7 Buku Panduan Tentang Peternakan Terpopuler yang bisa dijadikan Referensi Usaha

7 Buku Panduan Tentang Peternakan Terpopuler yang bisa dijadikan Referensi Usaha
Picture by : #
16 September 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Indononesia merupakan daerah yang sangat potensial untuk kegiatan berbagai budidaya seperti peternakan ayam, ayam petelur, budidaya ikan, penggemukan sapi dan penggemukan domba. Konsumsi ayam boiler di Indonesia tergolong sangat meningkat jumlahnya, bisa kita jumpai usaha usaha yang berbahan dasar ayam sangat mudah didapatkan apalagi saat saat hari hari libur besar.

Tak jarang ditemui orang yang melakukan usaha budidaya secara otodidak belajar sendiri tanpa ada panduan dan cara budidaya peternakan dengan benar, hanya mengandalkan pemikiran sendiri dan apa kata orang.

Berikut ini buku panduan peternakan populer yang dapat dijadikan referensi: 

 

 


1. Budidaya Ayam Petelur

1. Budidaya Ayam Petelur

Buku ini berjudul tentang Budidaya Ayam Petelur ISBN-9786026409850, yang paling menguntungkan di tulis oleh Muhammad Rinaldi, buku ini bisa dipelajari secara mandiri atau otodidak berdasar pada buku dan mudah dipraktikan.


2. Beternak Ayam Kampung Hemat Pakan & Tanpa Bau Edisi Revisi

2. Beternak Ayam Kampung Hemat Pakan & Tanpa Bau Edisi Revisi

Mahalnya harga pakan menjadi alasan bagi para peternak mencari pakan alternatif untuk menekan biaya pakan. Saat ini, ada limbah ternak banyak terbuang sia sia, padahal limbah bisa dijadikan pakan untuk ternak dan unggas.

Melalui penelitian yang dilakukan oleh seorang penulis buku ini dan rekan lainnya, olahan limbah sapi dapat digunakan sebagai pakan itik dan ayam. Melalui buku ini penulis Suprio Guntoro ISBN-9789790066137 memaparkan teknis pengolahan kotoran ternak dan aplikasinya sehingga pertumbuhan ternak tetap optimal walau mengkonsumsi limbah ternak.

3. Bisnis Penggemukan Sapi

3. Bisnis Penggemukan Sapi

Buku ini ditulis oleh Sori Basya Siregar ISBN-9789790026117, hadir untuk memberikan gambaran bagi para peternak mengenai penggemukan sapi yang dikelola dengan baik dan propesional. Pembahasan buku ini cukup lengkap, mulai dari pemilihan bakalan, perkandangan, pengelolaan pakan penggemukan, sehingga sistem penggemukan yang dapat dipilih serta menyesuaikan dengan kemampuan peternak dan ketersediaan lokasi.


4. Beternak Ayam Petelur

4. Beternak Ayam Petelur

Buku ini ditulis oleh Yonathan Rahardjo yang diterbitkan oleh Nuansa Cendikia ISBN-9786023500789 tentang ayam petelur, telur ayam saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian keluarga di Indonesia. Dalam berbagai banyak menu masakan dan terutama makanan, telur ayam seringkali menjadi bahan dasar utama.

Telur ayam dihasilkan oleh ayam khusus ras petelur, tidak seperti ayam kampung pada umumnya, pemeliharaan ayam jenis ini tidaklah mudah.

Untuk menghasilkan produk telur yang maksimal, diperlukan pemeliharaan yang telaten. Bukan hanya kegiatan memberikan pakan yang baik tetapi ketelatenan diperlukan sejak penyiapan kandang hingga penanganan setelah pasca panen.

5. Suskes Beternak Kambing

5. Suskes Beternak Kambing

Kambing merupakan salah satu jenis ternak ruminansia yang dikenal secara luar di Indonesia. Hewan ternak ini akrab dikenal sebagai hewan peternakan dikalangan dimasyarakat pedesan. Meskipun demikian usaha ternak kambing yang banyak dijalankan oleh masyarakat hanya berskala kecil.

