Apa Itu Neobank Digital? Simak Di Sini

Apa Itu Neobank Digital? Simak Di Sini
Picture by : freepik.com
23 Desember 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Saat ini, Neobank tengah menjadi perbincangan hangat pada industri keuangan serta dunia maya. Dengan sistem operasionalnya yang secara penuh online, tidak heran apabila Neobank digital orang-orang anggap menjadi saingan bahkan ancaman bagi industri perbankan.

Neobank sendiri tidak memiliki bentuk fisik atau cabang seperti bank konvensional. Semua layanannya secara penuh menggunakan jaringan internet atau online. Awalnya, Neobank digital lahir dari aplikasi chatting atau media sosial. Seperti WeChat, atau KakaoTalk. Namun berkembang, sehingga orang-orang dapat menggunakannya untuk transaksi digital.

Apa Pengertian Neobank Digital

Neobank digital di Indonesia merupakan sebuah inovasi teknologi keuangan yang menawarkan layanan perbankan online tanpa kantor cabang. Jadi, Neobank digital tidak memiliki bentuk fisik seperti bank pada umumnya. Sistem yang mereka gunakan sepenuhnya daring.

Aplikasi ini memang lebih tertuju pada para nasabahnya yang paham terhadap teknologi, dan mereka tidak keberatan melakukan pengelolaan keuangannya melalui aplikasi ini.
Istilah Neobank sendiri pertama kali muncul di tahun 2017. Inovasi keuangan satu ini bahkan sering orang samakan dengan teknologi fintech. Dengan memberikan kemudahan bagi para nasabahnya, tidak heran apabila orang-orang menyebut Neobank sebagai ancaman bagi bank tradisional.

Apa Perbedaan Neobank dengan Bank Digital

Bicara mengenai bank digital, saat ini jumlah bank digital di Indonesia terbilang sudah banyak. Namun, jangan sampai salah mengartikan antara bank digital dengan Neobank digital. Sebab, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.
Neobank merupakan 100% bank digital. Ini telah benar-benar terpisah dari bank tradisional yang telah ada sebelumnya. Baik dalam skala kecil ataupun besar.

Baca juga Tren Bank Digital

Sedangkan, bank digital biasanya merupakan layanan perbankan yang menempel pada bank induknya yaitu bank konvensional. Tujuannya, bank digital sendiri untuk menyediakan layanan keuangan secara online. 

Apa Saja Keuntungan Neobank Itu?

Sebelum mendaftar Neobank digital bank, ketahui apa saja keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika memiliki rekening Neobank tersebut. Baiklah, tanpa basa-basi lagi langsung saja berikut ini adalah beberapa keuntungan dari Neobank digital:


Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi

1. Tampilan Aplikasi yang Ramah

Layanan tampilan aplikasi yang ramah dapat memberikan pengalaman baik pada para pengguna. Hal itulah menjadi salah satu fokus Neobank dalam mengembangkan produknya. Dengan tampilan ramah, dapat memberikan kemudahan bagi pengguna mengoperasikan aplikasi ini.
Tampilan aplikasi memang menjadi perhatian penting bagi Neobank digital. Misalnya, dengan mengutamakan tampilan yang rapi, mudah pengguna pahami, dan lebih memanjakan mata pengguna.

Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah

2. Menawarkan Suku Bunga Lebih Tinggi dan Biaya Layanan Lebih Rendah

Berbeda dengan bank konvensional, biaya operasional, biaya admin, dan juga transaksi Neobank digital terpercaya lebih rendah dari pada bank konvensional. Hal tersebut karena Neobank beroperasi tanpa adanya cabang.

Selain itu, Neobank juga tidak membutuhkan banyak staff untuk menjalankan operasi perbankan mereka. Inilah salah satu alasan kenapa biaya adminnya lebih kecil dari pada bank konvensional. Selain itu, suku bunganya juga lebih tinggi. Sehingga Anda dapat lebih untung ketika menyimpan uang di Neobank.

Bukalapak

3. Aktivitas Transaksi yang Serba Mudah dan Cepat

Semua kegiatan transaksi perbankan Neobank digital dapat Anda lakukan melalui aplikasi smartphone. Anda dapat melihat semua kegiatan transaksi tersebut dengan mudah dan cepat dengan melihat pembaruan tampilan aplikasi.

Jadi, tidak heran apabila aktivitas transaksi menjadi lebih mudah. Terutama, pengelolaan keuangan Anda menjadi lebih baik. Menariknya lagi, Neobank juga menawarkan pinjaman yang mana prosesnya dapat lebih singkat sehingga debitur dapat mendapatkan dananya lebih cepat.

Sanofiofficial Shopee

4. Mempermudah Transaksi

Dengan hadirnya Neobank mempermudah siapa saja melakukan transaksi digital kapanpun dan di manapun. Seperti kita ketahui, proses memiliki rekening di bank tradisional memang terbilang ribet bukan? Belum lagi, beberapa syaratnya yang lumayan banyak.

Berbeda dengan aplikasi Neobank. Calon nasabah tidak membutuhkan banyak syarat untuk memperoleh akun atau ingin membuka tabungan pada bank ini. Selain itu, Anda juga tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksinya. Cukup menggunakan smartphone dan jaringan internet, maka transaksinya akan berjalan dengan mudah.

Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah

5. Sistem Keamanan yang Unik

Bicara mengenai sistem keamanan Neobank, secara umum, Neobank telah terlengkapi oleh biometrics dan face-id ketika seseorang melakukan login dan transaksi.
Selain sistem keamanannya yang baik, dan unik. Dengan dukungan teknologi yang canggih tersebut, mereka juga memperhatikan tampilan rapi, mudah pengguna pahami, serta dapat memanjakan mata para penggunanya.

Cara Kerja Neobank

Untuk mendapatkan aplikasi Neobank digital, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui smartphone atau tablet. Bagi yang mahir pada teknologi tentu tidak akan kesulitan ketika menggunakan aplikasi ini. Akunnya mudah Anda atur, serta aksesnya cepat.
Semua layanan dan juga transaksi dapat Anda lakukan tanpa harus menandatangani berbagai dokumen fisik. Jadi, tinggal mendaftar saja melalui aplikasinya, maka dapat melakukan proses transaksi yang ingin Anda dapatkan.

Sedangkan, semua produknya hampir memiliki kesamaan dengan yang ada pada bank tradisional. Meskipun terbatas, namun layanan perbankannya tetap sama seperti pada bank tradisional. 
Produk-produk Neobank antaranya yaitu layanan pembukaan rekening atau deposito, pembayaran serta transfer, dan layanan rencana keuangan. 

Ketika menggunakan Neobank, tidak perlu khawatirkan segi keamanannya. Walaupun daring, namun bank ini sama seperti bank tradisional. Jadi, tingkat keamanan antara Neobank dengan bank konvensional sama.

Neobank memang memberikan banyak keuntungan tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga konsumen. Jika Anda tertarik melakukan transaksi perbankan di aplikasi ini, pastikan jika aplikasi Neobank digital yang Anda gunakan betul-betul terpercaya. Itu saja informasi mengenai apa itu Neobank, semoga bermanfaat.





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Apa Itu Neobank Digital? Simak Di Sini"


Tinggalkan Komentar Disini