Apa itu Tabungan Deposito? Simak Di Sini

Apa itu Tabungan Deposito? Simak Di Sini
Picture by : freepik.com
22 Desember 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Kelola Usahamu dengan Youtap

Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh bank. Mulai dari menyimpan uang, kredit, menerima dan mengirim uang hingga melakukan investasi. Produk investasi yang dapat dipilih pun beragam, bisa disesuaikan dengan profil risiko masing-masing nasabah.
Tabungan deposito adalah salah satu produk yang banyak diminati. Memberi keuntungan yang lebih besar dibanding tabungan biasa, berikut pembahasan mengenai apa itu tabungan deposito, kelebihan serta tips saat memilihnya.

Apa itu Tabungan Deposito

Tabungan deposito adalah salah satu instrumen investasi dimana nasabah bisa menyimpan uangnya di bank dan akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dibanding tabungan biasa.

Perbedaan mendasar antara deposito dengan tabungan biasa ialah pada tabungan biasa, nasabah bisa mengambil dana yang disimpan sewaktu-waktu. Sedangkan tabungan deposito, dana hanya bisa diambil setelah periode waktu tertentu atau setelah tenor habis.
Semakin lama nasabah menyimpan uang deposito maka semakin tinggi keuntungan atau bunga deposito yang akan didapat. Namun, saat nasabah mengambil dana deposito sebelum jangka waktu yang ditetapkan maka nasabah akan terkena denda pinalti.

Sementara itu pengertian dari bunga deposito adalah suku bunga yang akan diberikan pihak bank kepada nasabah yang melakukan  deposito. Adapun cara menghitung keuntungan bunga deposito adalah mengalikan suku bunga deposito dengan jumlah uang disimpan dalam deposito kali jumlah hari dibagi 365. 

Sementara cara menghitung pajak deposito adalah dengan mengalikan tarif pajak dengan bunga deposito. Selanjutnya cara menghitung pengembalian deposito dengan cara nominal investasi ditambah dengan keuntungan bunga deposito dikurangi pajak deposito.

Shopee


Keuntungan Deposito

Nah, sebelum mengetahui jenis-jenis deposito dan tips memilihnya, berikut ini keuntungan deposito yang akan Anda dapatkan, antara lain :

  • Dengan menyimpan uang dalam bentuk deposito maka Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dibanding menyimpan uang dalam bentuk tabungan biasa.
  • Dapat mengamankan uang yang dibutuhkan, misal Anda memiliki kebutuhan dalam  2 tahun ke depan yang dikhawatirkan akan habis kalau disimpan dalam bentuk cash. Nah, Anda dapat menyimpan uang tersebut dalam bentuk tabungan deposito. Selain lebih aman karena tidak dapat Anda gunakan sebelum jangka waktu yang ditentukan habis, Anda pun akan mendapat keuntungan sesuai ketentuan awal.
  • Dana deposito aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga saat terjadi krisis tidak mempengaruhi dana deposito Anda. Namun banyaknya dana yang dijamin LPS maksimal 2 Milyar.
  • Tabungan deposito dapat dijadikan agunan atau jaminan.
  • Deposito merupakan produk investasi yang memberi keuntungan lebih stabil dibanding emas atau saham.

Bukalapak


Jenis-jenis Deposito

Setelah mengetahui keuntungan deposito yang lebih besar dibanding tabungan biasa serta merupakan jenis investasi yang relatif aman, berikutnya adalah jenis-jenis deposito yang dapat dijadikan pilihan, antara lain :

• Deposito Berjangka

Adalah salah satu jenis-jenis deposito yang memiliki banyak peminat. Seperti namanya, deposito berjangka ialah jenis tabungan dimana dana yang disimpan bisa diambil dengan jangka waktu yang dipilih, misal 1, 2, 3 hingga 24 bulan. 

Deposito berjangka dapat diterbitkan baik atas nama perorangan maupun melalui nama lembaga. Penarikan deposito berjangka hanya bisa dilakukan dengan nama sama yang tercantum dalam deposito. Setelah melewati jangka waktu yang dipilih, nasabah akan mendapat bunga deposito sesuai ketentuan awal. Deposito berjangka tidak bisa diperjualbelikan serta tidak bisa dipindahtangankan

• Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito tidak mengacu nama perseorangan maupun lembaga yang memilikinya karena akan dipindahtangankan atau diperjualbelikan. Adapun pilihan waktu yang diberikan pada nasabah ialah 3, 6 dan 12 bulan dengan pencairan bunga yang dapat dilakukan di awal maupun ketika jatuh tempo.

• Deposito On-Call

Merupakan jenis-jenis deposito dengan waktu paling singkat yaitu minimal 7 hari atau maksimal 30 hari. Jenis-jenis deposito ini diterbitkan dalam jumlah besar dengan pencairan bunga yang dapat dilakukan saat pencairan deposito, asal sebelumnya nasabah telah memberitahukan bahwa deposito tersebut akan dicairkan.

Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah


Tips Menabung Deposito

Menjadi salah satu instrumen investasi, sebelum menabung deposito Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Gunakan 'uang dingin' yang dimiliki karena deposito berbeda dengan tabungan biasa yang bisa diambil sewaktu-waktu. Saat Anda membutuhkan dana yang didepositokan sebelum tenor, Anda akan mengalami kerugian karena mendapat penalti.
  • Pilih tabungan deposito kalau kebutuhan yang hendak dipenuhi berada dalam jangka pendek karena bunga deposito tidak cukup kuat melawan inflasi.
  • Pilih bank untuk membuka deposito yang memiliki reputasi baik, sesuai standar serta terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  • Perhatikan besarnya suku bunga yang diberikan. Bank deposito yang menawarkan suku bunga tinggi tentu menawarkan keuntungan yang tinggi pula. Meski besarnya keuntungan berbanding lurus dengan suku bunga yang ditawarkan, setiap bank memiliki batas maksimal suku bunga serta ketentuan lain seperti minimal dana yang harus disetor dan lamanya tenor yang diambil. Dalam mencari bank yang menawarkan suku bunga, Anda harus waspada saat menemukan bank yang menjanjikan suku bunga melebihi yang telah ditetapkan LPS.
  • Perhatikan biaya lain-lain. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat nasabah mengambil deposito sebelum tenor maka bank akan memberikan penalti. Nah, hal ini berkaitan dengan perkiraan dana akan Anda butuhkan. Hitung secara seksama agar Anda dapat memilih tenor yang sesuai.
  • Selain menyesuaikan tenor dengan kebutuhan Anda, penting juga untuk memperhatikan biaya-biaya lain, seperti biaya administrasi yang diwajibkan. Hal lain terkait biaya yang perlu diperhatikan adalah besarnya pajak yang akan dipotong sesuai dengan nilai deposito yang dimiliki. Untuk nilai deposito di bawah Rp 7.500.000 tidak dikenakan pajak. Sedangkan untuk nilai deposito di atas Rp 7.500.000 akan dipotong pajak 20%
     

Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah


Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu tabungan deposito, pengertian bunga deposito adalah, kelebihan serta tips memilih deposito.




Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Apa itu Tabungan Deposito? Simak Di Sini"


Tinggalkan Komentar Disini