Apa Itu Bank Himbara? Cari Tahu Di Sini

Apa Itu Bank Himbara? Cari Tahu Di Sini
Picture by : wibloog.com
22 Desember 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Mungkin bagi beberapa orang nama Bank Himbara cukup asing di telinga. Apa itu Bank Himbara? Bank Himbara sendiri merupakan singkatan dari himpunan bank-bank negara atau terdiri dari empat Bank BUMN.  4 Bank Himbara adalah Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank mandiri dan juga Bank Tabungan Negara. Perlu diketahui untuk setiap bank yang masuk dalam Bank Himbara ini punya regulasi dan segmentasi nya masing-masing.

Tentang Bank Himbara

Bank Himbara ini masuk kedalam kategori Bank BUMN, karena sebagian besar sahamnya adalah milik negara. Keempat bank yang ada di Bank Himbara, berada di bawah naungan Kementerian BUMN. Pemerintah punya saham sebesar lebih dari 50% pada bank-bank yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Adapun tujuan dibuatnya kerjasama sektoral antara BUMN dan bank-bank tersebut tentu saja punya tujuan. Tujuan pencapaiannya adalah agar lebih bisa melakukan efisiensi serta memberikan keuntungan bagi nasabah. 
Dari sisi perbankan dan konsumen, keuntungannya adalah membantu memenangkan persaingan yang ketat antara perbankan. Jadi perwujudan Himbara tidak hanya memberikan keuntungan pada 4 bank tersebut, tapi juga keuntungan dari sisi pemerintah dan juga nasabah. 

4 Daftar Bank Anggota Bank Himbara

Jadi jika ditanya apa itu Bank Himbara, tentu Anda sudah punya gambaran dalam menjawab pertanyaan tersebut. Sekarang masuk ke topik daftar Bank anggota dari Bank Himbara. 

Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi


Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Disebut terbesar, karena punya aset yang totalnya mencapai 1.411.05 triliun. Ini berdasarkan dari data 2021 oleh RTI Business. Perlu diketahui bahwa bank ini sudah ada sejak 1985 dan punya banyak jaringan luas hingga ke daerah-daerah pelosok nusantara. 
Keunggulan dari Bank BRI tentu saja karena mampu menjangkau masyarakat dengan layanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan yaitu Simpanan Pedesaan atau Simpedes dan juga layanan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. 

Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah


Bank Mandiri

Yang kedua ada Bank Mandiri. Dimana bank ini merupakan posisi kedua dengan aset terbesar setelah BR. Untuk asetnya sendiri yaitu senilai 1.584.67 menurut RTI Business.
Perlu diketahui bahwa Bank Mandiri merupakan bentukan dari program restrukturisasi pemerintah dalam menggabungkan 4 bank di tahun 1999. Bank Mandiri juga merupakan salah satu bank yang dipilih banyak masyarakat Indonesia hingga ke daerah-daerah kota kecil.

Bukalapak


Bank BNI

Yang ketiga ada Bank Negara Indonesia. Menurut RTI Business, bank ini punya aset sebesar 864.44 triliun. BNI sudah melayani nasabah Indonesia sejak tahun 1945. Memiliki banyak produk unggulan salah satunya yaitu produk pinjaman untuk korporasi dari mulai bisnis skala kecil sampai menengah.

Sanofiofficial Shopee


Bank BTN

Yang terakhir ada Bank Tabungan Negara. Di mana bang ini punya fokus ke pembiayaan Perumahan untuk masyarakat lewat KPR. Perlu diketahui bahwa, bank BTN ini sudah ada sejak zaman Belanda yang dulu memiliki nama Postpaarbank. BTN punya aset senilai 375.73 triliun. 
Untuk fasilitas unggulan dari BTN sendiri adalah berupa kredit bersubsidi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Lalu untuk masyarakat kelas menengah ke atas ada yang namanya layanan kredit komersial. 

Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah


Untuk kemudahan dalam bertransaksi, Himbara mengeluarkan fasilitas berupa ATM Link Himbara. Adapun ATM ini dikenal juga dengan ATM Merah Putih atau ATM Link. ATM Himbara memberikan banyak keuntungan untuk para nasabah yang ingin melakukan tarik tunai atau transfer antar bank BUMN. 

Himbara terus memperluas jaringan ATM Link ke berbagai daerah di Indonesia. Sampai tahun 2021 setidaknya sudah ada 50 ribuan  lebih titik ATM Link Bank Himbara terdekat yang tersebar di Indonesia. Apa saja fasilitas yang tersedia dari ATM Himbara ini? 
Adapun fasilitas yang disediakan adalah tarik tunai, cek saldo, transfer antar bank, pembelian pulsa dan pembayaran tagihan serta top up e-money. Untuk layanan top e-money ini, hanya tersedia pada ATM Link Himbara yang diterbitkan oleh tiap-tiap bangsa saja. 

Mungkin beberapa orang yang baru mengetahui tentang Bank Himbara dan ATM Link, akan menyamakan layanan tersebut dengan jenis ATM Bersama. Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan. 

ATM Bersama sudah ada sejak tahun 1990 dan merupakan program switching jaringan ATM. Di mana pada ATM Bersama ini menghubungkan perbankan maupun non bank dalam jaringan ATM yang memiliki logo ATM Bersama. Sementara untuk ATM Link Himbara adalah kerjasama yang erat dengan PT. Telekomunikasi Indonesia dan PT. Jalin Pembayaran Nusantara. 

Lalu perbedaan lainnya terletak pada jumlah anggota bank yang terkait pada masing-masing layanan ATM. Untuk ATM Bersama terdapat 90 jaringan anggota bank dan non bank. Sementara pada ATM Link Himbara hanya mencakup empat bank yang masuk dalam daftar anggota Bank Himbara. 

ATM Link Himbara membebankan biaya berbeda-beda untuk tiap transaksi. Sebelumnya ATM Link Himbara membebankan biaya gratis untuk tiap transaksi. Namun kini terdapat update untuk biaya transaksi di ATM pada 4 anggota Bank Himbara. Berikut daftarnya.
• Cek Saldo 
Biaya ATM Link : Gratis
Biaya Non-ATM Link : Rp4.000
• Tarik Tunai
Biaya ATM Link : Gratis
Biaya Non-ATM Link : Rp7.500
• Transfer ke sesama Bank Himbara
Biaya ATM Link : Rp. 4.000
Biaya Non-ATM Link : Rp6.500
• Transfer ke non anggota Bank Himbara
Biaya ATM Link : Rp6.500
Biaya Non-ATM Link : Rp6.500

Jadi kini tentu Anda sudah tahu apa itu Bank Himbara, bank apa saja yang menjadi anggota Himbara dan juga fasilitas yang disediakan. Semoga informasi seputar Bank Himbara di atas bisa menambah pengetahuan Anda tentang istilah dunia perbankan.


Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Apa Itu Bank Himbara? Cari Tahu Di Sini"


Tinggalkan Komentar Disini