Berikut ini Kenali Ciri Ciri Password Lemah

Berikut ini Kenali Ciri Ciri Password Lemah

Password adalah sebuah kata sandi kemanan yang sifatnya rahasia untuk digunakan diberbagai platform aplikasi yang membutuhkan kata kunci pengamanan, sebelum membaca lebih jauh tentang ciri ciri password lemah ada baiknya mengetahui bagaimana kata sandi atau password dapat bekerja dan disimpan di dalam sebuah tempat penyimpanan yang tidak dapat dijangkau oleh orang lain.

Sebagian pembaca pasti sudah tau, jika akan melakukan login atau memasukan pin disbuah aplikasi pasti berubah menjadi tanda bintang atau tanda bulat kecil seperti titik titik yang menandakan bahwa kata kunci atau kode yang dimasukan adalah bersifat rahasia.

Kata kunci yang selama ini kita punyai seperti password email, pin verifikasi, password aplikasi, mobile banking dan lainnya tidak bisa diketahui oleh pemilik aplikasi maupun orang lain, dikarenakan password atau pin sudah di enkripsi oleh sistem komputer. Enkripsi adalah metode dimana kata kunci atau sandi dirubah menjadi sebuah teks yang tidak dapat dikenali oleh manusia.

Misalkan saja penulis membuat sebuah kata sandi "wibloog1212" maka sistem akan merubah kata sandi menjadi seperti dibawah ini : 

$2y$10$RAHPpLOIrE8pWuWG0crqguG67JVde8M7jALkxEpu4WIupZLOEKaRC

Hasil perubahan enkripsi ditas yang pastinya sangat sulit di kenali dan dibaca dengan bahasa manusia, nah dari sini pembaca sudah mengerti bahwa password atau kata kunci yang digunakan tidak serta merta yang kita miliki sama dengan teks yang digunakan sehari hari.

Ciri ciri password lemah itu bukan dari sisi aplikasi atau pemilik sistem, melainkan dari user penggunanya yang terlalu mudah membuat sebuah kata sandi sehingga mudah dapat ditebak oleh orang lain.

Berikut dibawah ini ciri ciri password atau kata sandi yang kita gunakan sangat rentan dan lemah

1. Menggunakan Tanggal Lahir


Sebagian pembaca pasti ada pernah melakukan hal ini untuk dijadikan sebagai kata sandi atau password di sebuah aplikasi atau email, menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi boleh boleh saja, tetapi hal ini sangat tidak di anjurkan, karena tanggal lahir merupakan data pribadi yang sifatnya mudah di ketahui oleh orang banyak, tanggal lahir bukan salah satu alternatif untuk di jadikan password yang unik, nah jika pembaca sudah terlanjur membuat password tanggal lahir silakan lakukan update password dari sekarang, agar tidak terjadi hal hal yang di inginkan.

2. Angka atau Huruf yang Berurutan

Pembaca pasti sudah tau angka atau huruf yang berurutan misalkan penggunaan angka mulai dari 12345 atau 54321 dan penggunaan huruf seperti abcdef atau fedcba, hal ini memiliki karakter huruf atau angka yang mudah di kenali dan di coba coba yang ingin mengetahui akun orang lain.

3. Mengandung Nama dalam Kata Sandi


Kata sandi yang mengandung nama kita hal ini sangat rentan mudah di ketahui, dikarenakan mengandung kata yang di pakai sehari hari yang sifatnya data pribadi yang dapat dikatui oleh orang lain, penulis menyarankan yang sifatnya data pribadi yang dapat diketahui orang lain seharusnya jangan digunakan sebagai referensi kata sandi.

4. Menggunakan Nomor Telepon

Menggunakan nomor telepon tidak dianjurkan, dikarenakan nomor telepon mudah di ketahui oleh orang lain dan nomor telepon adalah nomor yang digunakan sehari hari dan diberikan kepada orang yang kita kenal didalam kontak.

Ciri ciri diatas adalah salah satu dari beberapa penggunaan kata sandi atau password yang mudah di tebak dan lemah, selanjutnya pembaca akan memberikan tips bagai mana cara membuat password itu unik dan sedikit aneh, nah untuk yang unik dan sedikit aneh harus mudah di ingat, karena jika tidak mudah diingat maka akan kesulitan kedepannya untuk memasukan password dalam jangka waktu yang lama.

  • Gunakan karakter angka di setiap kata sandi yang dibuat misalkan kata rajaku dengan angka 1212 yang kemudian kata rajaku dibuat variasi menjadi kuraja1212 
  • Penggunaan karakter huruf besar pada kata sandi diatas menjadi Kuraja1212 sehingga penggunaan kata sandi semakin unik dan sulit di tebak.
  • Menambahkan penggunaan simbol menjadikan kata sandi sangat sulit ditebak menjadi Kur@ja1212, tapi konsekuensinya adalah kita harus benar benar mengingat simbol yang digunakan.
  • Tips selanjutnya adalah hindari menyimpan password ditulis dalam note yang kemudian di simpan di hanphone maupun laptop, karena sebuah teks dapat dibaca oleh orang lain.
  • Gunakan kata sandi atau password minimal 8 karakter atau lebih sangat dianjurkan

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga bermanfaat

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Berikut ini Kenali Ciri Ciri Password Lemah"


Tinggalkan Komentar Disini