Pengertian dari Front End, Back End dan Full Stack dalam Istilah Dunia Informasi Teknologi

Pengertian dari Front End, Back End dan Full Stack dalam Istilah Dunia Informasi Teknologi
Picture by : #
05 Oktober 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Sistem Informasi Teknologi tidak lepas dari perkembangan dunia bahasa pemrograman yang saat ini menjadi salah satu trend dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Misalkan saja mau beli sesuatu seperti belanja ponsel, laptop, pakaian, mainan, kamera dan makanan sekalipun bisa dilakukan secara online tanpa mengetahui proses di balik itu semua.

Bahasa pemrograman sudah merubah mindset cara manusia dalam melakukan kegiatan sehari hari yang hari ini sudah mulai ketergantungan akan manfaat dari itu semua. Misalkan saja toko grosir yang menjual sembako dan bahan pokok lainnya memiliki transaksi hariannya sampai dengan ribuan item, hal ini pasti tidak dapat di kelola dengan baik tanpa ada bantuan sebuah aplikasi yang menangani transaksi tersebut.

Terlepas dari cerita diatas, pastinya ada pengerjaan dibalik itu semua baik itu Front End, Back End maupun pengerjaan di lakukan secara Full Stack.


Front End

Front End adalah pekerjaan dalam dunia pemrograman yang menangani bagian tampilan baik itu desain mockup, desain interface, membuat tampilan HTML, style CSS dan mengatur posisi layout yang dapat di terima dan di mengerti oleh manusia dalam hal penggunaan sebuah aplikasi, mulai dari input data dan laporan.

Front End developer memiliki peran penting dalam membangun sebuah aplikasi, karena desain User Interface dan User Experience atau sering disebut dengan istilah UI dan UX adalah menggambarkan dan merancang bagaimana tampilan yang didesain dapat di gunakan dengan mudah tanpa harus memikirkan nalar yang lebih.


Back End

Back End adalah pekerjaan yang menangani bisnis proses di balik sebuah aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Phython, Ruby dan bahasa lainnya dalam memecahkan sebuah masalah kedalam logika aritmatika maupun perhitungan tertentu.

Back End developer juga tidak terlepas dari query language yang artinya bahasa query yang di pakai sebuah platform pemrograman database tertentu, untuk menampung data dari hasil perhitungan maupun input data bahkan proses data sekalipun.

Full Stack

Full Stack adalah pekerjaan yang menangani keduanya baik itu Front End mapupun Back End, dari pengerjaan mockup desain, UI dan UX, tata letak layout, HTML dan Style CSS. Full Stack developer juga memikirkan role bisnis proses yang akan di bangun mulai dari input, proses dan output.


Demikian informasi ini kami sajikan, Semoga bermanfaat



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Pengertian dari Front End, Back End dan Full Stack dalam Istilah Dunia Informasi Teknologi"


Tinggalkan Komentar Disini