9 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari pada Tahun 2020

9 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari pada Tahun 2020
Picture by : #
11 Januari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Setiap tahun StackOverflow mempublikasikan informasi tentang surve perkembangan developer bahasa pemrograman yang digunakan sepanjang tahun 2019. Informasi ini sekaligus mencakup perkambangan di seluruh dunia termasuk Indonesia yang tidak ketinggalan untuk melihat tren bahasa pemrograman yang akan digunakan pada tahun tahun mendatang, diantaranya adalah web framework, library, tools, databases dan platform di dunia industri.

Hari ini penulis akan membahas tentang bahasa pemrograman paling populer berdasarkan survey di StackOverflow yang sebelumnya penulis juga membuat artikel tentang Tren Bahasa Javascript di Tahun 2020.

Penulis menganalisa perkembangan teknologi bahasa pemrograman yang disurvey terakhir oleh StackOverflow dan menemukan mana bahasa pemrograman yang sedang tren dikalangan para developers profesional, mahasiswa, dan siapa saja yang perlu mempelajari bahasa ini untuk mempercepat karir pembaca dan yang memiliki passion di bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman memiliki peran penting dalam hal perkembangan perangkat lunak, jadi pembaca harus mengetahui yang memiliki passion ini dan bagi yang ingin mempelajari bahasa untuk bekerja di bidang IT pengembangan perangkat lunak. Saat ini ada banyak bahasa pemrograman diluar sana yang memiliki kelebihan dan keurangan jadi harus lebih fokus memilih bahasa yang tepat.

Pada artikel ini penulis memberikan informasi tentang 9 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari, jadi jika pembaca berencana untuk mempelajari bahasa pemrograman silakan baca artikel ini sampai selesai.

 


1. Javascript

Urutan pertama adalah Javascript, Javascript merupakan bahasa yang sangat populer, menurut StackOverflow, berdasarkan penelitian ditemukan bahwa lebih dari setengah pengembang menggunakan javascript.

Saat ini, tampaknya mustahil untuk mengembangkan program tanpa bahasa javascript. Javascript adalah bahasa pemrograman yang ringan. Selain itu, Javascript menjalankan peran penting dalam pengembangan front-end. Menurut beberapa platform media sosial, javascript sangat membantu dalam membuat halaman web interaktif.


2. Phyton

Posisi kedua ada Phyton, Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan di seluruh dunia. Bahasa ini dapat membantu mengembangkan aplikasi web, server jaringan, aplikasi desktop, dan mesin learning. Python adalah pilihan yang sangat baik untuk pemula. Jadi jika ingin berencana untuk belajar bahasa pemrograman baru, maka Anda dapat memilih bahasa python.

3. Java

Bahasa Java dibuat oleh James Gossling pada tahun 1991. Java memiliki fitur JVM (java virtual machine). Karena fitur ini, program yang dibuat oleh bahasa java ini kompatibel cross-platform. Java adalah bahasa pemrograman 99% berorientasi objek. Selain itu, Java menggunakan pengumpulan sampah otomatis dan fitur alokasi memori.

Bahasa ini merupakan bahasa yang sangat populer dikalangan pengembang pada platform mobile dan desktop.


4. C #

Bahasa C # memiliki framework paling fleksibel, yaitu framework Net Core. Selain itu, ini adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan. Bahasa C # dikembangkan dan didukung oleh Microsoft. Ini juga salah satu alasan utama mengapa bahasa ini sangat populer di kalangan pengembang.

5. PHP

Posisi 5 ada bahasa pemrograman PHP, ini merupakan bahasa yang sering gunakan penulis dalam pengembangan aplikasi dan membangun aplikasi yang berjalan diserver side. PHP Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer, selain gratis dan mudah digunakan bahasa ini sangat disukai oleh pemula.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar pengembang web menggunakan PHP untuk mengembangkan aplikasi web.


6. Golang

Go juga bahasa seperti Python. Jadi orang-orang yang menyukai Python juga suka menggunakan bahasa ini. Bahasa Go dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google. Go adalah bahasa yang sederhana, tetapi lebih efisien dibandingkan dengan C ++. Selain itu, Go menyediakan fitur untuk menulis program bersamaan.

7. Typescript

Kita semua tahu tentang bahasa javascript, bahasa typescript juga mirip dengan bahasa javascript. Typescript adalah Javascript untuk pengembangan skala aplikasi. Selain itu, TypeScript juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang kuat.

Bahasa Typescript dikembangkan oleh Anders Hejlsberg, dia juga pencipta bahasa C #. Typescript memiliki fitur Javascript plus beberapa fitur tambahan juga.

8. Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis open-source. Bahasa Ruby dibuat pada tahun 1990 di Jepang. Bahasa ini mulai terkenal karena framework Rails, yang didasarkan pada bahasa Ruby. Bahasa Ruby adalah bahasa tingkat tinggi, tetapi tidak sulit untuk belajar perbandingan bahasa pemrograman ruby dengan bahasa lainya.

9. C ++

C ++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel dibuat pada tahun 1985, bahasa ini masih banyak diminati karena kinerjanya yang tinggi.

Microsoft Windows dan Google adalah dua proyek paling signifikan di mana bahasa C ++ digunakan. Selain itu, sebagian besar situs web amazon juga didasarkan pada bahasa C, sehingga sangat penting untuk mempelajari C ++ .

C ++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Selain itu, Perusahaan Apple juga menggunakan bahasa C ++ untuk mengembangkan sistem operasi iOS-nya.

Demikian informasi ini kami sajikan, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "9 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari pada Tahun 2020"


Tinggalkan Komentar Disini