Budget Minim, Pilih Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas

Budget Minim, Pilih Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas
207 view • 02 Desember 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog
Ads Promote Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Budget minim dan pas-pasan terkadang membuat kita bingung untuk memilih sebuah mobil impian, karena saat ini kebutuhan alat transportasi sangat di butuhkan, sebagai keluarga muda tentu ini menjadi dilema, karena kita tahu bahwa harga mobil yang ditawarkan biasanya sangat mahal, bergantung dengan merek dan tipe, karena mempengaruhi daya beli setiap orang.

Pilihan beli mobil secara kredit biasanya membutuhkan waktu jangka yang lama dalam hal skema pembayaran, angka yang di tawarkan juga bervariatif, sesuai dengan harga mobil yang akan di beli.

Baca juga Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan Indonesia

Beli mobil baru dan bekas tentu memiliki perbedaan, bisa di bilang ada plus minusnya, dan perlu kita perhatikan bahwa membeli mobil bekas kita harus tau tentang mobil itu sendiri, jika tidak kita bisa tertipu.


Ads Promote OTODEALS

Pilih Kredit Mobil Baru

Pilihan beli mobil secara kredit ini tentu harus di pikirkan secara matang - matang, karena kredit mobil itu tidak murah, dan angsuran bulanan yang di berikan juga sangat tinggi serta jangka waktu yang lama. Berikut di bawah ini keuntungan dan kekurangan yang harus di perhatikan saat ingin membeli mobil baru secara kredit.

Pertama kita bicara tentang keuntungan beli mobil baru terlebih dahulu, seperti apa keuntungannya, cek berikkut dibawah ini:

  • Mobil baru tidak memiliki histori pemakain dari sebelumnya, jadi mobil baru adalah mobil yang keluar dari pabrikan, sehingga kondisi masih mulus dan tidak ada kendala sema sekali.
  • Anda tidak perlu melakukan cek kondisi mesin, hanya saja Anda harus memastikan bahwa mobil yang dibeli dalam kondisi baru dari showroom.
  • Mobil baru hanya memerlukan perawatan ringan, seperti ganti oli, cek air radiator dan lain sebagainya, jadi Anda tidak perlu memikirkan bagian sparepart mobil yang akan di ganti.
  • Mobil baru memiliki pemakaian jangka panjang 5 sampai 10 tahun kedepan, dan harga jualnya relatif masih bersaing.
  • Beli mobil dengan kondisi baru tentu ini memberikan kepuasan tersendiri dalam hal pemakaian dan impresinya saat berkendara.

Poin diatas merupukan keuntungan kita dalam membeli mobil baru, nah apakah membeli mobil baru dengan skema kredit masih menguntungkan, simak berikut ini beberapa poin penting saat Anda ingin membeli mobil secara kredit.

  • Mobil yang Anda beli secara kredit, ini tentu akan menjadi hutang setiap bulannya, secara tidak langsung Anda harus menyiapkan dana lebih untuk membayarnya.
  • Biaya cicilan bulanan yang relatif tinggi, jika di hitung harga mobil cash dengan kredit itu jauh berbeda, jadi jika Anda hitung angsuran kredit bualananya bisa mecapai dua kali lipat dari harga mobilnya.
  • Saat akan membeli mobil secara kredit, silakan pertimbangkan jangka waktu angsuran dan jumlah bulanannya, karen skema pembelian mobil secara kredit itu mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun, maka dari itu pertimbangkan jangka waktunya.
  • Poin yang terakhir adalah Anda harus menyisihkan pendapatan / gaji Anda setiap bulan untuk membayar angsuran mobil, Anda bisa mempersentasikannya 70% kebutuhan rumah tangga, 30% untuk biaya cicilan mobil, jadi jangan memaksakan diri.

Ads Promote Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah

Beli Mobil Bekas

Beli mobil bekas itu berbeda dengan beli mobil baru, Anda tidak bisa berharap banyak tentang mobil bekas yang akan dibeli, yang paling medasar adalah kita harus paham tentang mobil yang akan kita beli, agar Anda tidak kecewa nantinya.

Berikut dibawah ini poin penting yang harus Anda perhatikan saat membeli mobil bekas, yang pertama kita bahas keuntungannya.

  • Beli mobil bekas biasanya relatif lebih murah, selain itu mobil yang di tawarkan memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih lengkap dengan harga yang sama jika di bandingkan dengan mobil baru.
  • Untungnya kita saat membeli mobil bekas adalah dari orang tangan pertama dengan perawatan yang baik, nah ini tentu menjadi nilai plus mobil bekas.
  • Membeli mobil bekas tentu menjadi pertimbangan Anda untuk kebutuhan transporatasi, jadi tidak perlu membutuhkan sebuah mobil baru.
  • Dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memilih mobil-mobil bekas eropa yang notabenya memiliki spesifikasi mesin dan fitur yang lebih bagus.

Poin diatas merupakan beberapa kuntungan bagi Anda dalam memilih mobil bekas, dan kini apa saja kekurangan dari mobil bekas, berikut dibawah ini yang perlu Anda perhatikan:

  • Pertama, Anda harus memeriksa kondisi mesin terlebih dahulu, tidak semua orang tahu tentang masalah mesin, maka dari itu Anda harus mencari mekanik yang mengerti tentang mesin.
  • Anda harus mempersiapkan gocek lebih, untuk melakukan perwatan mobil, karena kita tahu bahwa mobil bekas rentan terhadap masalah komponen -  komponen mesin dan sparepart lainnya.
  • Sebelum Anda gunakan mobil, pastikan mobil yang digunakan di cek semua kondisinya, mulai dari kelistrikan, kaki-kaki, mesin, bodi mobil, oli mesin ke tempat servis resminya.
  • Selanjutnya silakan cek pajak tahunan kendaraan yang akan Anda beli, memang mobil murah, akan tetapi jika yang Anda beli adalah mobil mewah di jamannya, dan Anda beli bekasnya, maka biaya pajak tahunannya akan tinggi.
  • Harga jual kembali mobil bekas, ini biasanya tergantung dengan seri dan tahun pada mobil tersebut, nah biasanya harga cenderung lebih murah.

Ads Promote OLX Autos

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.

Ads Promote Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Ads Promote Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Budget Minim, Pilih Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas"


Tinggalkan Komentar Disini