Ini Dia Daftar Sirkuit MotoGP Terbaik Dunia

Ini Dia Daftar Sirkuit MotoGP Terbaik Dunia
Picture by : #
01 Januari 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Sirkuit MotoGP adalah lintasan yang digunakan untuk ajang balapan motor bergengsi yang memiliki profil dan trek serta desain yang memiliki aturan dan reguliasi yang ditetapkan oleh penyelenggara ajang balap MotoGP seperti Dorna, Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan motogp dan bekerjasama dengan FIM (Federasi Motor International). Trek atau lintasan balapan yang masuk kedalam gelaran motogp harus memiliki standar tertentu seperti panjang dan lebar lintasan, tingkat kemanan, material aspal yang digunakan, sarana pendukung, pit stop, workshop, tempat penonton dan masih banyak lagi, paling tidak sudah memiliki standar internasional.

Gelaran MotoGP merupakan ajang balap yang diselenggarakan permusim yang artinya diselenggarakan setiap tahunnya di berbagai belahan negara.

Indonesia sendiri juga pernah merasakan ikut serta sebagai tuan rumah diajang balap motor bergengsi di tahun 1996 dan 1997 yang diadakan di Internasional Sirkuit Sentul tepatnya di Jl. Sentul International Circuit No.Km.42, Kadumangu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Saat itu pembalap veteran Itali Valentino Rossi pernah merasakan ikut balapan disirkuit tersebut.

Sebagai seorang pembalap motogp pasti memiliki beberapa sirkuit pavorit yang membuat sang rider memiliki insting dan nalar gaya balapnya sangat cocok dengan layout sirkuit, apalagi pernah menjurai di sirkuit tersebut.

Beberapa sirkuit diajang motogp juga memiliki spot area yang memiliki karakteristik tersendiri, seperti tikungan kebanyakan kekiri, tikungan menurun, trek lurus dan jigjag, apalagi pada spot spot tertentu sering terjadi crash atau jatuh saat balapan. Ada juga karakter lintasan sirkuit yang sangat cocok dengan karakter motor hal ini bisa saja terjadi, contohnya beberapa motor balap memiliki handling yang sangat cocok di banyak tikungan dan ada juga sangat cocok di banyak trek lintasan lurus.

Hal yang menarik lagi adalah kondisi dan cuaca disetiap sirkuit berbeda beda seperti angin, kelembaban udara, curah hujan dan temperatur atau suhu yang membuat seorang kepala mekanik motor harus tau mengenai pemilihan ban, settingan motor dan lain lain.

Berikut dibawah ini profil sirkuit MotoGP terbaik dunia

 

1. GP Qatar


1. GP  Qatar

GP Qatar adalah salah satu sirkuit yang sangat spektakuler di kalendar acara balapan motogp, GP Qatar merupakan sirkuit pembuka diajang pramusim motogp,GP Qatar pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 hingga sekarang masih menjadi tuan tuan rumah ajang balap motor MotoGP.

Balapan MotoGP di GP Qatar diselenggarakan pada malam hari dengan menggunakan penerangan lampu disetiap lintasan, dikarenakan cuaca dan suhu di daerah Doha Qatar sangat panas.

Panjang lintasan sirkuit GP Qatar 5,4km, dengan jumlah tingkungan 16, diantaranya adalah 6 tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan. Lap rekor tercepat sirtkuit/lap di pegang oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1'53.380.

gp qatar

Pembalap paling sukses menenangkan juara di sirkuit GP Qatar adalah Valentino Rossi sebanyak 4 kemenangan dan Casey Stoner sebanyak 4 kali kemenangan, bisa dibilang motor yamaha sangat kompetitif disirkuit ini.

Hasil MotoGP 2019 GP Qatar

1 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducari
2 Marc Marquez Repsol Honda Team
3 Cal CrutChlow LCR Honda Castrol

 

2. Jerez Spanyol

2. Jerez Spanyol

Jerez Spanyol merupakan sirkuit yang dibangun pada tahun 1986 dan menjadi tuan rumah gelaran balapan MotoGP pertamanya di satu tahun kemudian, sirkuit Jerez menjadi salah satu tempat gelaran MotoGP paling populer. Sirkuit Jerez tempat populer yang digunakan oleh banyak tim untuk melakukan pengujuin motor sepanjang tahun.

