Perlengkapan Yang Wajib Digunakan saat Bekendara Jauh dengan Motor

Perlengkapan Yang Wajib Digunakan saat Bekendara Jauh dengan Motor
Picture by : #
14 Desember 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Mengendarai dengan motor jarak tempuh yang jauh merupakan sesuatu hal yang jarang dilakukan oleh orang pada umumnya karena membutuhkan stamina,tenaga dan motor yang sehat untuk dapat diajak jalan jauh. Stamina, tenaga dan motor sehat tidaklah cukup untuk dijadikan alasan orang dapat melakukan perjalanan dengan motor dengan jarak tempuh yang jauh perlu ada persiapan perlengkapan perlengkapan untuk menunjang dalam kenyamanan berkendara baik itu perlengkapan motor dan keselamatan.

Mengendarai sebuah motor untuk harian sangat berbeda dengan mengedarai motor jarak yang jauh, karena tidak membutuhkan stamina dan tenaga yang lebih. Pengendara motor yang baik adalah mengerti beberapa hal tentang seputar motor seperti keselamatan, kenyamanan, kelengkapan surat dan menggunakan perlengkapan yang memiliki standard SNI.

Saat melakukan perjalanan jauh dengan motor tidak kemungkinan ada terjadi kendala kendala kecil seperti kurang nyaman, tidak bisa berakselerasi dengan kencang, kondisi yang tidak fit dan lain lain. Kendala tersebut pasti ada sebab dan alasan yang logis kenapa bisa saja terjadi, salah satunya adalah tidak menggunakan helm yang dapat meredam guncangan dan lajunya motor.

Berikut dibawah ini perlengkapan yang wajib digunakan saat berkendara jauh dengan motor


1. Helm Motor

Helm adalah salah satu pelindung keselamatan bagi pengguna kendaraan motor roda dua yang sangat diharuskan, karena dapat melindungi bagian yang sangat vital yaitu kepala. Beberapa pengguna motor memiliki pendapat masing masing tentang style dari helmet mulai dari full face dan half face, tetapi perlu diperhatikan untuk perlindungan bagian kepala secara menyeluruh gunakan helm yang full face yang memiliki standar SNI.


2. Jaket Motor

Perlengkapan yang kedua adalah jaket motor, karena jaket motor dapat meredam lajungan angin, mencegah partikel partikel kecil masuk, meredam serpihan serpihan pasir kecil dijalan dan debu. Jaket motor digunakan untuk melindungi body agar tetap nyaman saat berkendara dan berakselerasi dengan kencang.

3. Sepatu

Penggunaan sepatu adalah hal yang tepat untuk berkendara jauh dengan motor,  hal ini dapat membantu meningkatkan kenyamanan saat riding dan melakukan perpindahan gigi dan pengereman motor. Gunakanlah sepatu yang memiliki grip yang enak saat digunakan untuk over gigi dan pengeremen.


4. Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan bagian salah satu perlengkapan yang dapat menunjang kenyamanan berkendara saat menggeber motor, gunakan sarung tangan yang memiliki feel grip yang enak saat melakukan akselerasi, penarikan tuas pengereman dan kopling.

5. Deker Lutut Motor

Deker Lutut adalah salah satu perlengkapan berkendara dengan motor untuk memproteksi pada bagian lutut dari benturan maupun bersentuhan dari benda yang keras, agar tidak terjadi kontak langsung.


6. Surat Surat Kendaraan Bermotor

Surat surat kendaraan bermotor adalah salah satu kelengkapan dari izin sebuah motor untuk dapat digunakan atau dikendarai, selanjutnya ada izin lisensi mengemudi atau sering disebut SIM, berikut ini kelengkapan surat yang harus dibawa

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • KTP (Kartu Tanda Pengenal/Penduduk)

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor jangan lupa berdoa dan patuhi rambu rambu lalu lintas dijalan serta selalu waspada.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi

Ada 0 Komentar di "Perlengkapan Yang Wajib Digunakan saat Bekendara Jauh dengan Motor"


Tinggalkan Komentar Disini