Top 10 Distro Linux yang Paling Banyak di Gunakan

Top 10 Distro Linux yang Paling Banyak di Gunakan
Picture by : #
05 Desember 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Linux adalah sistem operasi open source yang bebas digunakan oleh siapa saja yang di gagas oleh Linus Torvalds, beliaulah yang menciptakan kernel dibalik sistem opersi linux yang beredar saat ini, berawal dari sistem operasi linux penulis ingin berbagi sharing tentang penggunaan linux dan beberapa turunan distro linux yang paling banyak digunakan di dunia saat ini termasuk di Indonesia.

Penulis sudah menggunakan linux sejak tahun 2008 yang lalu 7 tahun setelah munculnya sistem operasi ini, linux merupakan sistem operasi yang tidak jauh berbeda dengan windows dan mac OS dalam menjalankan fungsinya seperti mengetik, browsing dan coding, hanya saja memiliki perbedaan pada sistem operasi yang dibangun.

Beberapa pengembang distro linux berawal dari sebuah komunitas yang memiliki resource pengembangan, yang di bawahi oleh GNU Lisensi sehingga sistem operasi linux dapat dikembangankan menjadi sebuah turunan distro linux yang dapat dibagikan kepada orang banyak secara gratis.

Linux saat ini sudah tidak asing lagi bagi pembaca, hanya saja sebagian orang enggan menggunakan linux karena sudah terbiasa dengan sistem operasi lain atau ada kebutuhan tertentu sehingga tidak menggunakan sistem operasi linux. Tentu saja orang mengira bahwa sistem operasi linux bukanlah hal baru di kalangan dunia komputer karena sistem operasi merupakan sofware yang mengendalikan sebuah perangkat keras dan aplikasi pendukung lainnya.

Berikut dibawah ini Top 10 distro linux paling banyak digunakan


1. MX Linux

Distro linux MX Linux merupakan linux yang diambil dari basis Debian yang di garap oleh komunitas Greece dan USA dibawahi oleh antiX dan MEPIS, turunan distro linux yang dibuat adalah versi Desktop.

Download distronya silakan kunjung mxlinux.org


2. Manjaro Linux

Manjaro Linux merupakan linux distro turunan yang diambil dari basis Arch Linux, Manjaro Linux adalah sebuah distro linux baru yang dibangun oleh komunitas dari Autria, German dan France, Varian OS hanya Desktop menggunakan Xface, KDE dan Gnome Edition.

Download distro linuxnya silakan kunjungi di manjaro.org

3. Linux Mint

Linux Mint merupakan distro linux yang sudah lama digunakan banyak kalangan, karena merupakan distro linux yang stabil, Linux Mint memiliki edisi distro desktop Cinnamon, MATE dan Xfce. Basic distro Linux Mint diambil dari basis Debian dan Ubuntu LTS.

Download distro linuxnya silakan klik linuxmint.com


4. Debian

Debian merupakan salah satu distro linux yang sudah lama sejak kemunculan sistem operasi linux, Debian Linux diambil dari basis Independen, varian yang di gunakan adalah versi Desktop.

Download distro debian linux silakan klik debian.org/distrib

5. Ubuntu

Posisi 5 ada Distro Linux Ubuntu merupakan distro yang sudah tidak asing lagi bagi pembaca, distro ini paling banyak digunakan sebelumnya, ubuntuk memiliki varian Desktop dan Server yang tidak ada di varian distro linux lainnya.

Download distro linux ubuntu silakan klik ubuntu.com


6. Elementary OS

Elementary OS merupakan distro linux yang tergolong belum lama, basis dsitro elementary OS diambil dari basis debian dan ubuntu, tampilan user experience dari elemtary os ini sangat simpel dan elegan, elemenyary OS hanya memiliki versi desktop.

Download distro linux silakan klik di elementary.io

7. Solus

Di posisi 7 ada distro linux Solus merupakan distro yang diambil dari basis independen dari negara Ireland, ditro ini memiliki tampilan Budgie, Gnome dan Mate.

Download distro linux Solus silakan klik di getsol.us/download

8. Fedora

Fedora merupakan salah satu distro linux yang sudah lama dikembangakan, beberapa distro linux memiliki 2 versi yaitu desktop dan server, saat ini fedora memfocuskan platform os linux mereka untuk hardware dan cloud.

Download distro linux fedora silakan klik getfedora.org

9. Zorin OS

Zorin merupakan distro linux yang diambil dari basis debian dan Ubuntu LTS, Zorin OS linux tidak dapat di download secara gratis, mereka menabahkan $39 setiap akan mendownload sebagai kontribusi untuk pengembangan linux mereka.

Kunjungi websitenya di zorinos.com

10. deepin

Di posisi terakhir ada distro linux deepin yang di kembangan di china, diambil dari basis debian linux, distro linux deepin hanya memiliki versi desktop.


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Top 10 Distro Linux yang Paling Banyak di Gunakan"


Tinggalkan Komentar Disini