Pilih Microsoft Windows atau Linux bagi Developer Website

Pilih Microsoft Windows atau Linux bagi Developer Website
Picture by : #
09 November 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Linux adalah sistem operasi mirip unix yang menggunakan kernel di buat oleh Linus Torvalds yang sudah tidak asing lagi terdengar bagi pembaca, hal yang menarik dari kedua sistem operasi ini memiliki fungsi dan kesamaan dalam melakukan pekerjaan perkantoran maupun developer aplikasi.

Diawal awal pengembangan linux, sistem operasi ini masih jarang sekali dipakai untuk dijadikan sebagai sistem operasi yang dapat digunakan pekerjaan sehari hari, dikarenakan masih minimnya para pengembang perangkat keras menyediakan sebuah software atau driver untuk dapat terkoneksi dengan device komputer dan laptop seperti printer, vga, scanner dan perangkat lainnya.

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan didunia, hal ini tidak terlepas dari pengembangan windows itu sendiri, mulai dari DOS, windows 3.1, 95, 98,2000, windows xp hingga sekarang windows 10. Windows memiliki kemudahan dalam hal konektivitas di berbagai perangkat devicenya karena banyak pengembang perangkat keras yang menyediakan software berupa driver diberbagai versi os windows.

Berikut dibawah ini ulasan tentang Microsoft Windows dan Linux dalam pemilihan sebagai user web developer


Web Server dan Editor

Penggunaan web server di linux dan di windows sangat berbeda, dan memiliki performa kecapatan yang berbeda pula dengan spesifikasi perangkat yang sama pula, web server seperti apache, mysql dan php sudah menjadi paketan yang berjalan dilinux sebagaimana yang biasa diinstall di linux server, sehingga tidak heran jika web server diinstall di sistem operasi linux sangat stabil. Sedangkan windows kebanyakan menggunakan bundle XAMPP yang didalamnya sudah ada apache,php dan mysql dalam bentuk installer maupun file extract.

Editor desain website sangat banyak disediakan oleh pengembang aplikasi yang berjalan diwindows maupun di linux. Konsep desain website biasanya memiliki selera dan kemudahan dalam melakukan coding seperti Sublime Text merupakan text editor web desain yang sangat ringan, aplikasi editor ini tersedia versi windows dan linux.


Desain

Desain adalah salah satu komponen utama dalam membangun sebuah website, karena tampilan dan isi konten membutuhkan beberapa desain seperti logo, banner, background, cover dan icon, sebagian pembaca pasti sudah tidak asing lagi dengan Adobe Photoshop, merupakan editor desain gambar yang sangat populer. Adobe Photoshop adalah aplikasi desain gambar yang digunakan secara  komersial, jadi untuk menggunakan aplikasi tersebut harus beli terlebih dahulu.

Linux sendiri memiliki aplikasi desain photo atau gambar, yang tidak kalah dengan Adobe Photoshop yaitu GIMP (GNU Image Manipulation Program) yang dapat digunakan secara gratis. Penulis sendiri menggunkan Gimp untuk kebutuhan desain dan export gambar pada website ini, yang menjadi kendala adalah cara menggunakan gimp yang tidak semua orang dapat menggunakanya, tetapi untuk menggunakan gimp tidak jauh berbeda dengan photoshop, maka dari itu penulis memilih sistem operasi linux sebagai kebutuhan sehari hari dalam hal desain dan koding.

 

Mysql Editor

phpMyAdmin merupakan aplikasi mysql web administration tool yang sering dipakai untuk melakukan pembuatan database, tabel dan query data.

HeidiSQL merupakan aplikasi editor mysql yang sangat ringan dan simpel memiliki fungsi sama halnya dengan phpMyAdmin, heidisql hanya tersedia untuk versi windows, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Mysql Workbench MySQL Workbench adalah aplikasi editor mysql yang digunakan bagi para developer aplikasi dalam membangun sebuah database. MySQL Workbench menyediakan pemodelan data, pengembangan SQL, dan tool administrasi untuk konfigurasi server seperti administrasi pengguna, backup dan lain lain. MySQL Workbench tersedia di Windows, Linux dan Mac OS X.

Pemilihan sistem operasi linux maupun windows adalah berdasar dari kebutuhan dari pada penggunanya itu sendiri, jika sebagian pembaca menginginkan yang open source dan gratis yang memang pembaca adalah web developer bisa menggunakan linux sebagai sistem operasinya, jika menggunakan windows itu artinya pembaca harus memiliki kocek uang yang lebih untuk mendapatkan sebuah sistem operasi windows.

Demikian ulasan ini penulias sampaikan, Semoga bermanfaat



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Pilih Microsoft Windows atau Linux bagi Developer Website"


Tinggalkan Komentar Disini