Buku ini disusun oleh infoagribisnis.com ISBN-9786026380890, yang diterbitkan oleh Anak Hebat Indonesia, untuk menunjang dan meningkatkan pengembangan agribisnis beternak kambing, maka dibutuhkan informasi praktis mengenai seluk beluk informasi mengenai kambing, jenisnya, hingga ulasan teknik teknik ternak kambing secara tuntas.

Maka buku ini dapat dijadikan sumber informasi praktis bagi siapa saja yang tengah bersinggungan dengan beternak kambing.


6. Beternak Ayam Kampung Paling Unggul : Pedaging & Petelur KUB

6. Beternak Ayam Kampung Paling Unggul : Pedaging & Petelur KUB

Beternak Ayam Kampung Paling Unggul : Pedaging & Petelur KUB yang ditulis oleh Abdullah Udjianti diterbitkan oleh Agromedia Pustaka ISBN-9789790065666. Ketersediaan akan daging, telur, dan bibit ayam kampung di Indonesia hingga kini belum sepenuhnya memenuhi permintaan pasar.

Dalam bisnis ayam kampung, yang dibutuhkan peternak saat ini adalah jenis ayam kampung dengan produktivitas telur tinggi, pertumbuhan bobotnya cepat, tetapi dengan penggunaan pakan yang efisien.

Jawabannya adalah ayam kampung terseleksi atau ayam Kampung Unggul Balitbang Pertanian (ayam KUB). Dihasilkan dari seleksi galur murni 6 generasi, sehingga menghasilkan ayam kampung yang bongsor, banyak bertelur, dan cenderung tahan terhadap serangan penyakit.

Buku ini memaparkan segala hal terkait ayam KUB, termasuk teknis pemeliharaan pedaging dan petelur, perkandangan, perawatan DOC, hingga pemanenan, lengkap dengan analisis usaha dan pemasarannya.

7. Usaha Penggemukan Domba (Revisi)

7. Usaha Penggemukan Domba (Revisi)

Kebutuhan daging domba setiap tahunnya selalu meningkat. Tentunya, pada momen-momen tertentu seperti Hari Raya Idul Adha akan terjadi peningkatan yang signifikan. Di satu sisi, suplai yang ada saat ini masih selalu kurang. Salah satu segmen yang bisa memberikan keuntungan paling tinggi dari usaha peternakan domba adalah segmen penggemukan.

Namun demikian, usaha di segmen ini tidaklah mudah karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari pemilihan bakalan, pakan, sampai system penggemukan yang diterapkan menjadi kunci sukses segmen ini.

Sistem penggemukan yang paling baik saat ini adalah feedlot yang mampir meningkatkan bobot domba sampai 10 kg dalam waktu 2,5 bulan. Di dalam buku ini juga dijelaskan cara penggunaan pakan komplit dalam bentuk mash dan pelet.

Diselipkan pula analisis usaha sebagai pelengkap. Ingin raih untung besar dari penggemukan domba? Buku ini akan memandu Anda.

Buku ini ditulis oleh Endang Purbowati Dan Tim Penulis Mitra Tani Farm ISBN-9789790023680 yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya

 

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Sulitnya Konsisten jadi Blogger
Cara Transfer Antar Bank Lain di BSI Mobile
Fakta Menarik tentang Google AdSense dan Manfaatnya
Error BSI Mobile Muncul Pop Up Permintaan Gagal di iPhone
5 Alasan Kenapa Blog Anda di Tolak Google AdSense
Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah? Ini Alasannya 
Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Lamaran Kerja via Online
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO
Tren Blogger Beralih ke Youtube
Cara Top Up Saldo Halodoc Menggunakan Mandiri Mobile

Ada 0 Komentar di "7 Buku Panduan Tentang Peternakan Terpopuler yang bisa dijadikan Referensi Usaha"


Tinggalkan Komentar Disini