Faktor Penyebab Mobil Mengalami Kebakaran

Faktor Penyebab Mobil Mengalami Kebakaran
Picture by : #
22 Oktober 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Ada beberapa diantara pengguna mobil yang mengalami permasalahan yang sangat fatal terjadi pada mobilnya sehingga terjadi kerusakan seperti mogok, mati mendadak, mesin overheating dan bahkan kebakaran. Banyak faktor penyebab mobil yang di kendarai mengalami kebakaran, bisa saja dikarenakan beberapa perubahan yang terjadi pada mobil, salah satunya modifikasi yang tidak sesuai dengan standard, penggunaan part part yang belum teruji, memodifikasi pada bagian mesin dan perubahan kelistrikan mobil.

Mobil diciptakan seyogyanya untuk dikendarai secara nyaman dan aman dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan kejadian yang merugikan. Mobil era saat ini memang sudah di bekali berbagai teknologi yang dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan meminimalisir kerusakan pada mesin, tetapi tidak tertutup kemungkinan bisa saja terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Kebakaran pada mobil bisa saja terjadi akibat kesalahan dari perangkat mesin dan human error, berikut ini beberapa faktor penyebab mobil mengalami kebakaran:


1. Kebocoran Sistem Pembakaran

Sangat riskan sekali jika pada komponen selang bensin mobil mengalami kebocoran, karena komponen ini merupakan jalur dimana dari tangki bensin menuju ruang bakar pada mesin, jika terjadi kebocoran maka uap atau tetesan bensin yang di hasilkan terkena pada mesin, knalpot atau bahan yang mudah panas dapat menimbulkan percikan api yang mudah terbakar.


2. Masalah Kelistrikan

Salah satu yang dapat menimbukan gesekan api adalah pengaruh kelistrikan yang diakibatkan ada kabel yang sudah rusak sehingga terjadi shot, perubahan dan memodfikasi jalur listrik yang tidak sesuai dengan standar sehingga mengenai pada bagian komponen lain yang mudah terbakar. Biasanya jika terjadi kesalahan pada kelistrikan, mobil saat ini sudah sangat canggih, karena dapat mendeteksi ada jalur maupun komponen yang tidak normal, dengan di tandai indikator kelistrikan pada dashboard mobil.

3. Oli Bocor

Bahan yang mudah terbakar adalah bersumber dari bahan berminyak, yang mengakibatkan terjadinya penguapan panas yang berlebihan dari mesin yang terkena oli, sehingga bisa saja menyebabkan kebakaran.


4. Panas Berlebih dari Mesin

Panas mesin saat digunakan berkendara adalah hal yang wajar wajar saja, karena fungsi dari mesin itu sendiri berjalan dengan normal. Panas berlebih biasanya terjadi akibat kondisi cuaca yang ekstrim dan tidak tersedianya air radiator pada mesin serta air cooling / kipas pendingin yang tidak berfungsi dengan baik sehingga terjadinya uapan panas yang berlebih menyebabkan komponen mudah terbakar.

5. Penggunaan Alat Konverter yang Overheating

Alat ini bisa saja terjadi tetapi sangat jarang sekali, biasanya alat konversi ini untuk menjaga emisi mobil agar tetap rendah. Nah... alat konveter ini memiliki komponen dan zat zat berbahaya yang dibakar didalam katalitik konverter dari mengubah gas beracun menjadi polutan tidak terlalu beracun.
Akibat overheating yang di timbulkan biasanya terjadi penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai sehingga kerja dari katalitik konverter berlebih menyebabkan panas yang ditimbulkan dan dapat mempengaruhi komponen yang lain mudah terbakar.


6. Perawatan yang Tidak Teratur

Perawatan yang tidak sesuai aturan dan buku pedoman yang membuat performa mesin dan komponen tidak setabil, pergantian komponen yang tidak di ganti yang seharusnya di ganti dengan yang baru, kabel kabel dan kellistrikan yang terkelupas yang dapat menimbulkan kelistrikan tidak normal.

7. Tabrakan

Yang terakhir adalah terjadinya tabrakan atau terjadi gesekan dengan mobil lain, sehingga terjadinya benturan yang mengakibatkan tangki bahan bakar bocor mengenai pada bagian mesin yang panas maupun knalpot sehingga mudah terbakar.


Artikel Terkait
Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia
Fitur Unggulan Suzuki APV yang Jadi Incaran Keluarga
Suzuki XL5 Pengganti Karimun Wagon R
Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan 5 Tahunan
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic

Ada 0 Komentar di "Faktor Penyebab Mobil Mengalami Kebakaran"


Tinggalkan Komentar Disini