Apa itu Payment Gateway? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Payment Gateway? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Picture by : freepik.com
27 Desember 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Berbagai bisnis online menjadi salah satu dorongan kuat yang meningkatkan bidang fintech. Salah satu jenis fintech yang cukup berkembang adalah payment gateway. Apa itu payment gateway? Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut. Jika masih bingung, mari simak penjelasannya!

Pengertian Payment Gateway

Apa itu payment gateway, salah satu media yang digunakan untuk bertransaksi guna memberikan layanan berbagai jenis e-commerce. Keberadaan payment gateway menjadi salah satu kemudahan, baik untuk pelaku bisnis atau pun konsumen yang bertransaksi. 

Istilah payment gateway berasal dari kata bahasa Inggris yakni payment dan gateway. Secara bahasa, payment gateway diartikan sebagai gerbang pembayaran. Sebuah gerbang dengan teknologi canggih guna melancarkan transaksi dalam berbagai bisnis. Caranya dengan menggunakan koneksi internet. 

Baca juga Manfaat Penggunaan Fintech

Lebih rincinya, payment gateway bisa didefinisikan dengan salah satu alat untuk melakukan transaksi dalam pelayanan e-commerce dengan fungsi yang memiliki otoritas terhadap berbagai jenis pembayaran. 
Kelancaran payment gateway ditunjang dengan berbagai sistem yang beragam. Di antara sistem yang dimaksud mencakup sistem verifikasi secara otomatis, kode keamanan, serta 3D secure password yang akan membuat Anda aman bertransaksi. 

Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

Setelah mengetahui apa itu payment gateway, kini Anda wajib tahu keuntungan yang akan diraih. Keuntungan yang didapatkan berlaku pada pelaku bisnis dan juga konsumen yang bertransaksi. 

Keuntungan-keuntungan yang akan didapat antara lain:

1. Bertransaksi Tanpa Batas
Anda berkesempatan untuk bertransaksi tanpa batas. Payment gateway tentunya menjadi solusi untuk Anda yang melakukan banyak transaksi. Hal ini dikarenakan payment gateway bisa digunakan tanpa adanya limit. 

2. Bisa Bertransaksi Secara Massal
Selanjutnya, memungkinkan Anda untuk bisa melakukan transaksi massal. Keuntungan yang satu ini patut dipertimbangkan para pelaku bisnis yang sewaktu-waktu dibutuhkan transaksi yang sifatnya massal. Misalnya, untuk pemberian gaji para karyawannya. 

3. Memiliki Opsi Pembayaran yang Beragam
Payment gateway menyajikan opsi pembayaran yang beragam. Anda pun akan lebih leluasa dan nyaman melakukan transaksi. Suguhan alat transaksi online ini tentunya memiliki sarana yang berkembang. Semakin hari, sarana yang disuguhkan pun akan semakin penuh inovasi. 

4. Melakukan Transaksi Secara Cepat
Kecepatan adalah salah satu poin yang diperhatikan banyak orang, terutama mereka yang memiliki aktivitas padat. Melalui payment gateway, Anda bisa bertransaksi secara cepat. Prosesnya tidak akan lama, karena terintegrasi dengan berbagai asosiasi penerbit seperti halnya bank dan semacamnya. 

5. Memiliki Keamanan yang Terjamin
Tingkat keamanannya pun tidak perlu dikhawatirkan. Transaksi yang dilakukan terjamin keamanannya. Adanya sistem keamanan ganda akan membuat siapa pun yang bertransaksi terlindungi. Data Anda pun akan terlindungi dengan adanya sistem skimming.

6. Menukarkan Kurs Secara Mudah
Tidak hanya memberikan layanan pembayaran, Anda pun bisa menukarkan kurs secara mudah. Untuk Anda yang sering pergi ke luar negeri, tidak perlu lagi antre melakukan pertukaran kurs. Kini, dengan menggunakan payment gateway pun Anda bisa menukarkannya secara mudah.

Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah


Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Dengan terjawabnya pertanyaan apa itu payment gateway, Anda patut memahami cara kerjanya. Setidaknya terdapat beberapa langkah kerja yang harus dilalui guna mencapai keberhasilan sebuah transaksi. Mari simak cara kerja payment gateway berikut:

1. Konsumen Bertransaksi
Pertama-tama, konsumen yang membeli produk tertentu pada sebuah online shop akan diteruskan pada sistem pembayaran. Salah satunya yakni payment gateway. Cara ini merupakan salah satu alat pembayaran yang terpasang otomatis pada konsumen terkait.

2. Diteruskan Kepada Pelaku Proses Pembayaran
Ketika konsumen memulai transaksi, maka informasi pun akan diteruskan pada pelaku atau prosesor pembayaran yang berkaitan. Hal ini bergantung pada pilihan konsumen. Misalnya, konsumen memilih bayar via bank, maka payment gateway akan menginformasikannya pada bank terkait. 

3. Informasi Disampaikan Pada Asosiasi Penerbit 
Selanjutnya, pelaku yang dipilih dalam proses pembayaran akan meneruskan informasi pada pihak asosiasi penerbit. Asosiasi yang dimaksud berupa Visa, mastercard dan semacamnya. Selain itu, payment gateway pun bisa meneruskan langsung pada bank yang menjalin kerja sama. 

4. Mendapatkan Kode Khusus
Jika data berhasil disampaikan, pihak asosiasi penerbit akan menerbitkan sebuah kode khusus. Kode yang dimaksud akan diterima pelaku proses pembayaran. Sifat dari kode yang diberikan serupa dengan OTP. Namun, kode hanya akan diketahui pihak penerbit serta pihak prosesor dari payment gateway.

5. Transaksi Berhasil
Ketika kode khusus berhasil dikonfirmasi, maka status pembayaran pun akan berubah menjadi lunas. Informasi ini akan disampaikan payment gateway pada merchant terkait. Transaksi yang dilakukan pun bisa dikatakan berhasil dan selesai.

Bukalapak


Nah, itulah informasi terkait apa itu payment gateway. Pemahaman yang mendalam tentunya akan membuat Anda terhindar dari hal-hal yang merugikan. Anda pun bisa memanfaatkan alat transaksi online secara mudah. 

Sanofiofficial Shopee





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Apa itu Payment Gateway? Ini Penjelasan Lengkapnya!"


Tinggalkan Komentar Disini