Fungsi Water Coolant Radiator Pada Motor Yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Water Coolant Radiator Pada Motor Yang Perlu Anda Ketahui
Picture by : #
31 Januari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Suhu panas yang ditimbulkan pada mesin motor adalah sesuatu hal yang wajar dikarenakan mesin bekerja dengan baik yang ditumbulkan dari sistem pembakaran pada mesin. Awal awal mula mesin motor di ciptakan belum ada teknologi sistem berpendingin cairan, hanya mengandalkan hembusan angin pada saat berkendara dijalanan. Hembusan angin merupakan salah satu alternatif pada motor motor lawas untuk membantu mengurangi panas yang mengarah kepada mesin, pasti pembaca menemui motor motor lawas yang tidak memeiliki teknologi berpendingin khusus seperti radiator.

Beberapa dari desain motor lawas biasanya menggunakan teknik aero yang mengalirkan arah angin kemesin, teknologi ini menjadi salah satu yang paling penting dalam membantu meredam suhu panas yang ditimbulkan oleh mesin saat melaju, saat ini teknologi tersebut masih digunakan dibeberapa motor sport khususnya di ajang balapan motor, guna untuk meningkatkan performa motor saat balapan. 

Pabrikan pabrikan motor selalu memikirkan bagaimana cara menjaga daya tahan mesin motor agar tetap prima, yaitu dengan teknik hembusan angin dari luar, akan tetapi teknik ini tidaklah cukup untuk digunakan, dikarenakan motor membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dan menempuh jarak yang jauh.

Motor berpendingin menggunakan radiator dengan menambahkan bahan cairan air khusus merupakan salah satu metode yang sangat tepat untuk membantu meredam panasnya mesin.


Era saat ini banyak motor menggunakan teknologi berpendingain Water Coolant Radiator, yang berfungsi membantu meredam panas. Berpendingin radiator biasanya digunakan pada motor motor berkompresi tinggi, tidak heran jika motor motor sport sudah dibekali dengan teknologi berpendingin cairan, tidak hanya pada motor sport saja akan tetapi pada motor yang memiliki kapasitas mesin rendah juga dibekali sistem water coolant radiator.

Mesin berkompresi tinggi akan menghasilkan panas yang tinggi pula, hal ini yang menyebabkan banyak motor menambahkan sistem berpendingin cairan.

Fungsi Water Coolant Radiator pada Mesin

Fungsi utama dari water coolant radiator adalah meredam panas pada mesin, air radiator pada motor biasanya menggunakan bahan mulekul cairan khusus yang didesaian untuk meredam panas, cairan akan berfungsi apabila mesin dalam keadaan panas, dan cairan tersebut akan berjalan melalui saluran selang yang mengarah pada mesin secara otomatis, sehingga panas yang ditimbulkan dari mesin dapat diserap oleh cairan yang kemudian di alirkan pada radiator.

Siklus cairan water coolant dari radiator ke mesin dan balik lagi ke radiator membuat mesin tetap terjaga pada suhu tertentu, sehingga performa mesin tetap prima.

Apa jadinya jika mesin motor yang memiliki berpendingin radiator tidak menggunakan cairan yang cukup atau menggunakan cairan yang tidak sesuai atau barangkali tidak menggunakan cairan sama sekali, maka hal ini bisa saja terjadi kerusakan pada mesin yang diakibatkan overheat (panas yang berlebih) yang ditimbulkan oleh mesin.

Cairan water coolant radiator memiliki batas indikator minimal dan maksimal penggunaan cairan agar membantu kontrol cairan yang digunakan pada motor.

Kekurangan cairan pada radiator dapat menyebabkan kerusakan yang sangat fatal yaitu kerusakan pada water pump radiator sehingga cairan dapat masuk dengan mudah kedalam mesin, hal ini sering sekali terjadi.

Cara Perawatan Water Coolant Radiator agar Tetap Terjaga


Tips dan cara agar water coolant radiator tetap terjaga dikondisi normal dan tidak terjadi overheat pada mesin.

  • Selalu melakukan pengecekan batas minimal dan maksimal tabung isi cairan radiator
  • Pastikan sensor panas pada kipas berjalan dengan normal
  • Gunakan cairan water coolant yang di sarankan oleh pabrikan motor
  • Gunakan komponen komponen yang standard
  • Silakan tambahkan cairan jika isi tabung radiator menunjukan batas minimal 
  • Silakan ganti berkala cairan radiator di bengkel resmi atau bengkel yang Anda tunjuk sendiri
  • Periksa selang radiator yang dugunakan, pastikan penggunaan selang radiator yang berstandar SNI

 

Demikian artikel ini kami bagikan, semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 1 Komentar di "Fungsi Water Coolant Radiator Pada Motor Yang Perlu Anda Ketahui"

Pengunjung Wibloog
Asuransi Mobil Garda Oto 04 Juni 2021 | 10:05:03
terimakasih sudah berbagi informasi.
Admin Wibloog
admin@wibloog 05 Juni 2021 | 07:46:10
Terima kasih kembali sudah berkomentar di wibloog.

Tinggalkan Komentar Disini