Pilih Mana Helm Full Face atau Half Face untuk Dijadikan Sebagai Helm Harian

Pilih Mana Helm Full Face atau Half Face untuk Dijadikan Sebagai Helm Harian
Picture by : #
01 Februari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Helm merupakan salah satu perlengkapan motor yang wajib digunakan saat berkendara pada rute jauh maupun dekat, selain perlengkapan motor helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan yang keras. Helm memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan apalagi penggunaan helm saat berkendara telah diatur oleh undang undang keselamatan dalam bermotor. Jumlah pengguna jalanan umum roda dua dibtanah air terbilang sangat banyak seperti di kota kota besar jakarta, surabaya, bandung, medan dan yogyakarta yang memiliki jumlah pengguna roda dua paling banyak.

Pertumbuhan pengguna motor roda di Indonesia yang semakin meningkat, disamping itu perlu edukasi tentang standar keselamatan dalam berkendara, selama ini saya belum menemukan buku pedoman tentang edukasi keselamatan yang dikeluarkan oleh pabrikan motor walupun undang undang keselamatan telah di atur di undang undang. Flashback motor jaman lawas, pada saat orang tua saya membeli sepeda motor Honda Astrea Star di tahun 90-an ada buku pedoman panduan tentang cara teknik penggunaan motor, perawatan motor, panduan servis berkala dan cara mengedarai motor dengan benar dibuku tersebut, membuktikan bahwa aturan tersebut telah di tambahkan di dalam buku pedoman motor.

Perangkat helm saat ini telah memiliki aturan yaitu dengan menggunakan standar pengujian SNI - Standar Nasional Indonesia, Helm SNI adalah helm yang telah tersertifikasi kualitasnya oleh badan standarisasi yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia. Helm tersebut telah memenuhi kriteria material dan konstruksi yang digunakan, serta telah lolos berbagai tahapan pengujian[4]. Berkaitan dengan desain dan bentuk helm telah diatur dalam SNI No.1811 Tahun 2007. Dalam lembar keputusan tersebut disebutkan bahwa spesifikasi yang harus dipenuhi helm sehingga mendapatkan sertifikat SNI.

Sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 pasal 57 Ayat 1 dan 2, yaitu[5]:

Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.
Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.
Disebutkan juga dalam Undang-Undang yang sama pada pasal 106 ayat 8 bahwa: 'Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional'[6].

Pilih Helm Half Face atau Full Face untuk Harian


Pemilihan jenis helm pasti memiliki perbedaan baik itu desain bentuk dan kesalamatan, beberapa helm yang beredar memiliki tipe atau jenis full face dan half face. Helm full face memiliki desain yang sporty dan memiliki proteksi penuh mulai dari posisi depan dan sampai di bagian belakang kepala.

Helm full face merupakan bentuk desain helm yang memiliki proteksi full terhadap kepala, sebagian orang jarang menggunakan helm full face ini sebagai harian, akan tetapi jika menggunakan helm full face akan terasa nyaman, kedap suara dari luar dan safety. Helm full face juga sangat cocok untuk motor motor bebek maupun metik saat ini, walaupun banyak mendominasi penggunanya di kelas kelas motor sport.

Penulis sudah bertahun tahun menggunakan helm full face baik itu digunakan harian maupun perjalanan jauh, pengalaman yang penulis dapatkan menggunakan helm full face adalah terasa sangat nyaman, full proteksi dan terhindar dari benturan benturan kecil dijalanan.

Helm halface salah satu helm yang paling banyak digunakan dikendaraan bermotor roda dua di tanah air, berbagai merek, jenis dan desain. Selain banyak digunakan helm half face merupakan jenis helm yang sangat simpel dan mudah digunakan.  

Dibalik desain dan bentuknya yang half face memiliki kelebihan tersendiri yaitu banyak digunakan di berbagai jenis motor bebek karena desainnya yang minimalism, selain minimalis helm half face merupakan helm pavorit yang banyak digunakan bagi kaum hawa.

Helm half face memiliki proteksi yang berbeda dengan helm full face, proteksi pada helm half face hanya pada bagian atas kepala dan bagian belakang dan samping, pada bagian depan hanya proteksi dengan menggunakan visor yang dapat dibuka tutup.

Pemilihan half face dan full face tergantung dari kondisi dan motor yang digunakan, akan tetapi alangkah lebih baiknya gunakanlah merek helm yang sudah teruji oleh badan standarisasi, atau paling tidak sudah memiliki standar helm SNI yang digunakan.

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 0 Komentar di "Pilih Mana Helm Full Face atau Half Face untuk Dijadikan Sebagai Helm Harian"


Tinggalkan Komentar Disini