Apakah Perlu Submit Sitemap.xml Versi Mobile Web di Google Webmaster

Apakah Perlu Submit Sitemap.xml Versi Mobile Web di Google Webmaster
Picture by : #
31 Oktober 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Sitemap.xml adalah file berformat xml yang di butuhkan oleh google untuk mengindex sebuah website agar dapat muncul di pencarian google dengan menggunakan Google Webmasters. Cara ini adalah langkah yang tepat agar halaman website Anda tayang di halaman google, semakin banyak artikel atau berita pada sebuah blog maupun website maka semakin banyak pula tayang di beranda google.

Penulis disini menerangkan beberapa hal mengenai Google Webmasters berdasarkan pengalaman dan browsing browsing di forum luar mengenai sitemap.xml versi mobile. Bagi pengguna blogger dan wordpress mungkin tidak membutuhkan sitmap versi mobile, dikarenakan url website yang diarahkan hanya satu dan halaman yang sudah responsive.

Beberapa website masih banyak menggunakan mode versi desktop dan mobile, dengan desain dan url yang berbeda pula, contohnya website ini wibloog.com adalah domain utama yang merupakan versi desktopnya, sedangkan m.wibloog.com adalah subdomain dari wibloog untuk menangani perangkat yang menggunkan mobile smartphone.

Dari url / link domain dan subdomain sudah dipastikan berbeda serta memiliki tampilan yang berbeda pula.


Sitemap.xml Versi Mobile

Sitemap.xml Versi Mobile

Berdasarkan informasi artikel maupun forum luar penulis baca, banyak menyarankan tidak harus menggunakan dua sitemap versi desktop dan mobile, yang perlu di tingkatkan adalah cara bagaimana menghandel sebuah device perangkat untuk mendeteksi apakah yang di gunakan menggunakan versi mobile atau desktop saat membuka link tautan.

Cara lain adalah update website dengan tampilan yang responsive, sehingga tidak membutuhkan tampilan halaman web versi mobile, hanya dengan menggunakan satu versi bisa digunakan di berbagai perangkat desktop, tablet, ipad dan smartphone.

Penulis mencoba menggunakan perakat smartphone melakukan pencarian di google dengan menuliskan salah satu keyword dari artikel, yang ditampilkan oleh google adalah versi mobilenya yaitu m.wibloog.com, dapat dilihat gambar di atas.

Google telah menangani pencarian diberbagai perangkat desktop dan versi mobile, berdasarkan cawrl yang ada di Google Webmasters dari Crawler smartphone.

Informasi referensi artikel dan forum luar tentang sitmap versi mobile



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Apakah Perlu Submit Sitemap.xml Versi Mobile Web di Google Webmaster"


Tinggalkan Komentar Disini