Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya
Picture by : freepik.com
12 Mei 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Cyber attack adalah serangan yang terjadi dalam dunia maya yang mampu merusak sistem komputer. Ancaman cyber attack perlu diwaspadai oleh banyak orang bukan hanya perusahaan saja. 

Setiap lapisan masyarakat yang rutin menggunakan teknologi komputer dan internet perlu tahu apa saja ancaman yang akan dihadapi dari serangan siber ini. Teknik penyerangan yang dilakukan para hacker juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Mari simak apa saja ancaman yang harus diwaspadai sejak dini.

5 Macam Ancaman Cyber Attack yang Perlu Diwaspadai

Dikutip dari bssn.go.id, cyber attack di Indonesia pada bulan Januari 2020 saja mencapai 28.224.811 serangan. Jumlah yang tergolong tinggi ini tentu saja membuat kamu yang aktif menggunakan internet harus waspada. 

Bagaimana cara untuk mewaspadai ancaman cyber attack? Kamu hanya perlu tahu jenis ancaman apa saja yang bisa menyerang. Baik itu saat menggunakan laptop atau smartphone. Berikut ini lima jenis ancaman yang perlu diperhatikan. 

1. Phising


Sempat terkenal dengan voice phising yaitu kejahatan melalui telepon dengan menipu korbannya. Kini serangan melalui phising jauh lebih canggih dan menjadi kejahatan nomor satu yang masuk daftar perlu diretas. 

Serangan yang dilakukan adalah mengirimkan email setiap hari yang tampak kredibel dari sumber terpercaya. Namun email tersebut sebenarnya terdapat link malware ke dalam perangkat. Nantinya data pribadi yang penting seperti kata sandi, info e-banking dan kartu kredit bisa dicuri. 

2. Ransomware

Ancaman cyber attack ini sangat terkenal merugikan pemilik data sampai milyaran rupiah. Modus yang dilakukan adalah dengan membekukan data penting yang dimiliki sehingga pemilik tidak bisa mengaksesnya. Kemudian hacker akan meminta tebusan sejumlah uang agar data bisa diakses kembali. 

Bukan hanya uang tebusan saja yang merugikan tetapi juga biaya untuk memulihkan data yang telah terganggu. Belum lagi kinerja organisasi atau perusahaan yang terganggu karena perlu waktu untuk membersihkan jaringan. 

3. Malware


Merupakan jenis ancaman yang paling umum terjadi, yang salah satunya adalah virus. Ketika kamu mengakses situs yang telah diblokir kebanyakan malware akan masuk ketika salah klik. Contohnya ketika klik iklan yang ternyata telah disusupi oleh malware. 

Tingkat berbahayanya bervariasi tergantung jenis malware yang masuk. Yang paling mengganggu adalah virus yang melipatgandakan data sehingga memori terus penuh. Serangan malware yang terjadi hanya bisa diatasi dengan anti virus atau menginstal ulang program. Jadi sebaiknya siapkan cadangan data agar tidak hilang.

4. Man in The Middle 

Ancaman cyber attack yang terjadi ketika kamu mengakses wifi publik. Ketersediaan wifi publik ternyata perlu diwaspadai karena hadirnya Man in The Middle atau MithM. Serangan yang dilakukan ini bentuknya adalah penyadapan terhadap perangkat. 

Peretas akan tahu aktivitas online apa saja yang saat itu sedang kamu dilakukan. Sangat berbahaya ketika kamu mengakses e-banking dan melakukan transfer menggunakan wifi publik. Selain itu jangan sembarangan klik OK pada terms and condition tanpa membacanya. 

5. Mobile Spyware

Mirip dengan MitM hanya saja sistem yang dilakukan adalah melalui aplikasi. Saat ini ada banyak sekali jenis penyedia aplikasi yang belum tentu terpercaya keamanannya. Beberapa aplikasi telah disusupi oleh malware yang berfungsi sebagai penyadap. 

Melalui mobile spyware, aktivitas yang dilakukan pada smartphone akan mudah diketahui. Oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dalam mengunduh aplikasi apalag jika penyedianya mencurigakan. Pilih untuk menggunakan aplikasi dari Play Store atau App Store yang terpercaya.

Ada begitu banyak ancaman dari kejahatan siber yang membutuhkan cyber security untuk mengatasinya. Manfaat cyber security akan membuat kamu bisa bekerja lebih produktif dengan lebih aman. 

Ada beberapa elemen yang dimiliki oleh cyber security seperti keamanan aplikasi, keamanan informasi, keamanan dalam networking, recovery data, keamanan operasional. Ada juga fitur edukasi bagi end user mengenai cyber attack jadi lebih mudah untuk digunakan. 

Beberapa cyber security merupakan aplikasi berbayar yang tidak mahal. Mengingat kerugian yang dihasilkan dari ancaman cyber attack lebih besar tak ada salahnya untuk memanfaatkannya. Kamu pun bisa lebih leluasa dalam menggunakan internet.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya"


Tinggalkan Komentar Disini