OBS Studio Aplikasi Video Recording dan Screen Recording Gratis

OBS Studio Aplikasi Video Recording dan Screen Recording Gratis

OBS Studio adalah aplikasi Video Recording dan Live Streaming open source yang dapat digunakan secara gratis alias cuma cuma, penulis menggunakan OBS biasanya itu kegiatan screen recorder untuk membuat sebuah tutorial aplikasi, aplikasi ini sudah terkoneksi dengan perangkat audio seperti suara suara dari luar maupun suara dari dalam.

Sebagain pembaca pasti sudah pernah menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan video recording, kali ini penulis hanya akan menjelaskan bagaimana cara untuk merekam screen layar di komputer menggunakan OBS Studio, screen layar yang direkam pada aplikasi ini dapat dilakukan sesuai dengan window yang akan digunakan, sehingga tidak terganggu dengan aktivitas lainnya.

Aplikasi ini juga dapat menampilkan beberapa source dalam satu scane, misalkan saja akan membuat sebuah tutorial maupun langkah langkah bisa disertakan wajah kita dengan menggunakan kamera laptop pada video capture. Beberapa setingan seperti output dan video quality dapat diubah, contohnya format output yang di sediakan oleh OBS Studio seperti format mp4, flv, mov dan mkv serta kualitas dari rekaman yang di buat.

Aplikasi ini juga dapat melakukan recording video via URL sumber, baik lokal video maupun online seperti youtube, vidio dan aplikasi video online yang lainnya.

Berikut dibawah ini cara singkat untuk memulai screen recording, sebelum memulai silakan download dahulu aplikasinya disini

1. Capture Screen


1. Capture Screen

Silakan buka aplikasi OBS Studio, kemudian pada bagian source silakan klik + kemudian pilih tab Window Captuter

2. Create New Source

2. Create New Source

Step selanjutnya silakan ubah nama source sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik OK

3. Pilih Window Screen


3. Pilih Window Screen

Selanjutnya silakan pilih window yang akan direcording, pada bagian window kemudian klik OK

4. Recording Screen

4. Recording Screen

Pada step ini kita akan merekam apa kegiatan yang ada di window, dengan melakukan Start Recording pada bagian Controls.

Untuk merubah window yang akan direkam silakan Klik Kanan Window Capture pada bagian kotak Source kemudian pilih Properties

Demikian ulasan ini kami bagikan, Selamat mencoba

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "OBS Studio Aplikasi Video Recording dan Screen Recording Gratis"


Tinggalkan Komentar Disini