Apa itu Google Webmaster, Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Google Webmaster, Ini Penjelasan Lengkapnya
386 view • 09 Februari 2022

Picture by : wibloog.com • Post by : Admin@Wibloog

Kalangan blogger atau publisher konten pasti tahu tentang Google Webmaster, dimana tools ini merupakan sarana untuk melakukan pengindeksan sebuah link artikel, berita dan lainnya, agar halaman yang di indeks dapat di temukan oleh mesin pencarai Google. Jika Anda memiliki blog, website atau portal online, Anda harus mendaftarkan alamat website ke tools Google Webmaster.

Mungkin sebagian dari Anda sering menggunakan Google sebagai tempat untuk mencari informasi, nah pada saat Google menampilkan hasil pencarian, itu adalah berasal dari pengindeksan melalui Google Webmaster yang di filter sesuai dengan algoritma google.

Tools ini menjadi salah satu referensi bagi google dan para blogger untuk mengetahui data trafik pengunjung sebuah blog, sehingga kita bisa melakukan evaluasi dan kinerja dari blog tersebut, dengan tersebut apakah blog kita dibutuhkan oleh orang lain dalam hal mencari informasi di beranda google.

Berikut dibawah ini ada beberapa yang harus Anda ketahui apa saja yang ada di dalam Tools Google Webmaster.





Properti (Nama Domain)


Setiap akan menggunakan tools Google Webmaster, Anda harus mendaftarkan nama domain blog atau website, agar google webmaster mengenali data trafik yang ada di blog Anda, ini biasanya harus melakukan beberapa langkah unutk melakukan verifikasi pemiliknya, biasanya konfigurasi TXT DNS yang ada di domain dan cpanel (jika menggunakan web hosting) kode dari Google seperti ini google-site-verification=XXX.


Sitemap


Selanjutnya ada sitemap, atau sering disebut dengan sitemap.xml, mungkin sebagian sudah tahu dari fungsi ini, yaitu untuk menjebatani robot google untuk melakukan crawling yang ada pada blog atau website tersebut, sehingga lebih mudah di indeks, format data yang digunakan di sitemap.xml harus menggunakan format xml.

Setiap ada perubahan atau update terbaru dari sebuah konten blog atau website, maka fungsi sitemap.xml menjadi salah satu yang sangat penting, karena perubahan tersebut lebih cepat terindeks. Komponen saja yang ada di dalam sitemap.xml, berikut dibawah ini salah satunya.

  • Link, merupakan url base dari sebuah artikel atau berita yang di publikasikan
  • Tanggal terakhir di modifikasi
  • Prioritas indeks
  • Gambar.


Performa (Performance)


Pada bagian performa dari tools Google Webmaster adalah untuk menampilkan informasi hasil pencarian seperti total klik, total impresi atau tayangan blog atau website kita di mesin pencarian google, kemudian ada rata - rata CTR dan posisi. Menu ini sebagai salah satu informasi kepada pengguna blog untuk mengetahui apakah konten yang sudah di publikasikan mendapatkan tayangan dan klik dari hasil pencarian google, sehingga kita bisa mengetahui apakah konten yang dibangun benar-benar tertarget.
 


Pengalaman Halaman (Page Experience)


Saat ini Google untuk menentukan rangking sebuah blog atau website dimesian pencarian google yaitu melalui page experience, dimana pada menu ini menampilkan beberapa informasi terkait link yang telah di publikasikan, dimana google melakukan penilaian berdsarkan resource yang ada pada blog tersebut, apa saja itu? berikut dibawah ini komponennya.

  • Kecepatan website
  • Optimasi gambar yang ada di setiap konten
  • Format html halaman baik itu menu, navigasi, tombol, link yang mudah di akses
  • Akses blog / website harus menggunakan HTTPS
  • SEO (Search Engine Optimization)



Demikian penjelasan komponen penting yang ada di Google Webmaster, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.






Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Apa itu Google Webmaster, Ini Penjelasan Lengkapnya"


Tinggalkan Komentar Disini