Apa itu Master Data dan Penggunaanya di Database Manajemen Sistem

Apa itu Master Data dan Penggunaanya di Database Manajemen Sistem
Picture by : #
13 Januari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Istilah Master data dikalangan pengembang aplikasi sudah tidak asing lagi terdengar, baik itu pengembang aplikasi dekstop maupun web yang membutuhkan sebuah parameter untuk mendukung sebuah laporan, input data dan proses data. Master databanyak digunakan di berbagai aplikasi ERP Enterprise Resource Planing ) seperti perkebunan, rumah sakit, pemerintahan, logistik, industri dan masih banyak lagi.

Salah satu fungsi lain dari Master data adalah merelasikan dari sebuah satu tabel dengan tabel lain yang ada pada database untuk melengkapi sebuah laporan yang disajikan atau form halaman kerja, contohnya saja pendidikan terakhir. Pendidikan terakhir digunakan untuk melengkapi data pegawai atau karyawan yang tidak dapat digunakan secara manual dalam pelaporan maupun input data.

Penggunaan master data pada sebuah aplikasi sangat membantu dan mempercepat tugas tugas dari suatu pekerjaan untuk meminimalisir kesalahan, kebanyakan master data adalah bersifat tetap dan tidak berubah ubah dan ada juga bersifat dinamis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan sebuah aplikasi, dimana pelaporan data dilakukan secara periode dan pada saat pelaporan tersebut membutuhkan master data secara periode, misalkan saja status keluarga, divisi, jabatan dan lain lain.

Berikut dibawah ini, penulis akan memberikan ulasan penggunaan tentang master data pada sebuah pengembangan aplikasi yang menggunakan penyimpanan database.


Penggunaan Master data

Kali ini penulis akan mencontohkan tabel yang memiliki relasi perperiode dengan salah satu tabel master data, yang menampilkan sebuah pelaporan data pegawai bulanan yang berkaitan dengan bagian atau divisi.

Berikut dibawah ini tabel master data divisi atau bagian :

Pada tabel divisi merupakan tabel master data yang digunakan secara aktual untuk pengimputan data dan data aktual ini nanti akan di relasikan ke tabel divisi secara periode. Berikut dibawah ini tabel divisi periode untuk menampung data secaran perbulan.

Tabel divisi periode ini merupakan salah satu tabel untuk menampung proses setiap bulanya, sehingga setiap menampilkan laporan pegawai bulanan maka tabel divisi periode ini direlasikan ke master data tabel divisi. 

id_divsi direlasikan ke tabel divisi untuk mengambil informasi nama divsisinya, id_pegawai direlasikan ke tabel pegawai untuk mengambil informasi yang berkaitan dengan data karyawan, periode digunakan untuk parameter menampilkan data pegawai bulanan. Jika langsung menggunakan tabel divisi dengan pegawai maka data yang disajikan tidak dapat dilakukan secara dinamis.

Sedangkan master data yang memiliki data permanen atau tetap, harus dipastikan kembali agar tidak terjadi perubahan, contohnya jenis kelamin, agama dan lainnya sehingga tidak harus terjadi perubahan sama sekali.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga bermanfaat



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Apa itu Master Data dan Penggunaanya di Database Manajemen Sistem"


Tinggalkan Komentar Disini