Total panjang sirkuit Jerez 4,4km, memiliki 13 tikungan diantaranya 6 tikungan ke kiri, 8 tikuangan balik, Rekor lap tercepat dipegang oleh rider asal negara Prancis Fabio Quartararo dengan catatan waktu 1'36.880 tahun 2019 menggunakan Yamaha Petronas SRT.

sirkuit jerez spanyol

Pembalap paling sukses menenangkan juara di sirkuit Jerez adalah Valentino Rossi sebanyak 7 kemenangan dan Jorge Lorenzo sebanyak 6 kali kemenangan.

Hasil MotoGP Tahun 2019

1 Marc Marquez Repsol Honda Team
2 Alex Rins Tim Suzuki ECSTAR
3 Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP

3. Mugello Itali


3. Mugello Itali

Pertama kali Mugello menjadi tuan rumah gelaran MotoGP adalah pada tahun 1976, sirkuit Mugello terletak di Italia Tengah tepatnya di daerah kawasan Tuscan, sirkuit Mugello merupakan sirkuit modern dengan berbagai fasilitas yang sangat baik. Pada tahun 1988 sirkuit ini dibeli oleh perushaan ternama yaitu Ferrari.

Panjang lintasan sirkuit Mugello sejauh 5,245 km yang telah direnovasi dengan standar yang tinggi, memiliki  13 spot diantaranya 6 tikungan ke kiri dan 9 tikungan balik, lebar lintasan 19m dan panjang trek lurus mencapai 1,141m.

sirkuit mugello itali

Lap rekor tercepat disirkuit Mugello di pegang oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1'45,519, sirkuit Itali merupkan sirkuit yang banyak dipavoritkan pembalap pembalap MotoGP, pembalap yang paling sukses menjuarai disirkuit Mugello adalah Valentino Rossi sebanyak 7 kemenangan,  disusul Jorge Lorenzo sebanyak 6 kemenangan, artinya pabrikan asal Jepang Yamaha sangat kompetitif di sirkuit Mugello.

Hasil MotoGP 2019 Mugello

1 Danilo Petrucci Misi Winnow Ducati
2 Marc Marquez Tim Repsol Honda
3 Andrea Dovizioso Misi Winnow Ducati

4. Sachsenring Jerman

4. Sachsenring Jerman

Balapan motor di Jerman sudah ada sejak tahun 1920-an saat itu blm dibangun sirkuit Sachsenring, Sachsenring dibangun pada tahun 1996 dan menjadi tuan rumah gelaran balapan MotoGP pertamnya pada tahun 1998, lintasan Sachsenring memiliki karakter banyak tikungan yang sempit.

Panjang lintasan tergolong pendek yaitu 3,7km, dengan 13 spot area diantaranya 10 tikungan ke kiri, 3 tikungan balik, lebar lintasan 12m dan memiliki trek lurus sepanjang 700m.

sirkuit sachsenring

Lap rekor tercepat MotoGP lintasan sirkuit Sachsenring dipegang oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1'20.270 pada tahun 2018. Pembalap paling sukses memenangi kejuaraan MotoGP Sachsenring adalah dari negara Spanyol Marc Marquez dengan 7 kemenangan, diikuti  Dani Pedrosa sebanyak 4 kemenangan dan pembalap Valentino Rossi sebanyak 3 kemenangan.

Hasil MotoGP 2019 Sachsenring

1 Marc Marquez Tim Honda Repsol
2 Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP
3 Cal Crutchlow LCR Honda Castrol

 

5. Motegi Jepang

5. Motegi Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang memagang tampuk kekuasaan pabrikan motor MotoGP yakni Honda, Yamaha, dan Suzuki , menjadikanya salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia.

Sirkuit Motegi menjadi tuan rumah penyelenggara gelaran MotoGP pada tahun1999, sirkuit ini dibangun oleh Honda dan menjadi tuan rumah penyelenggaran tetap diajang gelaran kalender MotoGP. Panjang  sirkuit 4,8km, 14 spot area, 6 tikungan kekiri, 8 tikungan balik, lebar lintasan 15m dan panjang trek lurus 762m.

sirkuit motegi jepang

Lap rekor tercepat masih dipegang oleh pabrikan Yamaha yaitu Jorge Lorenzo dengan catatan waktu 1'43.790 pada tahun 2015, Pabrikan yang paling tersukses meraih kemenangan di sirkuit Motegi adalah Honda dan Yamaha, Marc Marquez memiliki 3 kemenangan, Dani Pedrosa 3 kemenangan dan Jorge Lorenze 3 kemenangan.

