Cara Merawat Laptop Agar Baterai Tetap Awet

Cara Merawat Laptop Agar Baterai Tetap Awet
Picture by : #
11 Oktober 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Laptop adalah perangkat komputer yang dapat dibawa kemana mana karena ukurannya yang sangat kompak dan kecil. Laptop sama halnya dengan Personal Computer yang memilik perangkat yang sama seperti prosessor, ram, hardisk dan mothernboard, hanya saja dikemas dan didesain menjadi kecil dan memiliki baterai.

Baterai adalah salah satu sumber power pada laptop yang disesain khusus untuk menjalankan perangkat dan sistem operasinya. Tidak hanya itu baterai merupakan perangkat yang sangat penting dalam hal mendukung mobilitas saat bekerja. Penggunaan Baterai pada laptop sering kali tidak diperhatikan dalam hal penggunaan maupun pengecasan.

Berikut dibawah ini cara merawat agar baterai laptop tetap awet.


1. Kapan Waktu Charger yang Tepat

Waktu charger yang ideal adalah saat baterai laptop sudah habis dengan ditandai peringatan Baterai Low pada laptop, silakan lakukan pengecasan.


2. Berapa Lama Charger

Lamanya charger bergantung pada konsumsi pemakaian laptop saat dicharger. Penggunaan laptop saat bersamaan dicharger adalah hal yang wajar, tapi perlu diperhatikan dicharger saat penggunaan bersmaan membuat baterai lama terisi. Jika indikator persentasi pengisian baterai 100 persen, silakan cabut konektor charger.

3. Gunakan Adaptor Asli

Gunakan perangkat adaftor charger asli bawaan laptop, agar saat pengisian baterai laptop maksimal dan tidak terjadi voltase yang lebih maupun kurang saat di charger.


4. Teknologi Baterai

Baterai lithium-ion mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan daya lebih tinggi untuk kekuatan baterai lebih lama dalam kemasan yang lebih ringan. Teknologi  juga memiliki kelemahan seperti halnya pengisian baterai secara terus menerus mengakibatkan siklus baterai tidak stabil

5. Full Charger

Biasakan pada saat melepas charger pastikan kondisi baterai dalam keadaan full agar siklus baterai setabil dan durasi penggunaan baterai laptop menjadi tahan lama


6. Gunakan Charger Seperlunya

Penggunaan charger yang tepat, misal jika kondisi baterai 35% kemudian pada 30 menit kedepan juga ingin bertemu klien ingin menunjukan sebuah aplikasi mupun laporan. Apakah hal ini harus dicarger? ya semiinimal minimalnya bisa menambah daya baterai hingga 50%.

Hal demikian bisa saja terjadi, penulis sarankan jika waktu ketemu klien tidak membutuhkan lama lebih baik tidak di charger, apabila membutuhkan waktu lama dan tidak cukup 1 menit atau 2 menit, silakan bawa charger kemudian pada saat low battery bisa langsung di colok.


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Cara Merawat Laptop Agar Baterai Tetap Awet"


Tinggalkan Komentar Disini