Tips Cara Belanja di Marketplace Jual Beli Online agar Tidak Rugi dan Tertipu

Tips Cara Belanja di Marketplace Jual Beli Online agar Tidak Rugi dan Tertipu
Picture by : #
04 Februari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Marketplace adalah salah satu lapak atau tempat untuk jual beli yang difasilitasi untuk melakukan tranksaksi barang dagang, konsep ini banyak dilakukan secara onlline dan gratis mulai dari sistem penggunaan merchant, pembayaran, pengiriman dan aturan aturan lainya yang diatur oleh pemilik tempat. Sistem marketplace ini sama halnya dengan pasar pasar tradisional yang banyak dijumpai di berbagai kota dan daerah hanya saja pembayaranya diserahkan pada masing masing pedagang.

Marketplace jual beli online ditanah air menggunakan sistem pembayaran yang unik dimana dana yang dibayarkan dari pembeli dipegang dulu oleh pemilik tempat marketplace atau sering disebut dengan rekber yaitu rekening bersama, kemudian selanjutnya akan di teruskan dananya kepada pelapak setelah barang benar benar di terima oleh pembeli.

Kemudahan dalam pebayaranpun sangat beragam mulai dari transfer lewat bank, gerai mini market yang telah bekerjasama, pembayaran pihak ketiga, menggunakan dompet virtual dan payment lainnya.

Sebagian pembaca pasti tidak asing lagi dengan website jual beli onlline marketplace di tanah air yang memfasilitasi tempat atau lapak untuk berjualan secara online seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shoope, mereka menjadi salah satu tujuan banyak orang untuk berbelanja, berbelanja di marketplace jual beli online berbeda dengan belanja di pasar tradisional maupun di minimarket, karena memiliki beberapa aturan mulai dari pembayaran dan metode pengiriman dilakukan secara online.

Berikut dibawah ini Tips Cara Belanja di Marketplace Jual Beli Online agar Tidak Rugi

1. Website Jual Beli Online Terpercaya


Pastikan website yang pembaca kunjungi merupakan online shop yang sudah terpercaya dan memiliki rating yang baik, seperti alamat pemilik website atau kantor, nomor telpon yang dapat dihubungi, email dan memiliki tempat pengaduan jika ada masalah terjadi.

2. Kemanan Situs

Website yang memiliki reputasi baik memiliki kemanan seperti sudah menggunakan HTTPS atau SSL, sudah memiliki sistem OTP saat melakukan verifikasi login dan pastikan url yang di akses benar benar alamat yang di tuju.

3. Gunakan Informasi Pribadi Secukupnya


Pastikan tidak memberikan informasi pribadi kita secara gamblang atau sembarangan, karena bisa saja data data pribadi yang kita berikan dapat di salah gunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Lapak Terpercaya

Website marketplace jual beli online pasti memiliki banyak ribuan pelapak yang tersebar di seluruh Indonesia, pastikan lapak yang anda kunjungi memiliki rating dan ulasanya yang positif, dan memiliki pelanggan yang pernah membeli barang di lapak tersebut, sehingga feedback tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk membeli barang.

5. Perhatikan Ongkir

Ongkos kirim atau sering di singkat menjadi Ongkir adalah biaya yang ditimbulkan akibat pengiriman dari lapak ke pembeli. Jikan akan melakukan transaksi jual beli di sebuah marketplace, perhatikan merchant atau toko tidak lebih dari satu mengingat jika membeli barang lebih dari satu tempat merchant atau lapak, maka biaya ongkir akan bertambah. Usahakan cari lapak yang benar bener membeli kebutuhan semuanya ada di lapak tersebut.

6. Pembayaran

Silakan gunakan pembayaran dengan berbagai metode, sebelum memilih metode pembayaran ada baiknya kita mengerti teknik pembayaranya, misalkan transfer ke rekening persuhaan marketplace yang kita kunjungi dan jangan lupa untuk pembayaran biasanya menambahan beberapa digit unik di akhir nominal yang akan di bayar.

7. Simpan Transaksi

Simpan transaksi pembelian baik itu transaksi order barang dari pelapak, yang paling penting adalah simpan struk pembayaran sampai barang benar benar sampai di alamat yang dituju.

Struk pembayaran yang digunakan sangat bermanfaat jika pembeli mengalami kesalahan pembayaran maupun kesalahan lainnya yang tidak dapat di duga, sehingga dapat dilakukan pelaporan/komplain berdasarkan bukti tersebut. 

8. Pastikan Barang Sesuai Pesanan

Pada bagian terakhir adalah pastikan pesanan barang yang diterima sesuai dengan order dari pelapak, dan barang yang diterima dalam kondisi tidak cacat. Jika barang sesuai order maka langsung proses barang terima, jika barang bermasalah maka silakan ajukan komplain.

Demikian tips ini kami bagikan, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Cara Koneksikan Pembayaran Halodoc dengan Gopay
Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan
Antara Blog dan Google AdSense
Cara Cek Status Program Vaksinasi Covid-19 Anda
Cara Daftar Antrian Vaksin Covid-19 di Aplikasi Halodoc
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Cara Top Up DANA Lewat Mandiri Livin Terbaru
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA

Ada 0 Komentar di "Tips Cara Belanja di Marketplace Jual Beli Online agar Tidak Rugi dan Tertipu"


Tinggalkan Komentar Disini