Apa itu Web Server dan Penerapanya

Apa itu Web Server dan Penerapanya
Picture by : #
29 Oktober 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Web Server adalah sebuah perangkat lunak / software yang berfungsi untuk menerima permintaan dari client ke server yang dikirim melalui browser, kemudian memberikan respon dalam bentuk web yang biasnya menggunakan dalam bentuk format HTML. Web Server memiliki layanan menjadi tempat untuk menampung dan menyimpan file seperti script, gambar dan konten halaman, web server dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web base baik itu diakses secara local maupun menggunakan internet.

Web server merupakan sistem perangkat lunak yang banyak diterapkan untuk kebutuhan client server yang berjalan dibrowser, karena tidak membutuhkan resource yang banyak bagi penggunanya hanya dengan memanfaatkan aplikasi browser dan jaringan.

Aplikasi Web Server


Beberapa jenis layanan yang menyediakan web server yang banyak di implementasikan adalah :

  • Apache adalah software gratis open source HTTP server paling banyak di gunakan di dunia yang dapat dijalankan banyak sistem operasi micorosoft windows, unix, BSD dan linux.
  • nginx Nginx adalah server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3
  • IIS IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server.
  • LiteSpeed Web Server adalah teknologi web server.
  • GWS - Google Web Server adalah perangkat lunak server web eksklusif yang digunakan Google untuk infrastruktur webnya

Penerapan Web Server Skala Hosting

Perusahaan Hosting salah satunya, penerapan ini yang paling populer dikalangan industri penyedia web yang menyediakan tempat untuk menyimpan data dan konten baik itu situs website perusahaan, industri kreatif, usaha UMKM, layanan berita, layanan publik, blogger dan kategori website lainnya.

Penyedia Web Hosting Indonesia Unlimited dan Gratis domain murah mulai dari 10.000 bisa kunjungi di niagahoster.co.id, Niagahoster hadir dengan layanan lengkap yang akan memastikan kemudahan Anda. Kini server terbaik dengan harga termurah di kelasnya dan bantuan support 24 jam siap membantu website Anda untuk terus online

Lokal Web Server


Banyak penulis temui perusahaan perusahaan di tanah air menerapkan konsep lokal web server, dengan membangun server lokal yang terintegrasi pada jaringan locak di setiap bagian departemen yang mengelola data perusahan baik itu keuangan, penjualan, persedian dan jual beli.

Mungkin sebagian dari pembaca ada yang belum mengetahui, bahwa web server itu dapat di integrasikan dengan berbagai platform parangkat lunak seperti bahasa pemograman php dan sebuah DBMS (Database Management Sistem).

Web Server biasanya dibangun menggunakan sistem operasi linux seperti Ubuntu Server yang didalamnya di install sebuah perangkat lunak web servis seperti Apache. Ubuntu Server adalah sistem operasi open source yang dapat digunakan secara gratis, ubuntu server memiliki keunggulan dalam hal implementasi web server.




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Ada 0 Komentar di "Apa itu Web Server dan Penerapanya"


Tinggalkan Komentar Disini