Ingin berolahraga yang sehat pastinya di barengi dengan pola makan yang sehat, mengatur waktu tidur yang tepat, penggunaan suplemen dan lain lain.

Penulis akan memberikan beberapa tips yang harus dijaga agar tubuh kita memiliki stamina yang cukup saat bersepeda, penulis sendiri sangat sering menggunakan sepeda sebagai alat transportasi harian dari rumah ke kantor. Awalnya hobi naik sepeda dari kecil dan akhirnya bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang memiliki manfaat bagi kesehatan dan mengurangi polusi udara.

Berikut di bawah ini bagaimana caranya Menjaga Stamina Agar Tetap Terjaga saat Bersepeda

1. Pola Makan yang Sehat


Pola makan sehat menjadi hal utama untuk meningkatkan stamina tubuh, seperti makan buah, daging dan sayuran yang memiliki kalori energi yang baik untuk di serap oleh tubuh. Pola makan juga bisa diatur dengan menentukan jadwal makan yang tepat setiap harinya dengan beberapa tambahan makanan alami seperti buah pisang, pepaya, pear, apple, mangga dan lain lain.

Minum susu murni sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh mulai dari pertumbuhan tulang, menyehatkan jantung dan membantu pembentukan masa otot, hal ini sangat dianjurkan bagi para pesepeda professional maupun pengguna sepeda harian.

2. Waktu Tidur yang Cukup

Istirahat yang cukup dengan tidur lebih awal maksimalnya mulai dari jam 10:00 malam, waktu tidur yang cukup dapat membantu memulihkan tenaga dan stamina agar dapat semangat saat bangun di pagi hari. Hindari bergadang dimalam hari karena dapat menurunkan stamina fisik dan menjadi drop.

3. Latihan dan Pemanasan yang Tepat


Pemanasan atau peregangan badan sebelum menaiki sepeda, seperti peregangan otot otot kaki, leher, tangan dan pinggang. Selanjutnya yaitu latihan bersepeda dengan bertahap dari jarak rute terdekat agar tidak kaget saat menempuh jarak yang jauh.

4. Peralatan Minum

Sediakan peralatan minum seperti botol isi air putih atau minuman kemasan pengganti ion yang dapat membantu stamina agar tetap terjaga saat dijalan.

5. Posisi Bersepeda

Pastikan posisi bersepeda yang kita gunakan senyaman mungkin dan enak saat di naiki seperti posisi tinggi sadel, posisi handlebar dan posisi kaki, karena sangat mempengaruhi gerakan saat bersepeda agar tidak terjadi pegal, kram dan otot kaku, istilah ini sering disebut dengan bike fit yang menyesuaikan dengan ukuran tubuh kita.

6. Mengatur Ritme

Mengatur ritme bersepeda saat di jalan dengan cara mengayuh tekan dan tarik dengan tekanan bergantian saat berakselerasi, usahakan melatih menggunakan gear tetap dengan kecepatan yang sama. Jika ingin menambahkan kecepatan atau sprint usahakan dalam kondisi 100% fit dan tidak dalam posisi kelelahan.

7. Perlengkapan Sepeda

Gunakan perlengkapan atau aksesoris sepeda seperti sarung tangan, helm, sepatu dan jersey untuk membantu kenyamanan dan performa saat bersepeda.

 

Demikian tips ini kami bagikan, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
Jadwal Balapan Motor WSSP300, Supersport, WSBK Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Terjaga saat Bersepeda"


Tinggalkan Komentar Disini