Aneka Olahan Kreatif dari Buah-buahan

Aneka Olahan Kreatif dari Buah-buahan
115 view • 26 Februari 2022

Picture by : • Post by : Admin@Wibloog

Doyan makan buah gak cuma bikin kenyang lho. Ada banyak khasiat yang dapat kamu peroleh dari buah, termasuk untuk memelihara kesehatan organ dan membantu proses penyembuhan penyakit. Sayang banget kalau dilewatkan!

Nah, agar buah jadi lebih enak dan menarik saat di dihidangkan, kamu bisa mengolah dengan berbagai cara. Selain itu, membuat kreasi unik olahan buah bisa mengurangi rasa bosan. Yuk, coba buat aneka olahan kreatif dari buah.





Smoothies


Smoothies

Cara yang cukup simple dan banyak dilakukan oleh orang adalah menjadikannya smoothies. Rasanya begitu lezat yang dilengkapi oleh serat membuat minuman ini banyak disukai. Saat ini, smoothies sudah banyak dijual dan bahkan ada yang dalam kemasan botol. Namun, kadang kala ada penjual yang menambahkan gula atau susu terlalu banyak untuk memberi kesan manis. Ini sangat tidak cocok bagi pejuang diet atau gaya hidup sehat. 

So, bagi kamu yang ingin menikmati smoothies, yuk coba bikin sendiri di rumah. Caranya mudah, kamu tinggal bersihkan dan kupas buah, masukan kedalam blender, lalu klik mode on. Setelah buah sudah lunak, matikan blender dan tuang dalam gelas. Jadi deh! Dengan bikin sendiri, kamu bisa mengurangi porsi gula atau bahkan tidak menambahnya sama sekali karena pada dasarnya hampir setiap buah memiliki rasa manis. 
Umumnya semua jenis blender dapat digunakan untuk membuat smoothies. Temukan pilihan blender yang bagus di AturRumah.com


Jus


Jus

Tidak sedikit orang yang mengira jus dengan smoothies itu sama. Padahal, ini jelas beda ya!

  • Smoothies. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, smoothies merupakan hasil olahan buah yang terdapat serat atau ampas didalamnya (tanpa disaring).
  • Jus. Yaitu buah yang dilunakkan dan hasil olahannya tidak ada serat karena melalui proses penyaringan. 

Agar lebih gampang, gunakan juicer dalam membuat juice. Jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan blender. Prosesnya sama seperti membuat smoothies, hanya saja kamu perlu melakukan penyaringan manual menggunakan penyaring kopi atau kain cheesecloth.


Acar


Acar

Siapa nih yang suka acar? Enak banget kan. Perpaduan antara asam, pedas, manis tentu sangat menggugah selera. Dalam membuat acar, bahan yang digunakan cukup sederhana dan tidak menghabiskan banyak waktu. Biasanya bahan utama yang digunakan ialah timun, nanas, dan wortel. Bahan ini diiris atau dipotong menjadi bagian kecil, lalu ditambahkan cairan dan bumbu penyedap.


Rujak


Rujak

Rujak umumnya ditemukan di asia tenggara, khususnya di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Di beberapa wilayah, rujak sudah banyak dijual. Biasanya penjual akan memberikan 2 pilihan bumbu, yaitu saus gula aren pedas atau manis. Pilih sesuai selera ya. 
Terkait soal bumbu, penyedap makanan ini terbuat dari cabai, gula aren, dan kacang tanah. Khusus manis, biasanya tidak menambahkan cabai.


Sambal


Sambal

Pernah gak sih ngerasa kalau tumisan aja gak cukup saat melahap nasi? Bagi sebagian orang terkadang butuh sambal sebagai pelengkap. Ada banyak jenis sambal, yaitu sambal nanas, terasi, penyet, udang, tomat, dan lainnya. 
Khusus nanas dan tomat sebaiknya pilih yang sudah matang agar tidak memberikan kesan terlalu masam.


Puding


Puding

Agar tampilan puding tidak bosan dilihat dengan gaya yang gitu-gitu aja, yuk coba tambahkan topping buah di atasnya. Apalagi buat si kecil, biasanya akan sangat suka dengan jejeran buah. Tekstur yang lembut, ditambah dengan rasa buah yang bervariasi semakin membuat hidangan semakin sempurna. Kamu bisa menambahkan beberapa pilihan buah, seperti kiwi, anggur, jeruk, strawberry, dan cherry.  Oya, cemilan atau makanan penutup ini dibuat dari bahan pengental seperti agar-agar, gelatin, atau tepung maizena. Kemudian, dibuat dengan cara merebus bahan-bahan hingga mendidih.


Es Krim Buah


es krim buah

Selain puding, makanan yang paling banyak digemari anak-anak pada umumnya adalah es krim. Perlu diketahui bahwa, makanan beku ini ternyata memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan gigi. Ini sering terjadi karena banyak anak-anak yang suka makan es krim tetapi melewatkan sikat gigi. Oleh karena itu, orang tua harus ajarkan pada si buah hati untuk rajin sikat gigi. 

Oya, es krim jadi lebih sehat, yuk coba bikin sendiri dari rumah dengan cara memanfaatkan buah-buahan yang ada di kulkas. Contohnya, es pisang, pepaya, naga, mangga, dan alpukat.


Keripik


keripik pisang

Terkenal dengan rasanya yang enak dan renyah membuat keripik semakin digemari baik kalangan anak-anak maupun dewasa. Keripik dibuat dengan cara mengiris tipis umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran. Kemudian, digoreng dan diberi topping bumbu, seperti bumbu balado, jagung, atau bumbu tabur lainnya. 

Biar lebih sehat, Anda bisa ‘menggoreng’ keripik menggunakan airfryer. Alat ini bisa menggoreng berbagai bahan makanan dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak sama sekali. Jadi Anda bisa menikmati keripik tanpa rasa bersalah, enak bukan?

Penasaran mau beli air fyrer? Lihat pilihan dan review airfryer dari berbagai merk di sini



Demikian tips aneka olahan kreatif dari buah-buahan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat dan Stay Healthy.




Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Aneka Olahan Kreatif dari Buah-buahan"


Tinggalkan Komentar Disini