Berikut ini Tips Tahapan Bagi yang Ingin Hijrah dari Windows ke Linux untuk Pemula

Berikut ini Tips Tahapan Bagi yang Ingin Hijrah dari Windows ke Linux untuk Pemula
Picture by : #
08 Januari 2020 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Linux adalah sebuah sistem operasi open source yang di gagas oleh Linus Torvalds seorang pencipta kernel linux, kernel linux merupakan salah satu turunan dari sistem operasi unix yang dikembangkan dibawah lisensi GNU (General Public License), dengan kehadiran sistem operasi linux membawa suasana baru didunia sistem operasi komputer, sehingga sebagian orang banyak yang beralih menggunakan sistem operasi ini, selain gratis, Sistem Operasi Linux  memiliki kelebihan tersendiri.

Sebagian pembaca pasti sudah tau tentang Android atau sering disebut dengan istilah Ponsel Android, Android merupakan sistem operasi linux yang dikembangkan oleh Google yang dijadikan sebagai sistem operasi perangkat smartphone, yang banyak digunakan di dunia saat ini.

Kernel Linux sudah menjadi bagian dari perkembangan perangkat komputer dan ponsel pintar, beberapa diantaranya adalah komputer server, personal komputer, laptop dan smartphone yang notabenenya dapat menggunakan sistem operasi linux.

Perkembangan linux ditanah air tidak terlepas dari kontribusi komunitas pengguna linux, komunitas pengguna linux lahir dari dunia pendidikan seperti universitas maupun perguruan tinggi yang memiliki fokus jurusan tentang ilmu komputer, biasanya mereka berkumpul membahas tentang sistem operasi linux dan bahkan memberikan materi bagaimana cara menginstall linux dan penggunaan aplikasi yang ada dilinux. Penulis juga pernah merasakan keseruan bergabung dengan komunitas linux, mereka saling sharing tentang pengelaman mereka menggunakan linux.

Penulis ingin memberikan tips dan tahapan bagi yang ingin menggunakan linux, dari pengalaman penulis selama lebih dari 10 tahun hingga artikel ini ditayangkan.

Tinggalkan Kebiasaan yang ada di Windows


Jika ingin menggunakan linux sebagai sistem operasi, maka tinggalkan kebiasaan kebiasaan yang ada diwindows seperti penggunaan crack atau path karena di linux tidak menggunakan path ataupun crack dalam melakukan pemasangan aplikasi.

Aplikasi aplikasi yang diwindows tidak dapat serta merta diinstall langsung dilinux, aplikasi aplikasi yang biasa digunakan diwindows harus diinstall menggunakan versi linux.

Linux tidak membutuhkan sebuah aplikasi Anti Virus untuk memproteksi sistemnya, aplikasi yang diinstall dilinux semuanya bersifat gratis. Tidak semua aplikasi yang ada di windows tersedia di linux kebanyakan adalah alternatif yang fungsinya hampir sama dengan aplikasi di windows.

Mempelajari Hal yang Baru di Linux

Jika sebelumnya adalah pengguna windows yang ingin beralih menggunakan windows harus bersiap siap memperlajari hal hal yang baru mengenai sistem operasi linux seperti command atau perintah menggunakan terminal jika diwindows familiar dengan command prompt, mempelajari struktur file sistem di linux, mempelajari hak akses permission di linux, mempelajari perintah atau tag dilinux.

Penggunaan aplikasi perkantoran yang di sedikit berbeda dari Microsoft office, salah satu alternatifnya dapat menggunakan Libre Office dan WPS Office.

Khusus desain manipulasi gambar di linux dapat menggunakan Gimp, khusus desain grafis vektor bisa menggunakan Inkspace, untuk desain animasi bisa menggunakan Blender.

Bagi para pengembang aplikasi web dan Android di linux tidaklah mengalami kesulitan, karena banyak pengembang web dan android menggunakan linux untuk pekerjaanya sehari hari.

Perangkat Device Pendukung


Beberapa perangkat device pendukung alat cetak mencetak seperti printer kebanyakan sudah mendapatkan dukungan dari linux untuk driver dan sebagian vendor printer telah menyediakan driver printer versi linux.

Tips tahapan bagi yang ingin hijrah dari windows ke linux bagi pemula diatas merupakan bagian dari bagaimana memanfaatkan sistem operasi yang dapat digunakan sehari hari, sebagian aplikasi maupun perangkat  tidak semuanya berjalan dengan sempurna di linux, ada kalanya menggunakan windows untuk hal hal tertentu yang memang tidak dapat digunakan secara maksimal di linux.

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website

Ada 0 Komentar di "Berikut ini Tips Tahapan Bagi yang Ingin Hijrah dari Windows ke Linux untuk Pemula"


Tinggalkan Komentar Disini