Jangan Panik! Tarik Uang di ATM Tetapi Uang Tidak Keluar dan Saldo Rekening sudah Terpotong

Jangan Panik! Tarik Uang di ATM Tetapi Uang Tidak Keluar dan Saldo Rekening sudah Terpotong
Picture by : freepik.com
15 Januari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Apa yang terjadi jika pembaca sedang tarik uang di ATM tetapi uang tidak keluar dan saldo rekening pembaca sudah terpotong, penulis sudah pernah mengalami hal ini sebanyak 2 kali saat akan melakukan tarik tunai uang di ATM tetapi uang tidak keluar. Ada beberapa sebab dan faktor kenapa ATM tidak dapat mengeluarkan uang dan saldo sudah terpotong dan ini bisa saja terjadi.

Mesin ATM adalah alat Anjungan Tunai Mandiri yang didesain untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya dalam melakukan transaksi penarikan, transfer, pembayaran, pembelian dan lain lain. Perlu diketahui bahwa mesin ATM yang sering kita gunakan selalu terkoneksi dengan jaringan internet sehingga dapat terhubung dengan bank pemilik ATM dan bank bank lain untuk melakukan transaksi kapan saja bisa dilakukan, jika ATM yang digunakan tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau sedang terputus koneksinya maka transaksi akan ditolak.

Sebagian dari kita pasti pernah merasakan mesin ATM yang digunakan responya sangat lambat saat melakukan transaksi baik itu tarik tunai, transfer, pembayaran dan lain lain, hal ini disebabkan karena beberapa kendala salah satunya adalah koneksi internet sedang down atau sedang gangguan sehingga mesin ATM lama menerima respon dari server.


Beberapa sebagian orang tidak mengenal secara detail bagaimana mesin ATM itu bekerja, yang terpenting bagi nasabah bisa melakukan transaksi baik itu tarik tunai, transfer, pembelian dan pembayaran. Sebagian nasabah menginginkan Informasi setelah melakukan transaksi adalah hanya perlu mengetahui transaksi tersebut dan saldo akhir rekening yang di milikinya.

Transaksi menggunakan mesin ATM bisa saja terjadi hal hal yang tidak diinginkan atau human error, seperti kartu ATM tertelan, kartu ATM tidak terdeteksi, Kartu ATM Kadaluarsa dan lain lain, apalagi melakukan transaksi yang fatal seperti salah transfer, salah nomor rekening tujuan, salah memasukan jumlah nominal dan masih banyak lagi.

Kali ini penulis akan mengulas mengenai tarik uang di mesin ATM tetapi uang tidak keluar sama sekali dan saldo di rekening sudah terpotong, hal ini pernah penulis alami dan sedikit panik kenapa ATM tidak mengeluarkan uang sama sekali sementara saldo rekening sudah terpotong.

Apa penyebab uang yang di mesin ATM lama keluarnya? Penyebabnya adalah karena permintaan transaksi pada bank tersebut saat itu trafiknya sangat tinggi dari berbagai ribuan user menggunakan media platform mulai dari online payment, mobile banking dan lewat mesin ATM pada waktu yang bersamaan ke server bank.

Lain halnya dengan sistem sedang offline, maka setiap orang yang ingin melakukan transaksi akan di tolak oleh sistem, sehingga mesin ATM mengeluarkan kartu ATM Anda, dengan meninggalkan pesan bahwa saat ini tidak bisa melakukan transaksi.

Trafik yang tinggi membuat respon permintaan menjadi lambat, sehingga pada saat menunggu respon dari mesin ATM, saya tidak sabar dan memencet tombol Cancel (Membatalkan), karena terlalu lama menunggu dan suatu yang tidak wajar hanya untuk transaksi tarik tunai, padahal transaksi sudah masuk, kemudian mesin ATM mengeluarkan kartu dan tidak ada tanda tanda uang akan keluar dari mesin ATM.

Setelah transaksi dibatalkan, saya melakukan pengecekan lewat mobile banking dan ternyata saldo rekening telah terpotong.

Menanggapi kejadian ini, mungkin ada beberapa diantara pembaca terjadi seperti ini, Apakah saldo yang telah terpotongan akan di kembalikan? Jawabanya adalah "Ya", uang akan dikembalikan jika mesin ATM tidak mengeluarkan uang, itu artinya bahwa mesin ATM mengecek ada uang keluar yang tidak terdeteksi dan menghitung kembali uang yang keluar dari mesin ATM dengan transaksi tarik tunai saat nasabah selesai melakukan transaksi.

Bagaimana uang nasabah yang telah terpotong dapat dikembalikan? Mesin ATM akan mengecek transaksi terakhir, kemudian mesin ATM akan mengirim ke server bahwa transaksi tarik tunai dengan nomor transaksi, no rekening, jam dan jumlah telah dibatalkan.

Kemudian pihak bank atau yang berwenang akan mengecek kembali data tersebut untuk diproses, estimasi waktu uang kembali ke saldo rekening yang penulis alami kurang lebih 2 jam sudah kembali masuk otomatis disertai notifikasi SMS.


Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Apakah Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dikenakan Biaya? Berikut ini Ulasanya
Cara Transfer Lewat Livin Mandiri Mobile Terbaru
Ganti Kartu ATM Mandiri Lama Anda Sebelum di Blokir Sampai Juli 2021
Cara Tarik Tunai Bank BSI di ATM Mandiri Dengan Mudah
Cara Transfer Antar Rekening di BSI Mobile Terbaru
Cara Setor Uang di Bank Syariah Mandiri
Cara Bayar di Bukalapak Lewat Virtual Account Bank Mandiri Syariah
Cara Ganti Kartu ATM Mandiri Syariah Lama Anda ke yang Baru
Daftar Kode Bank Transfer Yang ada di Indonesia
Cara Transfer Antar Bank menggunakan Mobile Banking BTN

Ada 1 Komentar di "Jangan Panik! Tarik Uang di ATM Tetapi Uang Tidak Keluar dan Saldo Rekening sudah Terpotong"

Pengunjung Wibloog
Yayan 12 Mei 2021 | 15:36:46
Uang sy telah dicek di ATM ternyata uangy sy masih tetep terpotong..mohon penjelasannya..
Admin Wibloog
admin@wibloog 16 Mei 2021 | 20:10:52
Jika uang tetap terpotong, dan memang benar bahwa uang tidak keluar, silakan konfirmasi ke bank cabang terdekat untuk di lakukan klarifikasi. Terima kasih sudah komentar di wibloog.com

Tinggalkan Komentar Disini