Deretan Sirkuit Balapan Motor Road Race di Indonesia

Deretan Sirkuit Balapan Motor Road Race di Indonesia
Picture by : #
23 November 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Indonesia adalah satu negara yang memiliki banyak fans olahraga balap motor bergengsi seperti motogp, beberapa pembalap top dunia motogp sudah pernah berkunjung ke tanah air seperti Valentino Rossi, Marc Marques, Dani Pedrosa, Dovi, Stoner, Andre Ianone dan pebalap lainnya, mereka datang ke Indonesia biasanya ada even even tertentu seperti launching produk motor terbaru, helm, event balapan dan lain lain.

Indonesia memiliki beberapa pembalap baik itu ajang balapan motor maupun balapan mobil yang sudah mengikuti ajang balapan dunia, tapi sayangnya Indonesia sendiri belum memiliki sirkuit olahraga balapan motogp yang benar benar memiliki manajemen terbaik yang dapat di pakai ajang balapan internasional.

Kenapa Indonesia kesulitan memiliki sirkuit yang dapat di pakai ajang balapan internasional, penulis akan menjelaskan mengapa sangat sulit, alasan yang pertama adalah untuk membangun sebuah sirkuit yang mengikuti regulasi dan aturan balapan memiliki biaya yang sangat mahal sekali, sulitnya mendatangkan investor dalam negeri maupun luar, yang terakhir adalah aturan dan regulasi di Indonesia yang belum sesuai.

Berikut dibawah ini deretan sirkuit balapan road race dan balapan mobil di Indonesia

1. Sirkuit Bung Tomo


1. Sirkuit Bung Tomo

International Circuit Bung Tomo yang berlokasi di kota Surabaya tepat di dekat dengan Stadion Gelora Bung Tomo, sirkuit ini memiliki profil panjang lintasan sirkuit ini kurang lebih 1,2 KM dan panjang trek lurus 400 meter, 9 tikungan ke kanan dan 3 tikuangan ke kiri, sirkuti ini dapat digunakan ajang balapan road race, drag bike dan drag race.

2. Sirkuit Manggul

2. Sirkuit Manggul

Sirkuit Manggul berlokasi di Lahat - Sumatera Selatan, profil sirkuit ini memiliki luas 10,5 hektar, sirkuit ini di deklarasikan 21 Mei 2017, panjang lintasan 1,6KM, sirkuit ini memiliki 8 tikungan, 4 tikungan ke kanan 4 tikungan ke kiri, trek lurusnya memiliki panjang 400 meter, ajang balapan yang dpat digunakan di sirkuit ini adalah motor road race, slalom, time atack dan gokart.

3. Sirkuit Puncak Mario


3. Sirkuit Puncak Mario

Sirkuit Puncak Mario terletak di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, sirkuit ini dibangun diatas seluas 8 hektar dengan panjang lintasan 1,4 km dan lebar 12 meter. Sirkuit Puncak Mario dibangun pada tahun 2015, sirkuit ini sering di gelar pada malam hari dengan dilengkapi penerangannya sebanyak 700 lampu di sepanjang trek, sirkuit ini paling sering di gunakan ajang balapan road race.

4. Sirkuit Gery Mang

4. Sirkuit Gery Mang

Sirkuit ini terletak di belakang terminal Subang - Jawabarat yang didesain oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan komunitas Otomotif Subang, profil sirkuit ini memiliki panjang lintasan 1,1km dengan lebar yang bervariasi antara 8,5 meter sampai dengan 12 meter. Sirkuit ini dibangun pada tahun 2009 dengan luas lahan 3,5 hektar.

5. Sirkuit Sentul

5. Sirkuit Sentul

Serkuit Sentul yang terletak di Desa Sentul, Babakan Madang, Bogor - Jawa Barat, sirkuit sentul pernah menjadi penyelenggara ajang balap motor bergengsi motogp pada tahun 1996 - 1997 saat itu yang menjadi podium utamanya adalah Valentino Rossi.

Profil dari sirkui ini memiliki panjang trek 4,12 km dan memiliki 11 tikungan, sirkuit sentul merupakan milik Hutomo Mandala Putra atau Tommy Suharto, saat ini serkuit ini masih mengikuti ajang balapan motor Asia Road Racing Championship atau ARRC, ajang balapan mobil dan ajang balapan lainnya.




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
Jadwal Balapan Motor WSSP300, Supersport, WSBK Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "Deretan Sirkuit Balapan Motor Road Race di Indonesia"


Tinggalkan Komentar Disini