Apa itu Franchise, dan Pengertian Waralaba yang Wajib Anda Ketahui

Apa itu Franchise, dan Pengertian Waralaba yang Wajib Anda Ketahui
Picture by : freepik.com
31 Desember 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Kelola Usahamu dengan Youtap

Siapa yang tidak kenal dengan franchise dan waralaba? Pastinya kedua jenis usaha ini banyak dikenal oleh pebisnis karena menghasilkan keuntungan yang fantastis. Meskipun begitu, tidak jarang pula kalangan yang belum mengetahui apa itu franchise, dan pengertian waralaba. Apakah Anda adalah salah satunya?

Franchise atau waralaba menjadi jenis usaha yang terus populer dari tahun ke tahun. Pasalnya kedua jenis usaha ini memiliki daya tarik tersendiri di mata peminatnya. Tidak hanya menguntungkan, tetapi bisnis franchise atau waralaba ini mudah untuk dijalankan. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba jenis usaha ini.

Nah jika Anda masih belum tahu tentang apa itu franchise, dan pengertian waralaba, tidak usah khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda untuk mengenal lebih dekat tentang apa itu franchise dan waralaba beserta informasi lengkap lainnya. 

Shopee Gratis Ongkir


Apa itu Franchise, dan Pengertian Waralaba?

Franchise adalah hubungan atau ikatan salah satu pihak yang diberikan hak untuk menggunakan atau memanfaatkan hak dari kekayaan intelektual atau HAKI suatu brand. Di Indonesia sendiri nama franchise disebut dengan waralaba, sehingga keduanya merupakan jenis bisnis yang sama. Dalam bidang franchise 2021 terdapat sejumlah istilah yang berhubungan dengan bisnis ini, yaitu:

Franchisor
Franchisor adalah pihak yang memberikan waralaba atau hak kepada orang lain untuk menggunakan dan memanfaatkan suatu brand.

Franchisee
Franchisee merupakan pihak yang menerima waralaba dari franchisor untuk menggunakan hak kekayaan intelektual yang diberikan.

Franchise Fee
Berbeda dari kedua istilah diatas, franchise fee adalah biaya atau modal awal yang harus dikeluarkan di muka sebelum bisnis waralaba mulai beroperasi. 

Royalti Fee
Sedangkan royalti fee adalah jenis biaya yang harus dibayarkan setelah waralaba berhasil beroperasi. Biasanya pihak franchisor akan menetapkan jumlah biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Nah kini Anda sudah tahu apa itu franchise, dan pengertian waralaba. Mulai sekarang tidak boleh bingung lagi antara keduanya, karena baik itu franchise atau waralaba merupakan sebuah bisnis yang sama hanya saja berbeda nama saja.

Bukalapak


Tips Sukses Memulai Usaha Franchise dan Waralaba

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis waralaba, sebaiknya jangan gegabah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti yang akan kami bahas di bawah ini tentang tips sukses memulai bisnis franchise dan waralaba.

1. Pilih Bisnis yang Sesuai
Dalam menjalankan bisnis, pastinya hal ini harus sejalan dengan minat dan bakat Anda yang akan menjalankan usaha tersebut. Sebaiknya kenali terlebih dulu apa minat yang Anda sukai, entah itu di bidang makanan, fashion, atau yang lain. Jika Anda berbisnis di bidang yang disukai, hal ini akan membuat Anda nyaman dalam menjalankannya.

2. Pilih Lokasi Strategis
Selain minat, ternyata lokasi yang strategis juga menjadi penentu keberhasilan waralaba yang dijalankan. Dengan demikian, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau oleh calon pembeli. Jika bisa pilih tempat yang dekat dengan pusat perbelanjaan atau jalan-jalan besar agar menarik perhatian siapa saja yang lalu lalang di sekitar.

3. Kenali Franchise yang Dibeli
Sesuai dengan pengertian waralaba, hal ini pun sejalan dengan langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengenali franchise yang dibeli. Jangan salah memilih brand yang akan Anda gunakan, kenali review dan baik buruknya di mata konsumen agar nantinya tidak akan merugikan Anda saat menjalankan bisnis.

4. Kenali Potensi Pasar
Jika Anda memilih franchise yang sudah memiliki pasar, jangan lupa untuk mengenali bagaimana potensi pasar kedepannya. Lihat target pasar yang dibidik dan bagaimana potensi yang bisa dikembangkan jika Anda membuka waralaba dengan brand tersebut. Jika dirasa risiko penurunan pasar malah semakin tinggi, lebih baik pilih franchise yang lain.

5. Siapkan Modal yang Cukup
Tentunya dalam menjalankan bisnis diperlukan modal yang akan menunjang keberhasilan bisnis waralaba Anda. Sehingga sebelum memulai mengoperasikan bisnis, siapkan terlebih dulu modal yang diperlukan. Anda bisa mencari modal ini dari pinjaman, tabungan pribadi, atau sumbangan dari kerabat.

Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah


Contoh Bisnis Franchise dan Waralaba

Ada beberapa jenis franchise yang dapat menjadi contoh untuk Anda dalam menjalankan bisnis ini. Dan berikut ini adalah informasinya:

  • Jco Donuts
  • CFC
  • Kebab Baba Rafi
  • Es Teler 77
  • Es Bator 212

Dari beberapa contoh waralaba di atas, apakah ada yang sesuai dengan minat Anda? Dibalik itu semua, saat menjalankan bisnis diperlukan juga mental dan tekad yang kuat agar bisnis yang dijalankan bisa sukses meskipun hanya bisnis waralaba. Setelah mengetahui apa itu franchise, dan pengertian waralaba, apakah membantu nda?

Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Apa itu Franchise, dan Pengertian Waralaba yang Wajib Anda Ketahui"


Tinggalkan Komentar Disini