Teknologi Ajax Pada Pemrograman Web Bagian I

Teknologi Ajax Pada Pemrograman Web Bagian I
Picture by : #
11 Desember 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Teknologi Ajax sudah sangat banyak di implementasi di berbagai platform applikasi web, Ajax sendiri singkatan dari Asyncronous Javascript dan XML yaitu memungkinkan data di proses atau mengirim data dibelakang layar yang di lakukan oleh client browser tanpa harus melakukan banyak proses halaman dan memakan banyak resource yang digunakan.

Sebagian dari pembaca pasti sudah mengenal istilah Javascript, karena Ajax di bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript, javascript memiliki keunggulan dalam melakukan pengaplikasianya tanpa harus membebankan banyak proses pada server. Javascript adalah salah satu  bahasa pemrograman client side yang dapat berjalan di berbagai platform web mobile dan desktop.

Ajax sendiri sudah lama sekali diimplementasikan diberbagai aplikasi web, website wibloog.com sendiri ada beberapa menggunakan teknologi ajax untuk kirim data komentar, pavorit dan pencarian artikel, wibloog dibangun bukan menggunakan sebuah cms maupun framework seperti CI, YII dan lain lain, melaikan dengan Native, dibangun sendiri dengan berbagai dukungan seperti PHP, framework CSS dan Javascript.

Salah satu layanan media sosial yang menggunakan Ajax atau Javascript adalah Facebook, disana facebook banyak menerapkan beberapa teknologi javascript untuk membantu kegiatan jejaring sosial mereka, teknologi javascript banyak sekali dikembangan diberbagai komunitas sehingga bermunculan yang namanya framework javascript diantaranya 

  • Jquery
  • Reacj JS
  • Angular JS
  • Vue.js
  • Mejeor JS
  • Ember.js
  • Backbone.js
  • Aurelia.js
  • Polymer
  • Mithril.js


Pada artikel bagian I Teknologi Ajax Pada Pemrograman Web ini penulis ingin memberikan informasi tentang ajax dan bagaimana cara kerja ajax itu sendiri, selanjutnya penulis akan memberikan tutorial tentang ajax untuk melakukan CRUD (Create Read Update Delete) pada database.

Pada tutorial yang akan dibuat nanti penulis tidak menggunakan framework javascript yang disebutkan di atas, melainkan dengan bahasa pemrograman javascript native dasar, agar dapat memahami bagaimana cara kerja dan proses dari ajax tersebut.

Berikut ini link artikel tutorial bagian II Teknologi Ajax Pada Pemrograman Web-Bagian II

Demikian ulasan ini dibagikan, Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Teknologi Ajax Pada Pemrograman Web Bagian I"


Tinggalkan Komentar Disini