Hasil MotoGP 2019 Motegi

1 Marc Marquez Tim Repsol Honda
2 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT
3 Andrea Dovizioso Misi Winnow Ducati

6. Philip Iland Australia

6. Philip Iland Australia

Philip Iland Australia merupakan salah satu sirkuit yang memiliki pembalap bertalenta yaitu Gardner, Mick Dohan, Troy Bayliss, Troy Corser dan Casey Stoner, GP Pertama sekali diadakan di Autralia pada tahun 1991 sampai dengan 1996 di Eastern Creek, kemudian gelaran MotoGP ke Philip Iland pada tahun1997 hingga sekarang.

Philip Iland Australia salah satu negara yang paling ikonik diajang gelaran dunia balap MotoGP, panjang lintasan  4,4km, memiliki 12 spot area diantaranya 7 tikungan ke kiri, 5 tikungan balik, lebar lintasan 13m, trek lurus 900m. Lap rekor tercepat pada sirkuit ini dipegang oleh Jorge Lorenzo saat masih menggunakan motor Yamaha Factory Racing pada tahun 2013 dengan catatan waktu 1'27.899.

philip island

Kemenangan terbanyak di sirkuit  Philip Iland diraih oleh Casey Stoner sebanyak 6 kemenangan, diikuti Valentino Rossi sebanyak 6 kemenangan, dan Marc Marquez 3 kemenangan.

Hasil MotoGP 2019 Philip Iland

1 Marc Marques Tim Honda Repsol
2 Cal  Crutchclow LCR Honda Castrol
3 Jack Miller Pramac Ducati

7. Sepang Malaysia

7. Sepang Malaysia

Sirkuit Sepang Malaysia merupakan negara bagian Asia Tenggara berdekatan dengan negara Indonesia yang menyelenggarakan ajang balapan motor begengsi MotoGP. Grand Prix Malaysia pertama kali diadakan di sirkuit Shah Alam pada tahun 1991, kemudian menjadi tuan rumah ajang balapan MotoGP pertamanya adalah pada tahun 1999.

Kompleks area balapang Sepang Malaysia memiliki luas 2300 Hektar, dengan panjang sirkuit 5,5km, memiliki 15 spot area diantaranya 5 tikungan ke kiri, 10 tikungan balik, lebar lintasan 16m dan trek lurus 920m.

sepang malaysia

Lap rekor tercepat di sirkuit Sepang Malaysia diraih oleh Fabio Quartararo denga catatan waktu 1'58.303 tahun 2019 menggunakan Yamaha Motor Petronas SRT.  Kemenangan terbanyak disirkuit ini diraih oleh pembalap Valentino Rossi 6 kemenangan, diikuti Dani Pedrosa 3 kemenangan dan Andrea Dovizioso 2 kemenangan.

Hasil MotoGP 2019 Sepang Malaysia

1 Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP
2 Marc Marquez Repsol Honda Team
3 Andrea Dovizioso Misi Winnow Ducati

8. Valencia Spanyol

8. Valencia Spanyol

Sirkuit Ricardo Tormo Spanyol merupakan sirkuit ajang balapan terakhir di kalender MotoGP yang memiliki konsep seperti stadion yang dapat menampung 150,000 penonto, sirkuit ini mulai ikut serta diajang balapan motogp pada tahun 1999 dan sebagai penyelenggaran putaran kejuaraan MotoGP dan Sepeda Motor Spanyol. Sirkuit Ricardo Tormo Spanyol memiliki perbedaan dari sirkuit lainnya yaitu berjalan berlawanan arah jarum jam dengan panjang yang bervariasi.

Panjang sirkuit 4,0km, 14 spot area diantaranya  9 tikungan ke kiri, 5 tikungan balik, lebar lintasan 12m dan panjang trek lurus 876m.

sirkuit valencia

Rekor lap tercepat sirkuit ini diraih oleh Jorge Lorenzo pada saat di MotoGP Movistar Yamaha dengan catatan waktu 1'29.401 di tahun 2016. 4 Kemenangan terbanyak oleh Jorge Lorenzo, diikuti Dani Pedrosa 4 kemenangan dan Marc Marquez  2 kemenangan.

Hasil MotoGP 2019 Sirkuit Ricardo Tormo Valencia - Spanyol

1 Marc Marquez Repsol Honda Team
2 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT
3 Jack Miller Pramac Ducati

 

Sumber Referensi : motogp.com

Demikian artikel ini kami bagikan, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
Jadwal Balapan Motor WSSP300, Supersport, WSBK Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "Ini Dia Daftar Sirkuit MotoGP Terbaik Dunia"


Tinggalkan Komentar Disini